Kenali Tren dan Preferensi Wisatawan dengan Digital Listening

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 10 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital listening. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Digital listening. Shutterstock

"Digital listening membantu Anda mengenali tren dan preferensi wisatawan, untuk menyesuaikan fasilitas dan layanan tempat wisatawan dengan kemauan pasar"

Dalam industri pariwisata, memahami tren dan preferensi wisatawan akan membantu pemilik bisnis untuk menghadirkan pengalaman yang menarik dan relevan bagi mereka. Salah satu cara untuk mendapatkan wawasan tentang tren dan preferensi ini adalah melalui digital listening. Untuk mengetahui bagaimana cara mengenali tren dan preferensi wisatawan, Anda harus tahu terlebih dahulu apa saja manfaat menggunakan digital listening untuk bisnis pariwisata.

Kegunaan Digital Listening untuk Bisnis Pariwisata

Digital listening memiliki beragam kegunaan yang dapat membantu bisnis pariwisata dalam memahami tren dan preferensi wisatawan. Beberapa kegunaan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Memahami kebutuhan dan preferensi wisatawan

Melalui analisis data yang dihasilkan oleh digital listening, Anda dapat mengidentifikasi kebutuhan dan preferensi wisatawan secara mendalam. Beragam informasi ini akan memudahkan Anda untuk mengkustomisasi layanan dan menyesuaikan penawaran mereka supaya lebih relevan dengan preferensi wisatawan.

  • Mengikuti tren terkini

Dalam perkembangan industri pariwisata, Anda diharuskan untuk mengikuti tren terkini supaya dapat bersaing dengan bisnis kompetitor. Dengan digital listening, Anda sebagai pemegang bisnis pariwisata dapat mengetahui tren terbaru, baik dalam hal destinasi wisata populer, aktivitas wisata yang sedang naik daun, atau gaya liburan yang sedang digemari.

  • Memperbaiki pengalaman pelanggan

Digital listening juga membantu perusahaan pariwisata dalam memperbaiki pengalaman pelanggan. Dengan memantau umpan balik dan review yang diberikan oleh wisatawan di platform online, perusahaan dapat mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan. Selain itu, perusahaan juga dapat memberikan respons yang cepat dan tepat terhadap keluhan atau masalah yang mungkin timbul dari pengalaman pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun hubungan yang lebih baik dengan mereka.

Baca juga: Digital Listening, Bantu Pantau Review dan Testimoni Tempat Wisata Anda

Apa Pentingnya Memahami Tren dan Preferensi Wisatawan?

Memahami tren dan preferensi wisatawan sangat penting dalam bisnis pariwisata. Berikut adalah beberapa alasan mengapa memahami tren dan preferensi wisatawan menjadi kunci kesuksesan:

  • Menghadirkan pengalaman yang relevan

Dengan memahami tren dan preferensi wisatawan, perusahaan dapat menghadirkan pengalaman yang lebih relevan dan menarik. Misalnya, jika tren saat ini adalah liburan alam dan petualangan, perusahaan dapat mengembangkan paket perjalanan yang menggabungkan kegiatan outdoor dan destinasi alam yang menarik. Dengan demikian, perusahaan dapat memenuhi harapan wisatawan dan meningkatkan kepuasan mereka.

  • Meningkatkan daya saing

Dalam industri pariwisata yang kompetitif, memahami tren dan preferensi wisatawan dapat memberikan keunggulan kompetitif. Dengan mengetahui apa yang wisatawan inginkan dan mencari, perusahaan dapat mengembangkan strategi pemasaran yang tepat dan menarik wisatawan untuk memilih destinasi atau layanan mereka daripada pesaing. Hal ini dapat meningkatkan daya saing perusahaan dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar.

  • Mengantisipasi perubahan pasar

Tren dan preferensi wisatawan dapat berubah seiring waktu. Dengan memahami tren dan preferensi wisatawan, Anda dapat mengantisipasi setiap ada perubahan pasar untuk melakukan penyesuaian yang diperlukan.

Cara Menerapkan Digital Listening Tools untuk Memahami Tren dan Preferensi Wisatawan

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti dalam menerapkan digital listening tools:

  • Identifikasi platform yang relevan

Langkah pertama adalah mengidentifikasi platform online dan media sosial yang relevan untuk mengumpulkan data tentang wisatawan. Dengan memfokuskan upaya digital listening pada platform-platform ini, Anda dapat mengumpulkan data secara lebih terarah.

  • Gunakan tools analisis data

Setelah mengidentifikasi platform relevan untuk digunakan, gunakan tools analisis data yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data.

  • Analisis data dan ambil tindakan

Setelah data berhasil dikumpulkan, lakukan analisis mendalam untuk mengidentifikasi tren dan preferensi wisatawan. Pahami pola-pola yang muncul, temukan insight penting, dan cermati juga apakah ada peluang untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Jangan lupa untuk mengambil tindakan yang diperlukan.

Baca juga: Bagaimana Memilih Digital Listening Tools yang Tepat?

Pantau Perubahan Tren dan Preferensi Para Wisatawan dengan Menggunakan Digital Listening Tools!

Digital listening dapat memantau berbagai jenis percakapan maupun pernyataan para wisatawan dari berbagai platform sosial media. Tools ini juga dapat menganalisis apakah ada tren terbaru atau perubahan preferensi wisatawan dalam memilih tempat wisata. Dengan mengetahui informasi-informasi penting seperti ini, Anda dapat menyusun ulang atau meluncurkan konsep maupun fasilitas baru yang mendukung tempat wisata yang Anda kelola.

Berkat Ripple10, digital listening tools milik Ivosights, Anda dapat memantau berbagai respon dan ulasan wisatawan yang dipublikasikan secara digital. Anda juga dapat mengetahui apa saja kelebihan maupun kekurangan yang dibicarakan oleh para wisatawan melalui opini mereka yang dipublikasikan. Tak hanya itu, pandangan mereka tentang bisnis kompetitor Anda dapat dimonitor juga untuk mempermudah bisnis Anda dapat bersaing dengan kompetitor lainnya.

Ripple10 juga dapat diintegrasikan dengan sistem CRM Sociomile untuk memudahkan interaksi dengan wisatawan yang membicarakan bisnis Anda. Segera dapatkan Ripple10 sebagai alat bantu untuk memantau dan monitoring bisnis pariwisata Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami