4 Tips Mudah Memilih Vendor IP Telephony untuk Bisnis Anda

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 19 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock

"Anda harus mempertimbangkan beberapa hal untuk memilih penyedia layanan IP Telephony yang cocok dengan bisnis Anda"

Kemudahan komunikasi antara bisnis dan pelanggan adalah suatu hal yang harus dicapai. Karena dengan mudahnya komunikasi antara bisnis dan pelanggan, maka interaksi perdagangan pun akan sering terjadi dan probabilitas daya beli pun akan meningkat. Kemudahan berkomunikasi bisa didukung dengan teknologi. Kemajuan teknologi telah memberikan kemungkinan baru dalam cara berkomunikasi, salah satunya adalah melalui IP Telephony. Dengan IP Telephony, komunikasi dengan pelanggan maupun komunikasi dengan antar pekerja semakin mudah. Namun, bukan berarti Anda dapat memilih penyedia layanan ini dengan se

Pengertian IP Telephony

IP Telephony merupakan suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman suara, video, dan data melalui jaringan internet menggunakan protokol Internet Protocol (IP). Dalam IP Telephony, suara analog dikonversi menjadi paket data digital yang dikirim melalui jaringan IP. 

Dengan menggunakan IP Telephony, panggilan telepon dapat dilakukan melalui koneksi internet. Teknologi ini memanfaatkan infrastruktur internet yang ada untuk komunikasi yang lebih efisien dan hemat biaya.

Manfaat IP Telephony untuk Bisnis

IP Telephony memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan panggilan telepon konvensional. Berikut ini adalah beberapa manfaat IP Telephony untuk bisnis:

  • Efisiensi Biaya

Salah satu manfaat utama IP Telephony adalah efisiensi biaya yang dihasilkan. Dibandingkan dengan layanan telepon tradisional, IP Telephony mengurangi biaya panggilan jarak jauh dan biaya infrastruktur telepon yang mahal. Bahkan, melakukan panggilan internasional atau antar-kantor tidak akan dikenakan biaya tambahan untuk penggunanya.

Baca juga: Apa itu IP Telephony

  • Fleksibilitas

IP Telephony memberikan fleksibilitas dan skalabilitas yang tinggi bagi bisnis. Bisnis dapat dengan mudah menambah atau mengurangi jumlah saluran telepon sesuai kebutuhan mereka tanpa pergantian infrastruktur fisik. Dengan ini, bisnis dapat menyesuaikan kapasitas teleponnya dengan pertumbuhan bisnis atau perubahan kebutuhan komunikasi.

  • Fitur Lengkap

IP Telephony menyediakan berbagai fitur canggih yang meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis. Fitur-fitur ini contohnya seperti panggilan konferensi, panggilan langsung antar-karyawan, pesan suara, integrasi dengan aplikasi bisnis, dan fitur kolaborasi lainnya. Keberagaman fitur ini memungkinkan tim bekerja secara lebih efektif dan berkolaborasi dengan mudah tanpa walaupun terpisah dengan jarak jauh.

  • Integrasi dengan Aplikasi Bisnis

IP Telephony dapat diintegrasikan dengan aplikasi bisnis lainnya, seperti sistem manajemen pelanggan, sistem tiket dukungan pelanggan, atau sistem konferensi video. Dengan IP Telephony, bisnis dapat menghubungkan komunikasinya dengan alur kerja yang ada.

Baca juga: IP Telephony untuk Efisiensi Industri Telekomunikasi

Tips Memilih Vendor IP Telephony

IP Telephony memang teknologi yang memudahkan bisnis. Namun, kita juga harus memilih baik-baik vendor penyedianya. Efektif atau tidaknya penggunaan IP Telephony untuk kebutuhan bisnis juga tergantung pada vendor penyedianya. Berikut ini adalah beberapa tips memilih vendor IP Telephony.

  • Evaluasi Kebutuhan Bisnis

Sebelum memilih vendor, lakukan identifikasi kebutuhan bisnismu. Pertimbangkan faktor seperti jumlah pengguna, fitur yang diperlukan, integrasi dengan aplikasi bisnis lainnya, dan anggaran yang tersedia.

  • Perbandingan Fitur dan Fungsi

Lakukan perbandingan fitur dan fungsi yang ditawarkan oleh berbagai vendor IP Telephony. Perhatikan fitur-fitur kunci seperti panggilan konferensi, panggilan video, integrasi dengan aplikasi bisnis, keamanan, dan skalabilitas. Pastikan bahwa vendor menyediakan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan komunikasi bisnis.

  • Evaluasi Keandalan dan Kualitas Layanan

Kualitas sistem dan layanan yang ditawarkan sangat penting dalam memilih vendor IP Telephony. Pastikan vendor memiliki reputasi yang baik dan terbukti keandalan jaringannya. Simaklah juga review pengguna untuk memastikan adanya dukungan dari pelanggan vendor tersebut.

  • Lihat Kebijakan Keamanan

Sistem keamanan menjadi salah satu faktor penting yang diperhatikan di penggunaan IP Telephony. Pastikan vendor IP Telephony memiliki kebijakan keamanan yang ketat untuk melindungi informasi sensitif dan mencegah terjadinya serangan keamanan. 

Dapatkan Call Center IP Telephony Terpercaya hanya di Ivosights!

Setelah membaca penjelasan di atas, Anda dapat menyimpulkan bahwa penggunaan IP Telephony menjadi salah satu solusi yang meningkatkan efisiensi komunikasi dalam bisnis. Ketika memilih vendor IP Telephony, penting untuk mempertimbangkan banyak hal, seperti sistem keamanan, kebutuhan bisnis, dan sebagainya.Produktivitas bisnis Anda dapat meningkat apabila didukung dengan vendor IP Telephony yang tepat.

Salah satu vendor IP Telephony terpercaya di Indonesia adalah Ivosights. Dengan sebuah produk layanan contact center bernama Sociomile, Ivosights mampu menyediakan layanan call center IP Telephony yang aman dan terpercaya. Produk Sociomile juga terbukti memiliki fitur lengkap, terintegrasi dengan aplikasi bisnis lain, skalabilitas, sesuai dengan standar regulasi OJK, dan bahkan memiliki biaya yang efisien. Tunggu apalagi? Dapatkan  layanan Sociomile sekarang dengan menghubungi Ivosights!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami