Efektifkan Digital Listening dengan Cara Berikut Ini!

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 19 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital Listening. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital Listening. Shutterstock

"Penggunaan digital listening sangat penting untuk bisnis yang mengutamakan kepuasan pelanggan atas produk atau layanan buatannya."

Sebagai sesama pelanggan, terkadang dapat ditemukan berbagai postingan dan komentar berisi keluhan terhadap layanan atau produk milik suatu bisnis. Pada kenyataannya, keluhan ini sering disampaikan diam-diam tanpa memberikan tag atau menghubungi pihak layanan pelanggan yang tersedia. Oleh karena itu, bisnis membutuhkan tools yang dapat memantau segala opini maupun keluhan pelanggan di dunia digital. Salah satunya menggunakan sistem digital listening

Pengertian Digital Listening

Digital listening merupakan proses pemantauan, pengumpulan, dan analisis data yang dihasilkan secara digital. Proses ini melibatkan pemantauan dan analisis konten yang dibuat oleh pengguna di berbagai platform digital.

Dalam bisnis, digital listening digunakan untuk memantau dan menganalisis percakapan yang berkaitan dengan brand, produk, atau layanan suatu perusahaan. Dengan proses ini, perusahaan dapat memahami persepsi pelanggan, mengidentifikasi tren pasar, mendeteksi masalah pelanggan, dan mengukur efektivitas strategi bisnis.

Baca juga: Mengenal Digital Listening Tools yang Kini Banyak Diminati!

Tips Membuat Digital Listening Jadi Lebih Efektif

Peningkatan efektivitas dan efisiensi digital listening dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut: 

  • Buatlah tujuan yang jelas

Tentukan tujuan spesifik yang ingin dicapai dengan menggunakan digital listening. Tujuan yang jelas akan membantu untuk fokus pada pencarian data-data yang relevan.

  • Identifikasi sumber data yang relevan

Selanjutnya, lakukan identifikasi sumber data. Sumber data yang dimaksud ini bisa berupa media sosial, website, blog, forum diskusi, maupun platform khusus industri. Lakukan pemantauan dan pengumpulan data dari sumber yang tepat untuk mendapatkan informasi-informasi terkait.

  • Pilih alat dan teknologi yang sesuai

Gunakan alat dan teknologi yang tepat untuk mendukung proses digital listening. Ada banyak alat penganalisis sentimen, alat pemantauan media sosial, dan beberapa platform analitik untuk lebih efisien menganalisis dan memproses data.

  • Terapkan metode analisis yang tepat

Pahami metode analisis yang relevan dengan tujuan bisnis Anda. Metode analisis ini dapat mencakup analisis sentimen, analisis teks, analisis topik, atau analisis jaringan sosial. Gunakan metode yang sesuai untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam dari data yang dikumpulkan.

  • Gunakan kecerdasan buatan (AI) dan mesin pembelajaran

Teknologi artificial intelligence dan mesin pembelajaran dapat membantu meningkatkan efisiensi dan akurasi proses digital listening. Analisis data dapat dilakukan secara otomatis dan lebih cepat apabila dilakukan penerapan teknik seperti klasifikasi otomatis, pengenalan pola, atau prediksi.

  • Libatkan tim lintas departemen

Melakukan kerjasama dengan tim dari departemen lain seperti pemasaran, layanan pelanggan, serta riset dan pengembangan akan membantu meningkatkan pemahaman dan memudahkan integrasi hasil digital listening ke dalam strategi bisnis.

  • Evaluasi dan tindak lanjuti

Lakukan evaluasi hasil digital listening secara rutin. Gunakan semua informasi yang diperoleh untuk mengambil tindakan yang relevan. Identifikasi apakah ada peluang perbaikan atau pengembangan dan terapkan perubahan apabila diperlukan. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan kinerja bisnis.

Baca juga: Analisis Hasil Campaign Social Media dengan Digital Listening

Apa Saja Digital Listening Tools?

Terdapat banyak tools yang dimanfaatkan dalam digital listening. Berikut adalah beberapa contoh digital listening tools yang sering digunakan:

  • Social Media Listening Tools

Tools ini mendukung pemantauan dan penganalisisan percakapan di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan platform lainnya.

  • Sentiment Analysis Tools

Alat-alat ini membantu bisnis untuk menganalisis sentimen atau perasaan dari konten yang dikumpulkan dari platform digital. Tools ini memanfaatkan teknologi AI dan NLP untuk menentukan apakah konten tersebut memiliki sentimen positif, negatif, atau netral.

  • Web Scraping Tools

Web scraping tools ini mudahkan pengumpulan data otomatis dari berbagai website. Dengan menggunakan teknik web scraping, akan didapatkan berbagai informasi yang relevan seperti review pelanggan, komentar, atau artikel di website.

  • Social Media Management Tools

Social Media Management Tools ini membantu pengelolaan aktivitas media sosial secara lebih efisien. Tools ini digunakan untuk mengelola postingan, menjadwalkan konten, berinteraksi dengan pengikut, dan melacak performa pemasaran bisnis.

  • Online Reputation Management Tools

Tools ini membantu pemantauan dan pengelolaan reputasi bisnis Anda secara online. Online reputation management tools dapat melakukan pemantauan reputasi, memberikan laporan dan analisis terkait bisnis Anda, serta memberikan pemberitahuan apabila mendeteksi adanya aktivitas yang mencurigakan.

  • Text Analytics Tools

Text analytics tools ini membantu menganalisis dan memahami teks yang dikumpulkan dalam konteks digital listening. Tools ini dapat digunakan untuk melakukan analisis teks, mengekstraksi informasi, mengidentifikasi topik, dan pemodelan bahasa.

  • Customer Feedback Management Tools

Terakhir, customer feedback management tools yang membantu mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis feedback pelanggan. Feedback ini didapatkan dari berbagai sumber seperti survei, ulasan, dan komentar. Pengumpulan feedback pelanggan ini memungkinkan bisnis Anda untuk dapat memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan secara lebih mendalam.

Lakukan Monitoring Aktivitas Pelanggan secara Online dengan Ripple10!

Setelah penjelasan di atas, Anda bisa menyimpulkan bahwa proses digital listening sangat penting dilakukan. Selain mengetahui apa opini para pelanggan tentang bisnis, Anda juga dapat meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan dengan memperhatikan sejumlah keluhan yang disampaikan secara tidak langsung.

Untungnya, Ivosights juga punya solusinya. Mengenalkan teknologi Ripple10, sebuah platform monitoring digital terlengkap. Hanya dengan menentukan keyword sesuai keinginan, Anda bisa mendapatkan data percakapan digital dari berbagai kanal digital. Yuk, hubungi kami untuk dapatkan layanan Ripple10 sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami