Bisnis yang Akan Diuntungkan dengan Digital Monitoring Menjelang Puasa

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 17 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Digital monitoring. Shutterstock.

"Menjelang puasa, akan ada beberapa bisnis yang akan diuntungkan. Dengan digital monitoring, ada banyak bisnis yang memanfaatkan momen puasa sebagai keuntungan"

Bulan puasa adalah bulan suci yang kedatangannya sangat ditunggu oleh umat muslim. Di bulan Ramadan, ada banyak perilaku yang sering dilakukan oleh masyarakat yang sangat menguntungkan beberapa bidang bisnis, beberapa diantaranya adalah mencari hampers makanan untuk dikirimkan kepada orang terdekat, membeli baju lebaran untuk seragaman dengan keluarga, dan lain-lain. Dengan digital monitoring, bisnis-bisnis akan lebih mudah untuk diuntungkan saat bulan puasa. Yuk, simak penjelasannya di artikel di bawah ini!

Apa itu Digital Monitoring?

Digital monitoring adalah sebuah proses pemantauan dan analisis terhadap web, media sosial, hingga forum. Tujuan utama digital monitoring adalah untuk melihat perkembangan terbaru, mengidentifikasi tren dan isu yang sedang banyak dibicarakan di masyarakat, hingga untuk memantau reputasi suatu brand atau produk. Tanpa digital monitoring, bisnis akan kesulitan untuk memasarkan produk yang mereka jual di kalangan masyarakat.

Baca Juga: Pahami Fitur Early Alert Notification pada Aplikasi Digital Monitoring

Digital monitoring sangat berguna bagi banyak bidang bisnis terutama pada saat Ramadan. Di bulan suci ini, akan ada banyak perilaku masyarakat yang bisa dianalisis untuk mensukseskan sebuah bisnis agar lebih masuk dan diterima oleh masyarakat pada saat bulan ramadhan. Digital monitoring dapat dilakukan menggunakan tools atau dilakukan secara manual yang memiliki tujuan dan fungsi yang sama untuk lancarnya kegiatan bisnis yang dijalani.

Keuntungan Melakukan Digital Monitoring

  • Mudah Menjangkau Target Audiens yang Sesuai

Tanpa digital monitoring, pemilik bisnis tentu tidak akan mengetahui target audiens yang sesuai dengan produk atau layanan jasa yang mereka produksi. Dengan aktivitas digital monitoring, bisnis akan lebih mudah untuk menjangkau target audiens yang sesuai sehingga produk atau layanan jasa bisa lebih mudah terjual dan laku di kalangan masyarakat.

Menjangkau target audiens yang sesuai bisa dilakukan dengan memantau aktivitas masyarakat di media sosial. Anda bisa dengan mudah melihat target audiens yang tepat di beranda media sosial atau mengetahui seberapa banyak calon pelanggan yang akan menyukai produk yang akan Anda pasarkan. 

  • Membangun Kepercayaan dengan Pelanggan

Pelanggan tentu akan lebih mempercayai perusahaan atau bisnis yang sudah dikenal baik di kalangan masyarakat. Dengan digital monitoring, perusahaan dapat membangun kepercayaan dengan pelanggan karena menganalisis perilaku masyarakat dan akan lebih mudah untuk menjual produk yang Anda miliki di kalangan masyarakat. Anda dapat membangun kepercayaan pelanggan dengan melakukan digital monitoring di media sosial yang memiliki banyak pengguna seperti TikTok atau Instagram. 

  • Mengetahui Tren yang Paling Banyak Dibicarakan di Masyarakat

Tren yang banyak dibicarakan di masyarakat adalah salah satu kunci agar bisnis menjadi lebih sukses. Melalui digital monitoring, pemilik bisnis jadi lebih mengenal tren apa yang paling banyak dibicarakan di kalangan masyarakat. Anda dapat melakukan digital monitoring dengan mudah, salah satunya dengan melihat tagar atau trending yang ada di media sosial seperti Twitter atau TikTok.

Bisnis yang Diuntungkan Selama Bulan Puasa 

  • Bisnis Makanan

Saat Ramadan, bisnis makanan akan sangat laku dan banjir pesanan. Terutama bisnis makanan yang memproduksi wafer, kue kering yang biasanya ada saat Lebaran, hingga produsen buah-buahan seperti kurma. Pemilik bisnis makanan juga bisa melakukan digital monitoring mengenai makanan jenis apa yang saat ini banyak dibicarakan di kalangan masyarakat sehingga lebih mudah untuk menjual dan memasarkannya.

  • Bisnis Pakaian

Pakaian juga menjadi salah satu hal yang paling banyak dicari menjelang puasa. Adanya tren yang seolah mengharuskan masyarakat untuk membeli baju atau perlengkapan sholat baru saat bulan suci ini tentunya sangat menguntungkan pemilik bisnis pakaian. Melalui digital monitoring, pemilik bisnis pakaian akan lebih mudah untuk melihat tren baju lebaran apa saja yang saat ini diminati di kalangan masyarakat.

Baca Juga: Apa Saja Digital Monitoring Tools yang Berguna?

  • Bisnis Transportasi

Bisnis transportasi juga sangat diuntungkan di Ramadan ini. Adanya tradisi mudik yang selalu dilakukan oleh umat muslim saat menjelang lebaran membuat bisnis transportasi seperti kapal atau kereta sangat laku di kalangan masyarakat. 

  • Bisnis Produksi Vitamin

Vitamin juga menjadi salah satu produk yang sangat populer saat Ramadan karena imunitas tubuh masyarakat menjadi lebih rentan saat sedang berpuasa. Pebisnis yang memproduksi vitamin menjadi sangat diuntungkan pada bulan ini.

Melakukan Digital Monitoring? Andalkan Ripple10 Saja!

Digital monitoring akan lebih mudah dilakukan dengan menggunakan Ripple10! Tanpa perlu melakukannya secara manual, aplikasi garapan dari Ivosights ini akan membuat Anda lebih mudah memantau reputasi bisnis dan manfaat lainnya. Yuk, ketahui lebih lanjut tentang fungsi Ripple10 untuk bisnis Anda dengan berlangganan dengan kami!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami