Inbound Marketing: Manfaat dan Penerapannya

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 25 November 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Inbound marketing. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Inbound marketing. Shutterstock.

"Inbound marketing merupakan metode pemasaran yang menggunakan pendekatan untuk menarik konsumen melalui konten yang sesuai kebutuhan dan solutif bagi pelanggan"

Inbound marketing merupakan salah satu metode pemasaran yang menggunakan pendekatan untuk menarik konsumen melalui konten dan interaksi yang sesuai kebutuhan dan solutif bagi pelanggan. Dengan metode ini, konsumen akan mudah menemukan produk dan layanan Anda diberbagai saluran yang biasa digunakan sehari-hari. Namun, apa saja manfaat yang didapat saat menerapkan inbound marketing pada bisnis Anda? Seperti apa contoh penerapannya? Simak ulasan berikut ini.

Manfaat Inbound Marketing

Tak hanya membuat produk atau layanan yang ditawarkan menjadi lebih bernilai, berikut ini lima manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menerapkan inbound marketing.

  • Lead berkualitas

Dengan inbound marketing, Anda bisa mendapatkan lead berkualitas. Pasalnya, layanan ini dapat memisahkan konsumen berdasarkan kebutuhan dan minatnya, sehingga data pelanggan yang Anda peroleh sudah tersaring berdasarkan kebutuhan produk atau layanan Anda. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan lead yang akan dikonversi menjadi pelanggan potensial.

  • Biaya terjangkau

Layanan ini tidak membutuhkan biaya banyak jika dibandingkan dengan outbound marketing. Anda hanya perlu mengalokasikan anggaran pada beberapa aktivitas saja, seperti riset target pasar, social media marketing, optimasi SEO hingga menjaga prospek. Dengan pengeluaran yang sedikit ini, Anda akan bisa menghemat anggaran, sehingga return of investment (ROI) atau balik modal bisa tercapai lebih cepat.

  • Bisnis jangka panjang

Inbound marketing merupakan salah satu strategi untuk membentuk loyalitas pelanggan. Mengapa? Selama Anda memberikan penawaran menarik ataupun konten berkualitas pelanggan tidak akan meninggalkan brand Anda. Dengan kata lain, inbound marketing berusaha membangun hubungan bisnis jangka panjang dengan pelanggan.

  • Membangun kepercayaan

Manfaat berikutnya adalah, Anda bisa membangun kesadaran, kepercayaan, dan kredibilitas dari brand Anda. Hal ini bisa Anda peroleh, jika Anda konsisten memberikan informasi yang berharga dan dapat dipercaya oleh konsumen. Inbound marketing memberikan pengakuan di seluruh tingkatan konsumen dan memberikan kesempatan untuk bersaing dengan brand besar.  

  • Memberikan nilai

Berdasarkan data dari Custom Content Council, 61% orang lebih suka membeli produk dari brand yang memberikan nilai bagi mereka. Dengan inbound marketing, Anda berusaha menempatkan pelanggan sebagai pusat dari semua rencana marketing Anda dan membuat konten yang mampu memberikan solusi bagi permasalahan pelanggan. Cara ini tidak hanya menguntungkan pembeli saja, namun penjual pun sama-sama diuntungkan. Traffic konten berkualitas akan mengkonversi pelanggan potensial menjadi pelanggan yang lebih mengerti atau memahami produk dan layanan Anda.

Penerapan Inbound Marketing

Di era digital ini, inbound marketing akan memanfaatkan teknologi dan mengisi kekosongan yang dilupakan pemasaran konvensional. Berikut ini beberapa penerapan inbound marketing.

  • Content creation

Cara efektif untuk menarik calon pelanggan adalah dengan membuat konten yang sarat akan informasi dan promosi di saluran yang tepat. Seperti, pembuatan video dan blogging. Salah satu konten menarik yang paling banyak peminatnya adalah infografis. Konten ini sangat mudah dibagikan dan tampilan visualnya pun biasanya dibuat semenarik mungkin.

  • SEO

Salah satu peran SEO adalah menarik konsumen potensial agar mengunjungi website Anda. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menyisipkan sebanyak mungkin keyword tertentu dalam artikel atau halaman apapun pada website, sehingga saat keyword tersebut dicari, konten Andalah yang akan muncul pada halaman terdepan dan teratas di mesin pencarian.

  • Media sosial

Bagikan konten-konten promosi melalui media sosial. Semakin menarik konten yang sajikan, semakin lebar kesempatan konten tersebut dibagikan para followers Anda. Hal ini akan membantu brand Anda lebih dikenal.  

  • Landing page

Saat pengunjung website Anda meng-klik call to action (CTA), mereka akan diarahkan ke landing page. Pada landing page, pengunjung akan diminta untuk mengisi formulir tentang identitas diri agar mendapatkan konten yang Anda tawarkan. Untuk itu, buatlah landing page yang semudah mungkin agar pengunjung tidak kesulitan mengaksesnya.   

  • Email marketing

Setelah mendapatkan data email, Anda dapat mengirimkan konten-konten yang relevan dengan pelanggan Anda ataupun ucapan terima kasih telah mengisi form pada landing page. Langkah ini dilakukan untuk membangun kepercayaan pelanggan sekaligus mengedukasi pelanggan untuk membeli produk atau layanan Anda.

  • Event atau webinar

Tak hanya media sosial, webinar merupakan solusi tepat untuk berinteraksi dengan pelanggan. Biasanya webinar ini berisi sesi tanya jawab, tutorial produk ataupun kuis. Tak hanya itu, saat ini juga kerap dilakukan banyak perusahaan di prime time dengan membuat Instagram Live.

Masih bingung harus menggunakan inbound marketing ataupun outbound marketing? Berikut ini tiga alasan yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbang Anda untuk menggunakan inbound marketing. Berdasarkan informasi dari HubSpot, 53% marketer mengatakan bahwa inbound marketing memberikan ROI lebih tinggi daripada outbound marketing. Selain itu, biaya inbound marketing 61% lebih rendah daripada outbound marketing dan 70% konsumen lebih suka mempelajari brand melalui konten daripada melalui iklan.

Dengan berbagai service yang kami punya, inbound marketing salah satunya, kami siap membantu brand Anda memperoleh banyak keuntungan di masa mendatang. Untuk itu, segera hubungi tim sales kami untuk diskusi lebih lanjut.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami