Yuk, Ketahui Tren TikTok Terbaru Ramadan dengan Digital Monitoring!

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 16 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.

"Melakukan digital monitoring di aplikasi TikTok sangat berguna untuk reputasi bisnis selama bulan Ramadan"

TikTok merupakan salah satu aplikasi yang saat ini sedang banyak dibicarakan di kalangan masyarakat. Meledaknya aplikasi ini dimulai dari masa awal pandemi Covid-19 yang terjadi pada tahun 2020. TikTok juga menjadi salah satu pembuat tren terbesar yang mampu membuat banyak perubahan mulai dari tren pakaian, makeup, hingga botol minum kekinian. Hingga saat ini, TikTok merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di kalangan masyarakat. Konten ramadhan merupakan salah satu konten yang juga menjadi salah satu tren paling populer saat bulan suci tiba. Orang-orang biasanya akan membuat konten-konten relevan saat bulan suci seperti sahur, buka puasa, hingga sholat tarawih. Inilah momen yang pas sebuah bisnis untuk melakukan digital monitoring selama Ramadan dengan mengetahui tren-tren terbaru di TikTok.

Apa itu Digital Monitoring?

Digital monitoring merupakan suatu proses pemantauan dan menganalisis aktivitas secara daring seperti pemantauan di dalam suatu media sosial, situs web, dan apa-apa saja yang telah dipublikasikan secara online yang mudah dilihat oleh masyarakat. Kegiatan yang satu ini sangat berguna bagi perusahaan untuk memahami analitik perilaku masyarakat serta untuk memantau kompetitor bisnis yang serupa.

Kegiatan digital monitoring bisa dilakukan secara manual oleh perusahaan atau dilakukan secara otomatis menggunakan tools yang terdapat di media online seperti Google Analytics, tagar, dan lain-lain. Kegiatan yang satu ini sangat berguna untuk berbagai macam bidang yang memiliki koneksi yang dekat dengan masyarakat karena akan sangat memudahkan untuk melakukan pemantauan terhadap hal-hal yang saat ini menjadi tren di kalangan masyarakat sehingga mudah untuk menjual produk atau layanan jasa.

Baca Juga: Mengenal Widget Stream of Mention pada Aplikasi Digital Monitoring

Tren Terbaru Di TikTok Saat Bulan Suci Ramadan

TikTok memanglah suatu aplikasi yang mengedepankan tren-tren terbaru agar para penggunanya bisa mengetahui dan mengikuti perkembangan tren yang saat ini sedang banyak dibicarakan di masyarakat. TikTok juga menjadi salah satu pencetus tren terbaru yang kedepannya nantinya akan banyak diikuti oleh pengguna dari aplikasi media sosial lain.

Bukan hanya pakaian dan makeup yang unik, pengguna TikTok juga biasa melakukan banyak tren baru yang bermanfaat selama bulan ramadan. Konten-konten tentang buka puasa bersama dan konten lain yang berhubungan dengan bulan suci ini menjadi salah satu yang paling banyak dibagikan oleh para pengguna untuk memanfaatkan datangnya bulan suci yang terjadi hanya satu kali dalam setahun. 

Selain itu, TikTok sendiri juga ikut meramaikan bulan suci Ramadan dengan membuat tagar-tagar serta menampilkan banyak konten yang relevan dengan bulan suci ke dalam beranda penggunanya. Selain itu, ada banyak challenge yang akan diramaikan selama Ramadan yang dilakukan oleh banyak brand untuk meningkatkan reputasi bisnis mereka. Singkatnya, TikTok memiliki andil yang sangat besar bagi bisnis selama Ramadan.

Lakukan Digital Monitoring untuk Mengetahui Tren TikTok Terbaru Selama Ramadan

Digital monitoring merupakan suatu kegiatan yang sangat berfungsi untuk meningkatkan pengetahuan terhadap para pelanggan terhadap suatu hal yang paling banyak dibicarakan akhir-akhir ini di kalangan masyarakat. Termasuk TikTok, para pebisnis dapat melakukan digital monitoring di aplikasi ini terutama selama Ramadan. Yuk, simak cara melakukannya:

  • Memantau Tagar 

Salah satu cara terbaik untuk bisnis agar konten yang mereka miliki cepat masuk ke dalam beranda masyarakat adalah dengan memantau tagar yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Pemantauan tagar dalam kegiatan digital monitoring sangat berguna untuk meningkatkan brand awareness terutama saat Ramadan.

Saat bulan suci tiba, lihatlah berapa banyak tagar yang sedang populer dan sering digunakan oleh masyarakat. Biasanya, tagar yang dipakai selama bulan suci selalu berhubungan dengan kata Ramadan, puasa, hingga lebaran. Dengan begitu, perusahaan dapat dengan mudah menyebarkan konten-konten bisnis yang relevan dengan tagar.

  • Melihat Fokus Trending

Salah satu dari banyaknya manfaat aplikasi TikTok adalah kegiatan digital monitoring dapat melihat fokus trending yang ada di kalangan masyarakat. Pada Ramadan, fokus trending biasanya tidak jauh dari banyaknya rekomendasi jajanan ataupun menu sahur dan berbuka, hal ini bisa dijadikan inspirasi bagi perusahaan pembuatan produk makanan untuk menciptakan produk atau menu berbuka yang bisa dengan mudah dinikmati oleh masyarakat.

Baca Juga: Pahami Fitur Early Alert Notification pada Aplikasi Digital Monitoring

  • Memantau Challenge yang Sedang Populer 

TikTok biasanya memiliki banyak challenge yang menjadi populer di kalangan masyarakat di seluruh dunia. Dengan melakukan digital monitoring, perusahaan dapat melihat challenge apa yang sedang populer di kalangan masyarakat saat Ramadan. Perusahaan dapat dengan mudah menemukan challenge tersebut dengan melihat dari hot topics yang ada di dekat search bar TikTok.

  • Memantau Keyword Apa Saja yang Paling Banyak Dibicarakan

Selama Ramadan, akan ada banyak keyword yang menjadi tren dan sering digunakan di kalangan masyarakat. Perusahaan dapat dengan mudah menganalisis dengan menggunakan digital monitoring secara manual hanya dengan mengetikkan kata-kata yang relevan dengan Ramadan dan akan melihat seberapa banyak kata tersebut digunakan untuk video pengguna.

Gunakan Ripple10 untuk Digital Monitoring yang Lebih Baik!

Alih-alih melakukan digital monitoring secara manual, Anda dapat dengan mudah melakukan digital monitoring menggunakan layanan aplikasi dari Ivosights, yakni Ripple10! Aplikasi kebanggan kami yang satu ini mampu melacak trending yang populer di kalangan masyarakat, memantau slang words yang digunakan di kalangan masyarakat, hingga mengetahui aktivitas kompetitor bisnis Anda! Mengagumkan sekali, bukan? Yuk, segera hubungi call center kami sekarang juga untuk mendapatkan Ripple10!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami