Digital Listening Tools, Bantu Ukur Sentimen Publik Terhadap Institusi

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 22 Agustus 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital listening tools. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital listening tools. Shutterstock

"Mengukur sentimen publik terhadap institusi dapat dilakukan dengan mudah berkat adanya digital listening tools!"

Dalam era digital saat ini, masyarakat dapat dengan mudah menyebarkan opini mereka terhadap institusi melalui platform online. Tergantung dari baik atau buruknya pandangan dan opini ini juga akan memengaruhi reputasi sebuah institusi secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting bagi institusi untuk memahami sentimen masyarakat terhadap mereka untuk mengambil tindakan yang tepat dan menjaga citra yang baik. Salah satu alat yang sangat efektif dalam mengukur sentimen ini adalah digital listening tools.

Apa Itu Digital Listening Tools?

Digital listening tools adalah sebuah alat atau aplikasi yang memungkinkan pihak institusi untuk memantau dan menganalisis percakapan dan aktivitas yang terjadi di berbagai platform digital seperti media sosial, forum online, blog, dan lainnya. Tujuan utama penggunaan digital listening tools adalah untuk mendapatkan wawasan tentang apa yang masyarakat bicarakan, bagaimana pandangan mereka, dan bagaimana hal ini dapat memengaruhi citra institusi.

Mengapa Sentimen Masyarakat Penting bagi Institusi?

Sentimen masyarakat adalah sebuah perasaan, pandangan, dan opini yang dimiliki oleh masyarakat terhadap suatu institusi. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa sentimen masyarakat penting bagi institusi:

  • Menilai Kinerja

Mengetahui sentimen masyarakat terhadap institusi memudahkan untuk menilai apakah kinerja institusi telah memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat.

  • Mengidentifikasi Isu Sensitif

Dengan memahami sentimen masyarakat, institusi dapat mengidentifikasi isu-isu sensitif atau kontroversial yang dapat membuat citra mereka secara negatif.

  • Membangun Strategi Komunikasi

Informasi tentang sentimen masyarakat dapat membantu institusi untuk merancang strategi komunikasi yang efektif untuk merespons pandangan dan kekhawatiran yang ada.

  • Meningkatkan Keterlibatan

Institusi dapat menggunakan informasi tentang sentimen masyarakat untuk meningkatkan keterlibatan dengan audiens mereka dan merespons secara lebih akurat.

  • Melacak Perubahan

Dengan memantau sentimen masyarakat dari waktu ke waktu, institusi dapat melacak perubahan dalam persepsi publik terhadap mereka dan mengambil tindakan yang sesuai.

Baca juga: Apa Saja yang Dinilai dari Analisis Sentimen? Cek Disini!

Beberapa Peran Digital Listening Tools

Inilah beberapa peran penting digital listening tools membantu institusi dalam memahami sentimen masyarakat:

  • Monitoring

Digital listening tools ini memungkinkan institusi untuk memantau secara terus-menerus percakapan online yang berkaitan dengan mereka.

  • Analisis Sentimen

Kemudian, digital listening tools dapat membantu institusi untuk menganalisis percakapan dan menentukan apakah pandangan masyarakat cenderung positif, negatif, atau netral.

  • Identifikasi Isu Utama

Alat ini membantu dalam mengidentifikasi isu-isu yang paling sering dibicarakan oleh masyarakat, baik positif maupun negatif.

  • Segmentasi Audiens

Dengan menganalisis data dari digital listening tools, institusi dapat mengidentifikasi kelompok masyarakat tertentu yang memiliki sentimen tertentu.

  • Perbandingan dengan Kompetitor

Institusi dapat menggunakan tools ini untuk membandingkan sentimen publik dengan kompetitor dan melihat seberapa baik mereka berkinerja di mata masyarakat.

Keunggulan Penggunaan Digital Listening Tools untuk Mengukur Sentimen Masyarakat

Inilah enam keunggulan penggunaan digital listening tools untuk mengukur sentimen masyarakat:

  • Real-Time Insights

Alat ini memberikan wawasan secara real-time tentang bagaimana institusi dilihat oleh masyarakat, sehingga memungkinkan institusi dapat mengambil tindakan tepat secara cepat.

  • Data yang Mendalam

Digital listening tools mampu mengumpulkan data dari berbagai platform. Dengan begini, institusi akan mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang pandangan masyarakat.

  • Tren dan Perubahan

Dengan melacak data dari waktu ke waktu, digital listening tools dapat memudahkan institusi untuk mengidentifikasi tren dan perubahan dalam pandangan masyarakat.

  • Pengukuran Hasil Kampanye

Berkat digital listening tools, institusi dapat mengukur dampak kampanye atau inisiatif tertentu pada sentimen masyarakat.

  • Perbandingan Platform

Terakhir tools ini dapat memberikan perbandingan antara sentimen di setiap platform yang berbeda, seperti media sosial, forum, dan blog.

Cara Mengukur Sentimen Masyarakat dengan Menggunakan Digital Listening Tools

Berikut ini adalah lima cara mengukur sentimen masyarakat dengan menggunakan digital listening tools:

  • Analisis Kata Kunci

Pertama, tentukan keyword yang relevan dengan institusi dan gunakan digital listening tools untuk melacak percakapan yang mencakup kata-kata tersebut.

  • Pantau Hashtag

Jika institusi menggunakan hashtag tertentu, pantau bagaimana hashtag ini digunakan dan direspon oleh masyarakat secara keseluruhan.

  • Analisis Kompetitor

Gunakan digital listening tools untuk membandingkan sentimen institusi dengan kompetitor sehingga institusi mampu mendapatkan wawasan tentang posisi relatif di pasar.

  • Identifikasi Trending Topics

Melalui digital listening tools, identifikasi topik-topik yang sedang tren dan carilah cara bagaimana institusi dapat terhubung dengan topik tersebut.

  • Segmentasi Berdasarkan Demografi

Tools ini memungkinkan institusi untuk melakukan segmentasi masyarakat berdasarkan demografi tertentu, seperti usia, jenis kelamin, atau lokasi geografis.

Baca juga: Contoh Analisis Sentimen pada Digital Monitoring Tool

Pilihlah Digital Listening Tools untuk Analisis Sentimen Publik terhadap Institusi Anda!

Penggunaan digital listening tools merupakan alat yang mampu mengukur, menganalisis, dan merespons pandangan masyarakat secara efektif dan tepat waktu. Dengan memahami sentimen masyarakat terhadap institusi, Anda dapat menjaga reputasi dan citra institusi dengan baik.

Sebagai salah satu pilihan, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan digital listening tools milik Ivosights bernama Ripple10. Alat ini merupakan sebuah tools monitoring perbincangan publik dalam berbagai jenis platform digital, mulai dari media sosial, portal berita, forum online, hingga website dan blog. Dengan Ripple10, Anda bisa memantau persepsi masyarakat terhadap institusi pemerintah, mulai dari respon, analisis sentimen, hingga apakah ada isu-isu negatif yang dapat berkembang. Tak hanya itu, Anda bisa memetakan akun penyebar isu negatif dengan fitur sociograph author yang tersedia. 

Kami juga bisa memberikan data report dari Ripple10 dengan tampilan infografis yang mudah dipahami. Selain itu, Anda dapat mengunduh report ini dimana saja dan kapan saja. Segera hubungi tim kami untuk mendapatkan demo platform Ripple10 secara ini sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami