Yuk, Pantau Kesuksesan Campaign Ramadan dengan Digital Monitoring!

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 24 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Digital Monitoring. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Digital Monitoring. Shutterstock.

"Ada beberapa campaign Ramadan yang sukses dan tidak. Yuk, pantau kesuksesan campaign Ramadan Anda dengan digital monitoring"

Ramadan adalah bulan yang tepat untuk meningkatkan penjualan bisnis, khususnya terhadap produk-produk tertentu. Kehadiran bulan ini juga menjadi salah satu yang paling dinantikan kehadirannya karena di bulan inilah akan terjadi peningkatan penjualan yang drastis jika dibandingkan dengan bulan-bulan lain. Melakukan digital monitoring akan sangat membantu meningkatkan kesuksesan penjualan di Ramadan. Yuk, simak penjelasan artikel di bawah ini.

Penjelasan Mengenai Campaign Ramadan

Campaign Ramadan merupakan kampanye yang diserukan oleh brand, produk, acara hiburan, hingga sarana transportasi pada saat Ramadan. Kampanye ini juga bervariasi, biasanya dilakukan untuk menyebarkan brand awareness selama Ramadan, memberikan promo atau diskon menarik, hingga hanya sekedar melakukan selebrasi akan datangnya Bulan Suci ini.

Baca Juga: Apa itu Word Cloud? Kenali Fungsinya untuk Aplikasi Digital Monitoring

Hadirnya campaign Ramadan juga merupakan sebuah bentuk penyemangat bagi umat muslim yang menjalani puasa. Selain itu, banyak brand yang menjadikan campaign Ramadan ini untuk sebuah peluang agar produk mereka semakin dilirik oleh banyak orang. Selain itu, cara ini mereka lakukan dengan mengubah tone pada gambar yang dipublikasikan menjadi kehijauan atau menambahkan gambar ketupat. Lebih lanjut, ada banyak produk yang melakukan kampanye Ramadan dengan mempromosikan iklan di televisi, media sosial, hingga website resmi mereka. Berikut ini adalah keuntungan melakukan campaign Ramadan bagi pemilik bisnis:

  • Meningkatkan penjualan sehari-hari selama Ramadan.
  • Meningkatkan brand awareness.
  • Membuka peluang mendapatkan banyak pelanggan baru.
  • Meramaikan penyambutan Ramadan.
  • Meningkatkan jumlah page views.

Apa itu Digital Monitoring

Digital monitoring merupakan suatu proses pemantauan dan menganalisis aktivitas secara daring seperti pemantauan di dalam suatu media sosial, situs web, dan apa-apa saja yang telah dipublikasikan secara online yang mudah dilihat oleh masyarakat. Kegiatan yang satu ini sangat berguna bagi perusahaan untuk memahami analitik perilaku masyarakat serta untuk memantau kompetitor bisnis yang serupa.

Kegiatan digital monitoring bisa dilakukan secara manual oleh perusahaan atau dilakukan secara otomatis menggunakan tools yang terdapat di media online seperti Google Analytics, tagar, dan lain-lain. Kegiatan yang satu ini sangat berguna untuk berbagai macam bidang yang memiliki koneksi yang dekat dengan masyarakat karena akan sangat memudahkan untuk melakukan pemantauan terhadap hal-hal yang saat ini menjadi tren di kalangan masyarakat sehingga mudah untuk menjual produk atau layanan jasa.

Cara Memantau Kesuksesan Campaign Ramadan dengan Digital Monitoring

Dalam bagian ini, kami akan memberitahu beberapa cara memantau kesuksesan campaign Ramadan dengan digital monitoring:

  • Mengecek Jumlah Views

Cara termudah untuk memantau kesuksesan campaign Ramadan dengan digital monitoring adalah dengan mengecek jumlah views yang ada di media sosial bisnis Anda. Saat ini, sudah ada banyak media sosial yang bisa melihat jumlah views pada postingan yang Anda sebarkan, mulai dari TikTok, Twitter, hingga Instagram.

  • Memantau Percakapan Pelanggan di Media Sosial

Di zaman yang serba canggih ini, Anda bisa memanfaatkan kemudahan yang ada di internet dengan memantau percakapan pelanggan di media sosial. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menggunakan Social Media Listening dan Social Media Analytics. Dengan memanfaatkan kedua hal tersebut, Anda dapat dengan mudah menemukan tanggapan masyarakat terhadap bisnis Anda, baik itu respon positif maupun sentimen negatif.

Baca Juga: Ini Cara Mengikuti Tren Digital, Gunakan Platform Digital Monitoring

  • Memonitor Forum atau Percakapan Daring

Dengan memonitor forum atau percakapan daring, Anda jadi mengetahui lebih banyak tentang pelanggan serta apa yang mereka pikirkan tentang bisnis Anda. Disana juga Anda akan mendapatkan insight baru tentang opini-opini para pelanggan yang telah membeli produk atau barang yang Anda jual.

  • Survei Online

Pemantauan dengan digital monitoring juga bisa dilakukan dengan melakukan survei secara daring. Anda bisa dengan mudah melakukannya dengan memanfaatkan media sosial Anda dan menyertakan link survei.

Yuk, Gunakan Ripple10 untuk Digital Monitoring agar Bisa Meningkatkan Campaign Ramadan!

Alih-alih melakukan digital monitoring secara manual, Anda dapat dengan mudah melakukan digital monitoring menggunakan layanan aplikasi dari Ivosights, yakni Ripple10! Aplikasi kebanggan kami yang satu ini mampu melacak trending yang populer di kalangan masyarakat, memantau slang words yang digunakan di kalangan masyarakat, hingga mengetahui aktivitas kompetitor bisnis Anda! 

Ripple10 juga memiliki fitur yang akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang dibicarakan masyarakat tentang bisnis yang Anda miliki di media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, TikTok, Instagram, hingga Portal Berita. Selain itu, Anda juga bisa menganalisis tentang aktivitas digital kompetitor bisnis Anda melalui Ripple10. Mengagumkan sekali, bukan? Yuk, segera hubungi call center Ivosights sekarang juga untuk mendapatkannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami