6 Ancaman Bahaya yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan IP Telephony

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 03 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"Meski sudah menjadi solusi komunikasi yang populer, masih ada beberapa ancaman bahaya penggunaan IP Telephony yang perlu diperhatikan, loh! Cek di sini!"

IP Telephony telah menjadi solusi komunikasi yang semakin populer bagi perusahaan dan organisasi di seluruh dunia. Namun, penggunaan teknologi ini juga membawa risiko keamanan yang signifikan. Serangan cyber dan ancaman lainnya dapat mengakibatkan kebocoran data penting dan kerugian finansial yang besar. Oleh karena itu, penting bagi organisasi dan perusahaan untuk memahami ancaman yang mengintai IP Telephony dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat untuk melindungi sistem mereka. Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai macam ancaman yang mungkin terjadi pada IP Telephony dan bagaimana Anda dapat melindungi bisnis Anda dari serangan yang tidak diinginkan.

6 Ancaman Bahaya yang Mengintai IP Telephony

Nah, penasaran dengan beberapa ancaman bahaya yang mengintai IP Telephony? Berikut ini adalah beberapa ancaman yang mengintai IP Telephony!

  • Peretasan

Seperti teknologi pada umumnya, peretasan dapat terjadi pada sistem IP Telephony jika tidak dijaga dengan baik. Peretasan adalah bagian dari kejahatan cyber yang bisa menyerang jenis teknologi apapun. Sistemnya adalah peretas dapat memperoleh akses ke informasi penting yang dikirim melalui jaringan.

Baca Juga: Catat! Tanda-tanda Bisnis Anda Sudah Membutuhkan IP Telephony

  • Serangan Distributed Denial-of-Service (DDoS)

Serangan Distributed Denial-of-Service (DDoS) adalah jenis ancaman yang bekerja melalui penyerangan jaringan dengan sumber daya yang banyak dari beberapa sumber yang berbeda, sehingga menghambat kinerja sistem IP Telephony.

  • Eavesdropping

Dikarenakan IP Telephony banyak melibatkan komunikasi verbal pada penggunaannya, sudah sewajarnya ancaman yang harus diperhatikan adalah eavesdropping, yakni kejahatan menguping pembicaraan via telepon. Singkatnya adalah ketika peretas mencoba untuk memantau dan merekam percakapan atau informasi yang dikirim melalui jaringan IP Telephony.

  • Spoofing

Meski tidak banyak yang tahu, ancaman lain yang perlu diperhatikan saat menggunakan IP Telephony adalah spoofing. Spoofing adalah kejahatan yang melakukan peniruan identitas pengguna yang sah untuk mendapatkan akses ke informasi pribadi atau untuk mengirimkan panggilan atau pesan palsu. Hal ini wajar terjadi pada setiap jenis teknologi yang rentan diretas.

  • Phishing

Phishing melibatkan serangan yang dirancang untuk mengelabui pengguna IP Telephony agar memberikan informasi pribadi atau kredensial login, seperti password atau nomor kartu kredit, melalui panggilan atau pesan yang palsu.

Semua ancaman di atas dapat merusak reputasi bisnis, memperlemah sistem, dan mengakibatkan kehilangan informasi yang sensitif. Oleh karena itu, penting untuk menjaga keamanan sistem IP Telephony dengan menerapkan langkah-langkah yang tepat dan menghindari praktik-praktik yang tidak aman.

Cara Mencegah Risiko Ancaman saat Menggunakan IP Telephony

Meski ada beberapa ancaman yang perlu diperhatikan, jangan khawatir! Anda bisa mencegah risiko dari ancaman tersebut jika mengetahui beberapa cara pencegahan. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah ancaman bahaya yang mengintai IP Telephony!

  • Memastikan keamanan jaringan

Cara pertama yang harus dilakukan untuk mencegah risiko ancaman saat menggunakan IP Telephony adalah dengan memastikan keamanan jaringan. Pastikan jaringan IP Telephony dilindungi dengan firewall yang terkonfigurasi dengan baik. Juga pastikan bahwa jaringan tidak terhubung dengan jaringan publik yang tidak aman.

  • Menggunakan enkripsi

Seperti yang sudah-sudah, enkripsi dibutuhkan untuk menambah keamanan pada sistem pengiriman informasi. Oleh karena itu, gunakan enkripsi untuk memastikan data yang dikirim melalui IP Telephony terhindari dari akses yang tidak sah.

  • Menggunakan software yang aman

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah risiko ancaman keamanan adalah dengan menggunakan software yang aman dan terbaru untuk sistem IP Telephony Anda. Pastikan bahwa software diperbarui secara berkala dengan patch keamanan terbaru.

  • Menerapkan otorisasi akses

Risiko ancaman akan terasa lebih besar jika otoritas akses tidak kuat dan selalu lemah. Oleh karena itu penting untuk menerapkan otorisasi akses ke sistem IP Telephony dan membatasi akses hanya kepada orang yang memerlukan.

  • Memantau aktivitas sistem

Jika Anda sudah mencoba berbagai cara di atas, Anda bisa melakukan tindakan tambahan untuk mencegah risiko ancaman pada IP Telephony yakni memantau aktivitas sistem IP Telephony untuk mendeteksi serangan dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat.

  • Menggunakan layanan yang dikelola

Pertimbangkan juga untuk menggunakan layanan IP Telephony yang dikelola oleh penyedia layanan yang terpercaya, seperti Ivosights. Layanan ini dapat menyediakan keamanan tambahan dengan memantau sistem dan menerapkan tindakan pencegahan yang diperlukan.

Dengan menerapkan langkah-langkah keamanan yang tepat, organisasi dan perusahaan dapat meminimalkan risiko terhadap serangan cyber dan ancaman keamanan lainnya pada sistem IP Telephony mereka.

Baca Juga: Jenis-Jenis Keamanan yang Digunakan untuk IP Telephony

Dapatkan Layanan IP Telephony Terbaik di Ivosights!

Nah, itu dia beberapa ancaman yang perlu Anda ketahui saat menggunakan IP Telephony termasuk cara mencegahnya. Sama teknologi lainnya, IP Telephony juga rentan terhadap serangan cyber dan ancaman lainnya. Oleh karena itu, penting bagi organisasi dan perusahaan untuk memahami dan mengidentifikasi ancaman yang mungkin terjadi pada sistem IP Telephony mereka.

Dalam upaya untuk menjaga keamanan sistem IP Telephony, Ivosights menyediakan layanan IP Telephony yang aman dan andal. Tim ahli kami dapat membantu Anda memilih jenis jaringan yang tepat, menerapkan langkah-langkah keamanan yang diperlukan, dan memantau sistem untuk mengidentifikasi dan mencegah serangan yang mungkin terjadi.

Jangan biarkan ancaman cyber menghambat bisnis Anda. Hubungi Ivosights hari ini untuk mendapatkan solusi IP Telephony yang aman dan andal bagi bisnis Anda.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami