Begini Cara Kelola Google My Business Jadi Lebih Out of The Box!

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 07 Oktober 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Google My Business.
Ket. Foto: Ilustrasi - Google My Business.

"Google My Business Anda kurang optimal? Mau yang lebih menarik perhatian pelanggan dan beda dari yang lain? Simak artikel ini dan ikuti caranya!"

Situs pencarian ternama di seluruh dunia, Google memiliki beberapa produk bermanfaat yang bisa dimanfaatkan oleh pribadi hingga keperluan bersama (perusahaan). Beberapa produk yang dimiliki Google itu ada G-Mail, G-Maps, G-Scholar, hingga Google My Business. Dari beberapa produk tadi, Google My Business menjadi salah satu produk terlaris Google untuk seluruh kebutuhan perusahaan. Google My Business ini juga merupakan produk untuk menerapkan atau meningkatkan strategi perusahaan dalam meningkatkan citra brand atau layanan yang dipasarkan. Namun, masih banyak pengguna Google My Business yang tidak begitu paham dalam memaksimalkan kinerjanya serta menarik minat banyak audiens. Lalu, bagaimana caranya? Artikel ini menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan atau mengoptimalkan Google My Business Anda. Simak lengkapnya di bawah ini! 

Definisi Google My Business (GMB)

Apa yang dimaksud dengan Google My Business? Google My Business (GMB) adalah sebuah platform atau alat yang disediakan oleh Google untuk membantu bisnis atau organisasi mengelola kehadiran mereka secara online, terutama di berbagai layanan Google seperti Google Search dan Google Maps. Google My Business memungkinkan perusahaan untuk menampilkan informasi penting. Informasi penting itu berupa informasi penting mengenai perusahaan Anda. Seperti alamat lengkap, jam operasional, foto-foto yang mewakili bisnis tersebut, dan rincian lainnya yang relevan. Selain itu, Google My Business juga memungkinkan perusahaan atau bisnis Anda dalam berinteraksi langsung dengan pelanggan, misalnya melalui ulasan atau pesan, sehingga memudahkan mereka dalam menjaga komunikasi dan meningkatkan visibilitas secara online

Pentingnya Google My Business

Platform Google My Business ini sangat penting untuk memperkuat eksistensi bisnis di dunia digital dan membantu audiens menemukan bisnis dengan lebih mudah. Karena, fitur-fitur yang dimiliki Google My Business cukup beragam untuk Anda atau perusahaan Anda gunakan. Ada apa saja fitur-fitur tersebut? Berikut adalah fitur yang disediakan Google My Business:

  1. Deskripsi dan Informasi Bisnis
  2. Foto Bisnis
  3. Kategori Bisnis
  4. Review Pelanggan
  5. Fitur Posting
  6. Fitur Promosi
  7. Listing Keyword
  8. Fitur Tanya Jawab (Q&A)
  9. Fitur Menganalisis Bisnis
  10. Fitur Berkirim Pesan 

Banyak sekali bukan fitur yang disediakan Google My Business? Dengan banyaknya fitur yang disediakan GMB, patut Anda coba dan gunakan dalam mengoptimalkan akun Google My Business perusahaan Anda. Bagaimana cara membuat Google My Business Anda tidak hanya optimal tetapi lebih out of the box? Simak tata caranya di bawah ini!

Baca Juga:Muncul di Halaman Pertama Google, Gunakan Google My Business, Mudah!

Buat Google My Business Anda Lebih Out of The Box

Sebagai pengguna akun Google My Business, jangan sampai kekreatifitasan perusahaan Anda berhenti sampai sana saja. Sudah saatnya Anda mempercantik akun Google My Business dan rasakan manfaat untuk perusahaan Anda. Dijamin bisnis Anda langsung dilirik oleh banyak audiens. Yuk, ikuti tips dan trik membuat GMB jadi out of the box!

  • Isi Informasi Perusahaan Secara Detail

Yang pertama, sudah sepatutnya sebagai pengguna atau pemilik akun Google My Business Anda harus melengkapi seluruh informasi atau data-data penting yang harus diisi secara mendetail. Dengan seluruh informasi perusahaan yang detail, tentunya ini akan memudahkan audiens atau pelanggan setiap dalam mencari informasi seputar perusahaan tanpa perlu repot mencari di berbagai platform. Cukup dari satu akun saja, seluruh informasi perusahaan Anda langsung tertera. Jadi, jangan sampai Anda belum melengkapi informasi Google My Business Anda!

  • Gunakan Foto yang Berkualitas

Yang kedua, gunakan fitur foto yang ada. Dengan adanya fitur foto ini, Anda bisa dengan mudah melakukan posting secara berkala atau sistematis sesuai strategi pemasaran Anda. Namun, patut Anda pastikan untuk selalu memposting foto dengan kualitas yang bagus. Kualitas foto yang bagus ada pada:

  1. Resolusi Tinggi
  2. Komposisi Baik
  3. Pencahayaan yang Tepat
  4. Ketajaman yang Pas
  5. Keseimbangan Warna 
  6. Kontras dan Detail Bayangan
  7. Kualitas Latar Belakang
  8. Tidak Ada Noise

Pastikan seluruh daftar di atas sudah Anda perhatikan untuk foto yang nantinya akan di-posting di akun Google My Business. Dengan foto yang berkualitas tentunya membuat pembaca atau audiens tertarik dalam memperdalam pencarian terkait produk atau layanan dan perusahaan Anda sendiri. Hal ini, mampu menaikkan persentase kunjungan ke situs web perusahaan Anda.

  • Gunakan Fitur Tanya Jawab

Yang ketiga, kelolakan fitur tanya jawab. Mengapa? Untuk mengoptimalkan Google My Business menjadi out of the box, Anda atau perusahaan dapat menggunakan fitur ini dalam pemantauan atau analisa ulasan pelanggan terkait perusahaan atau produk yang Anda pasarkan. Serta, tak lupa fitur ini bisa menjadi jembatan antara atau alat komunikasi transparan antar perusahaan dengan audiens terkait informasi umum perusahaan. 

  • Tambahkan Virtual Video

Kemudian, selain posting foto, tambahkan juga video virtual. Mengapa Google My Business Anda perlu ditambahkan virtual video? Karena, bisa menambah daya tarik visual perusahaan serta menguatkan brand identity. Sehingga hal ini bisa menjadi kunci dalam meningkatkan citra produk atau perusahaan Anda yang positif.

Sociomile dari Ivosights: GMB Menjadi Extra Out of The Box!

Jika, Anda atau perusahaan mencari yang lebih mudah serta lebih optimal. Anda bisa memanfaatkan produk Sociomile dari Ivosights. Karena, bersama Sociomile Anda atau perusahaan dapat merasakan beberapa keunggulan menarik dari Sociomile, seperti:

  1. Mampu mengintegrasikan 13 kanal
  2. Alur kerja yang baik
  3. Menyediakan format report lengkap
  4. Server yang memenuhi regulasi OJK
  5. Support WFH
  6. Dukungan tim lokal yang siap selama 24/7

Tertarik beralih ke Sociomile dalam pengoptimalan GMB? Bermitra dengan Ivosights segera dan rasakan manfaat produk Sociomile untuk perusahaan Anda. Ivosights: understand, engage, delight!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami