Intip Bisnis yang Laku Keras Saat Ramadan: Gunakan Digital Monitoring!

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 21 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring Shutterstock.

"Ada banyak bisnis yang memiliki potensi besar sangat laku saat Ramadan. Yuk, intip ada bisnis apa saja, ya"

Bisnis adalah salah satu hal yang harus ditekuni jika ingin berpotensi untuk dan memiliki banyak pelanggan. Hal ini karena bisnis merupakan suatu hal yang harus ditekuni dan harus difokuskan pada tujuan dan maksud dari bisnis tersebut. Salah satu strategi agar bisnis semakin laku adalah dengan menjual produk atau barang saat tingginya permintaan pelanggan, salah satunya dengan memanfaatkan momen Bulan Ramadan yang datang hanya satu tahun sekali dengan menjual barang atau produk yang paling dicari saat itu. Bagaimana cara mengetahuinya? Dengan melakukan digital monitoring akan membuat Anda lebih paham dan mengerti target pasar yang akan dituju. Yuk, simak beberapa bisnis yang berpotensi laku keras saat Ramadan.

Apa itu Digital Monitoring?

Digital monitoring merupakan suatu kegiatan menganalisis dan pemantauan aktivitas masyarakat secara digital melalui media sosial, web, hingga forum. Kegiatan ini dilakukan untuk menganalisa perilaku masyarakat terhadap suatu tren, barang, hingga kegiatan sosial yang disebarluaskan secara daring. Kegiatan digital monitoring juga dilakukan untuk berbagai macam bidang, seperti hiburan, bisnis, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Digital monitoring ini juga sangat bergantung terhadap masyarakat untuk mencapai tujuan tertentu. Misalnya, suatu bisnis makanan meluncurkan produk terbaru, tetapi mereka masih membutuhkan analisis dan riset lebih lanjut terhadap respon masyarakat setelah mengeluarkan produk tersebut, maka akan dilakukan digital monitoring untuk memantau respon masyarakat apakah produk tersebut mendapat respon positif atau sentimen negatif. 

Lebih lanjut, melakukan digital monitoring saat Ramadan akan membuat banyak keuntungan bagi bisnis karena akan lebih spesifik terhadap target atau audiens yang akan dituju. Pemilik bisnis juga bisa memperkirakan apa-apa saja yang kurang dari bisnis yang dimiliki sehingga bisa jauh lebih berpotensi laku keras jika dijual.

Baca Juga: Ini Cara Mengikuti Tren Digital, Gunakan Platform Digital Monitoring

Bisnis yang Berpotensi Laku Keras Saat Ramadan

Banyaknya potensi untuk membuka lahan bisnis baru saat Ramadan membuat banyak orang berbondong-bondong menjual barang atau produk yang paling dicari saat Ramadan. Yuk, simak beberapa bisnis yang berpotensi laku keras saat Ramadan.

  • Bisnis Kue kering

Saat Bulan Puasa atau Lebaran, orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan kehadiran kue kering yang disajikan saat bertamu di rumah kerabat. Kue-kue kering tersebut juga memiliki ciri khas yang selalu ada jika Bulan Suci ini hadir, seperti kue kering kastengel, putri salju, nastar, lidah kucing, dan lain-lain. Tingginya permintaan terhadap kue-kue kering tersebut bisa dijadikan keuntungan tersendiri bagi Anda yang ingin membuka peluang bisnis baru di Bulan Suci ini. Anda dapat menjual kue-kue kering tersebut dan melakukan promosi dengan mudah melalui WhatsApp Business atau melakukan pemasaran di media sosial.

  • Bisnis Minuman Manis

Saat berbuka, orang akan banyak menyerbu stan atau warung yang menjual minuman manis. Hal ini karena adanya sunnah yang mengatakan bahwa setiap muslim yang berbuka harus dengan yang manis-manis terlebih dahulu. Selain itu, minuman manis juga sangat melepas dahaga setelah seharian berpuasa. Untuk itu, bisnis minuman manis sangat memiliki potensi besar laku keras saat Ramadan. Menarik, ya?

  • Bisnis Pakaian

Tradisi membeli baju baru dan alat sholat baru membuat pemilik bisnis pakaian mendapat banyak keuntungan saat Ramadan tiba. Tingginya permintaan dalam hal tersebut membuat banyak peluang bisnis dalam menjual baju dan alat sholat yang sangat pas dikenakan saat lebaran. Lakukanlah digital monitoring terlebih dahulu sebelum menjual pakaian untuk lebih menjurus kepada target audiens, lebih laku, dan banyak diminati.

  • Bisnis Gorengan

Saat berbuka, selain makanan dan minuman manis, orang juga sangat mencari gorengan untuk disantap setelah berpuasa lebih dari 10 jam. Untuk itu, ini adalah salah satu alasan mengapa bisnis gorengan sangat berpeluang laku keras saat Ramadan.

Baca Juga: Istilah dalam Digital Monitoring, Wajib Tahu!

Yuk, Lancarkan Bisnis Saat Ramadan dengan Menggunakan Ripple10 dan WhatsApp Business API dari Ivosights!

Jika Anda ingin bisnis berjalan lancar, gunakanlah WhatsApp Business API! Ivosights akan membantu Anda dalam proses dan layanan WhatsApp Business API agar urusan Anda jadi jauh lebih mudah. Beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan saat berlangganan WhatsApp Business API adalah akun verified yang akan menambahkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda, integrasi ke CRM, dashboard untuk melakukan bulk messaging, hingga adanya report untuk campaign bisnis yang Anda jalani. 

Selain itu, alih-alih melakukan digital monitoring secara manual, Anda dapat dengan mudah melakukan digital monitoring menggunakan layanan aplikasi dari Ivosights, yakni Ripple10! Aplikasi kebanggan kami yang satu ini mampu melacak trending yang populer di kalangan masyarakat, memantau slang words yang digunakan di kalangan masyarakat, hingga mengetahui aktivitas kompetitor bisnis Anda! 

Ripple10 juga memiliki fitur yang akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang dibicarakan masyarakat tentang bisnis yang Anda miliki di media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, TikTok, Instagram, hingga Portal Berita. Selain itu, Anda juga bisa menganalisis tentang aktivitas digital kompetitor bisnis Anda melalui Ripple10. Mengagumkan sekali, bukan? Yuk, segera hubungi call center Ivosights sekarang juga untuk mendapatkannya layanan WhatsApp Business API dan Ripple10!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami