Hindari Hal-Hal Ini Jika Ingin Bisnis Lancar Saat Ramadan!

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 28 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.

"Ada beberapa hal yang harus dihindari jika ingin bisnis tetap lancar dan laku saat Ramadan. Apa saja, ya? Yuk, simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini"

Ramadan adalah saat yang tepat bagi pemilik bisnis untuk semakin mengembangkan sayap mereka agar produk dan barang menjadi jauh lebih laku dengan berbagai promo dan diskon menarik khusus Ramadan. Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari agar bisnis tetap laku dan lancar saat Bulan Suci ini tiba. Pemilik bisnis tentu tidak mau bukan jika bisnis mereka malah semakin menurun saat Ramadan? Yuk, simak penjelasan lebih lengkapnya dalam artikel di bawah ini!

Mengapa Ramadan Adalah Saat yang Tepat untuk Berbisnis

  • Peningkatan Penjualan yang Berbeda dari Bulan-Bulan Lain

Saat Ramadan, ada banyak peningkatan dalam penjualan yang tentunya berbeda dari bulan-bulan lain. Datangnya Ramadan memiliki jumlah hari yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan perayaan dari agama lain yang membuat peningkatan penjualan stabil dan tidak hanya dalam beberapa hari. peningkatan penjualan ini juga bisa menjadi peluang bisnis agar jauh lebih dikenal masyarakat. Peningkatan penjualan biasanya dirasakan oleh bisnis makanan dan pakaian karena banyak dicari saat Ramadan dan menjelang Lebaran.

Baca Juga: Cara Memahami Audiens dengan Digital Monitoring Report

  • Banyaknya Peluang Membuka Bisnis Baru

Di Ramadan, ada banyak pemilik bisnis yang mendirikan bisnis sampingan karena melihat banyaknya peluang untuk membuka bisnis baru. Bisnis baru yang dimaksud disini adalah bisnis yang banyak dicari saat Ramadan tiba, bukan bisnis yang besar tetapi bisnis yang kecil tetapi memiliki peluang laku yang besar, seperti bisnis gorengan dan minuman manis untuk berbuka puasa.

  • Minat Pembeli yang Tinggi

Berbeda dari bulan-bulan lain, saat Ramadan, minat pembeli terhadap suatu produk dan barang menjadi jauh lebih tinggi. Hal ini menjadikan alasan lain mengapa Ramadan adalah saat yang tepat untuk berbisnis karena tingkat laku dan tingginya minat pembeli.

  • Perubahan Perilaku Masyarakat yang Menguntungkan

Ramadan merupakan suatu bulan yang akan merubah perilaku masyarakat, salah satunya adalah kegiatan buka bersama serta mencari takjil saat menjelang berbuka. Perubahan perilaku masyarakat ini sangat menguntungkan pemilik bisnis, khususnya pemilik bisnis makanan.

Hal-Hal yang Harus Dihindari Agar Bisnis Tetap Lancar Saat Ramadan

  • Tidak Melakukan Digital Monitoring

Pemantauan secara digital membuat pemilik bisnis jauh lebih untung karena sudah melihat perilaku masyarakat sehingga peluang untuk menjadi lebih laku dan mengetahui preferensi masyarakat. Untuk itu, hindarilah tidak melakukan digital monitoring agar bisnis tetap lancar saat Ramadan.

  • Tidak Memperkirakan Persaingan

Persaingan yang ketat saat Ramadan membuat banyak orang terburu-buru untuk membuka usaha. Hal ini perlu dihindari karena persaingan yang ketat juga membuat bisnis menjadi tidak laku dan sulit untuk mendapat keuntungan. Perkirakan persaingan untuk bisnis yang akan Anda bangun agar menjadi jauh lebih menguntungkan.

  • Terburu-buru Membuka Bisnis Baru

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, hindarilah terburu-buru dalam membuka bisnis baru. Pantau dan amati perkembangan perilaku masyarakat dengan digital monitoring agar Anda dapat mengetahui apa saja yang saat ini diinginkan oleh masyarakat.

Baca Juga: Cara Melakukan Digital Monitoring di Instagram, Wajib Tahu!

  • Hanya Mengikuti Tren

Hindarilah membuka bisnis hanya untuk mengikuti tren. Ketahuilah bahwa tren hanya bersifat sementara dan tidak semua pihak menyukai tren-tren yang sedang banyak dibicarakan di masyarakat. Fokuslah pada bisnis Anda dan target untuk bisnis tersebut agar keuntungan tetap bisa didapatkan saat Ramadan. Namun, jika Anda ingin tetap mengikuti tren, lakukan digital monitoring dan selalu amati apakah tren tersebut akan membuahkan keuntungan untuk bisnis Anda atau tidak.

Yuk, Beralih ke Ripple10 Agar Bisnis Semakin Lancar Saat Ramadan!

Alih-alih melakukan digital monitoring secara manual, Anda dapat dengan mudah melakukan digital monitoring menggunakan layanan aplikasi dari Ivosights, yakni Ripple10! Aplikasi kebanggan kami yang satu ini mampu melacak trending yang populer di kalangan masyarakat, memantau slang words yang digunakan di kalangan masyarakat, hingga mengetahui aktivitas kompetitor bisnis Anda! 

Ripple10 juga memiliki fitur yang akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang dibicarakan masyarakat tentang bisnis yang Anda miliki di media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, TikTok, Instagram, hingga Portal Berita. Selain itu, Anda juga bisa menganalisis tentang aktivitas digital kompetitor bisnis Anda melalui Ripple10. Mengagumkan sekali, bukan? Yuk, segera hubungi call center Ivosights sekarang juga untuk mendapatkannya layanan Ripple10!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami