Simak! Ketahui Keinginan Pelanggan Anda Dengan Digital Monitoring

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 11 April 2023
Ket: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock
Ket: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock

"Digital monitoring dapat mengetahui keinginan para pelanggan anda. Dengan menggunakan berbagai macam fiturnya, anda dapat memuaskan pelanggan!"

Sebagai seorang pengusaha yang menjalankan bisnis, pelanggan pastinya menjadi kunci bagi sebuah usaha apakah maju atau tidak. Pelanggan atau customer merupakan seorang konsumen yang membeli atau menggunakan jasa serta produk sebuah usaha sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka. Karena seandainya bahwa sebuah bisnis adalah tentang bagaimana seseorang menyajikan dan menawarkan solusi serta kebutuhan bagi beberapa orang. Maka dari itu seorang pengusaha diharuskan mengetahui apa saja kebutuhan serta solusi yang dapat diberikan kepada setiap pelanggannya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satu cara tersebut ialah menggunakan digital monitoring.

Digital monitoring menggunakan fitur yang tersedia oleh sebuah platform untuk melakukan pemantauan dari beberapa aspek dalam bisnis, seperti kebutuhan pelanggan, apa yang dimiliki kompetitor, dan masih banyak lagi. Pada kasus ini seorang pengusaha harus dapat melakukan digital monitoring untuk mengetahui bagaimana dan apa saja kebutuhan dari pelangganya. Namun mengapa digital monitoring? Digital monitoring merupakan salah satu cara cepat untuk melakukan monitoring bagi bisnis yang sedang berjalan. Karena berbentuk digital, digital monitoring memiliki beragam fitur dan kemungkinan dalam kurangnya validasi data sangat lah kecil. Dengan ini lah anda perlu mengetahui beberapa fitur yang dapat digunakan untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan dengan digital monitoring.

Baca Juga: Bisnis yang Membutuhkan Digital Monitoring? Cek Disini!

Sentiment Analysis Pada Digital Monitoring

Sentiment analysis pada suatu bisnis merupakan fitur digital monitoring yang dapat melakukan proses pengumpulan serta analisis data untuk dapat memahami suatu opini atau sudut pandang dari para pelanggan terhadap produk, brand, atau layanan pada suatu bisnis. Fitur ini menggunakan teknologi natural language processing atau NLP. Yang mana fungsinya untuk mengidentifikasi, mengumpulkan, dan menganalisis sentimen atau ekspresi dalam sebuah teks yang terkait dengan usaha atau bisnis.

Dalam suatu bisnis, sentiment analysis dapat membantu sebuah perusahaan untuk memahami kebutuhan, preferensi, dan solusi bagi para pelanggan. Selain itu, sentiment analysis juga dapat mengukur kepuasan pelanggan dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Hasil dari analisis dapat membantu perusahaan untuk memperbaiki kualitas produk atau layanan mereka, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif. Sentiment analysis dalam digital monitoring juga dapat membantu sebuah perusahaan untuk memantau reputasi mereka pada media sosial dan memperbaiki citra produk yang mereka perlukan.

Audience Analysis Pada Digital Monitoring

Audience analysis dalam suatu bisnis adalah sebuah proses pengumpulan data serta analisis data mengenai audience atau target pada suatu bisnis. Tujuan dari fitur ini adalah untuk memahami preferensi, kebutuhan, harapan para audience, serta membantu perusahaan dalam mengembangkan strategi pemasaran dan komunikasi yang lebih efektif.

Dengan melakukan audience analysis pada digital monitoring dengan baik, perusahaan akan dapat mengembangkan strategi pemasaran dan komunikasi yang lebih efektif untuk menarik perhatian dan minat audience mereka. Audience analysis juga dapat membantu perusahaan untuk memperbaiki setiap aspek yang dimilikinya seperti sentiment analysis.

Karena fitur ini merupakan salah satu fitur dari digital monitoring, dengan ini pastinya banyak sekali yang dapat pengusaha manfaatkan. Antara lain seperti membuat profil audience, menganalisis data perilaku, menggunakan analisis pada media sosial, melakukan survey dan wawancara, dan menggunakan analisis pada kompetitor. Hal tersebut sangat membantu para pengusaha atau pelaku bisnis untuk melakukan digital monitoring.

Buzzer Tracking Pada Digital Monitoring

Buzzer tracking merupakan salah satu teknik dari digital monitoring yang digunakan untuk memantau dan menganalisis aktivitas yang dilakukan oleh buzzer pada media sosial. Buzzer merupakan seseorang atau akun media sosia yang dibayar untuk mempromosikan produk atau layanan tertentu melalui postingan, komentar, atau ulasan pada media sosial. Dalam konteks digital monitoring, buzzer tracking dapat membantu perusahaan untuk memahami bagaiman buzzer mempengaruhi opini publik mengenai produk atau jasa yang ditawarkan, serta memperkirakan dampak dari campaign yang melibatkan buzzer.

Baca Juga: Apa Saja Digital Monitoring Tools yang Berguna?

Dengan menggunakan buzzer tracking, perusahaan dapat memahami cara para buzzer untuk mempengaruhi opini publik tentang produk atau jasa mereka, memperbaiki strategi pemasaran mereka untuk mencapai target audience secara sangat efektif. Beberapa hal yang dapat dilakukan pada buzzer tracking yang menjadi salah satu fitur digital monitoring ialah mencari buzzer, menganalisis aktivitas buzzer, menganalisis sentimen, menganalisis dampak pada campaign.

Dapatkan Digital Monitoring untuk Mengetahui Kebutuhan Pelanggan Anda di Ivosights!

Untuk mendapatkan pengalaman yang baik dan kelancaran dalam berjalannya suatu bisnis, anda harus memiliki platform yang proper dan baik untuk melakukan digital monitoring. Dengan memiliki platform yang berkualitas dan proper, anda dapat melakukan digital monitoring dengan lancar tanpa mengalami error atau kegagalan pada platform. Anda dapat mendapatkan pengalaman tersebut pada Ivosights. Ivosights memiliki tim digital yang baik dan sudah bepengalaman, segera konsultasikan kebutuhan bisnis anda pada Ivosights

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami