Mengenal Digital Listening Tools yang Kini Banyak Diminati!

Ripple10


Penulis : Administrator - Jumat, 30 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Digital listening. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Digital listening. Shutterstock.

"Digital listening tools merupakan aplikasi yang digunakan untuk mendengarkan dan menganalisis apa yang sedang dibicarakan saat ini"

Setiap merek pasti aka melakukan pemantauan percakapan mengenai layanan atau produk yang mereka miliki. Pemantauan ini bisa dikenal sebagai digital listening tools, dan saat ini penggunaannya semakin banyak diminati di seluruh dunia, lho! Digital listening tools menjadi penting karena mampu menjawab pertanyaan seputar apa yang pelanggan bicarakan mengenai sebuah merek dan melalui saluran apa perbincangan tersebut terjadi.

Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini. Kita akan membahas mengenai apa itu Digital listening tools, fungsi, dan cara memilih platform Digital listening tools yang tepat. Jadi, simak artikel ini sampai akhir, ya!

Apa Itu Digital Listening Tools?

Digital listening tools merupakan suatu alat atau bisa dikenal sebagai aplikasi yang digunakan untuk mendengarkan dan menganalisis apa yang sedang dibicarakan orang-orang di internet, terutama di media sosial dan platform berbagi pesan seperti forum atau komentar blog.

Alat ini sering digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk memahami bagaimana mereka dilihat oleh audiens online, mengidentifikasi isu-isu yang sedang hangat diperbincangkan, dan mengukur respons terhadap produk atau layanan mereka.

Digital listening tools juga dapat membantu perusahaan atau organisasi untuk mengikuti tren dan menganalisis data yang dihasilkan dari percakapan online, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang lebih informatif dan tepat sasaran.

Fungsi Digital Listening Tools

Ada banyak fungsi yang dapat dilakukan oleh digital listening tools, di antaranya:

  1. Menganalisis percakapan online: Digital listening tools berfungsi untuk membantu perusahaan atau bisnis Anda dalam mengidentifikasi isu-isu yang sedang hangat diperbincangkan di internet, serta mengukur respons terhadap produk atau layanan mereka.
  2. Mengikuti tren: Digital listening tools juga bisa membantu perusahaan atau bisnis Anda untuk mengikuti tren di internet dan mengetahui apa yang sedang populer di kalangan audiens mereka agar tidak ketinggalan trend atau informasi terkini.
  3. Mencari peluang bisnis: Digital listening tools dapat membantu perusahaan atau organisasi untuk menemukan peluang bisnis baru dengan menganalisis data yang dihasilkan dari percakapan online.
  4. Meningkatkan reputasi online: Digital listening tools berfungsi juga untuk membantu perusahaan atau bisnis Anda dalam memahami bagaimana mereka dilihat oleh audiens online, serta mengidentifikasi isu-isu yang mungkin mempengaruhi reputasi mereka.
  5. Mengelola krisis: Digital listening tools dapat membantu perusahaan atau organisasi untuk mengelola krisis online dengan me-monitoring percakapan dan mengidentifikasi isu-isu yang mungkin memicu keprihatinan atau kemarahan di kalangan audiens.

Cara Memilih Digital Listening Tools yang Tepat

Semakin tumbuhnya penyedia layanan digital listening tool tersebut, tentu membuat Anda harus lebih selektif dan memerlukan pertimbangan yang cermat.. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih layanan digital listening tool yang tepat.

  • Memastikan Platfrom Cocok dengan Audiens Lokal

Anda harus memsastikan platform yang Anda pilih memiliki instrumen yang diciptakan berdasarkan karakteristik pasar Indonesia. Sehingga digital listening tool yang Anda pilih akan sangat akurat dalam memonitor promosi-promosi yang Anda jalankan dalam jangkauan lokal. Mengingat, tidak semua platform memiliki kemampuan tersebut.

  • Pertimbangan Sesuai Objektivitas

Sebelum menentukan platform apa yang Anda gunakan, identifikasi apakah platform tersebut dapat mengambil data di akun media sosial yang Anda inginkan. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan untuk memilih media sosial atau saluran yang memang sering Anda gunakan untuk kampanye. Sebab, menggunakan semua saluran akan membuat Anda mengeluarkan biaya lebih besar.

  • Platform yang Lebih dari Sekadar Mendengar

Anda harus memastikan platform yang Anda pilih tidak hanya sekadar mendengarkan percakapan konsumen di media sosial. Namun, lebih dari itu. Pilih platform yang memungkinkan Anda menganalisis audiens secara lebih mendalam. Sehingga, Anda mendapatkan insights untuk mengembangkan produk/layanan ataupun cara-cara terbaik untuk memberikan kepuasan pelanggan.

Digital Listening Tools pada Ivosights

Pastikan platform yang Anda pilih tidak hanya sekadar mendengarkan percakapan konsumen di media sosial. Namun, lebih dari itu. Pilih platform yang memungkinkan Anda menganalisis audiens secara lebih mendalam. Sehingga, Anda mendapatkan insights untuk mengembangkan produk/layanan ataupun cara-cara terbaik untuk memberikan kepuasan pelanggan.

Ripple10, yang merupakan digital listening tools juga merupakan platform yang tidak sekadar mendengar. Selain mampu melakukan crawling data lokal secara akurat, Ripple10 juga menghadirkan fitur-fitur yang lengkap seperti sentiment & digital health index (untuk melihat tingkat sentimen dari suatu merek di setiap saluran), audience analysis (menghadirkan insights tentang pelanggan secara lebih detail), buzzer tracking & monitoring (memonitor target atau KPI para KOL serta insights untuk ke depannya), alert system (sistem yang akan mengirimkan notifikasi secara otomatis jika sentimen negatif melampaui batas yang telah ditetapkan).

Jadi, sebelum memilih digital listening tool yang tepat, Anda dapat mengidentifikasi kebutuhan tersebut sesuai dengan langkah di atas. Namun, yang perlu Anda ketahui, meskipun banyak pilihan layanan digital listening tools, Ripple10 adalah rekomendasi platform yang paling sesuai untuk Anda. Selamat mencoba!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami