6 Cara Tingkatkan Customer Engagement di Era Digital

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 20 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer engagement. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer engagement. Shutterstock.

"Customer engagement adalah tingkat kepedulian, perhatian, dan partisipasi pelanggan terhadap suatu brand, produk, atau layanan"

Ingat istilah pembeli adalah raja? Sudah sewajarnya kita mengetahui bahwa setiap pelaku bisnis perlu menjaga hubungan baik dengan pembelinya. Begitu pula dengan perusahaan terhadap klien atau pun pelanggan. Kepuasan pelanggan akan memberikan banyak keuntungan untuk perusahaan dan perkembangan bisnis. Oleh sebab itu kini kita mengenal istilah customer engagement. Customer engagement sendiri adalah tingkat kepedulian, perhatian, dan partisipasi pelanggan terhadap suatu brand, produk, atau layanan. Mengapa customer engagement itu penting?

Tentunya hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Selain karena customer engagement bisa menciptakan loyalitas pelanggan terhadap brand, produk atau layanan yang kita jual, customer engagement juga mampu secara signifikan meningkatkan pernjualan. Pelanggan yang terikat dengan suatu brand atau produk pastinya cenderung lebih percaya dan ingin membeli produk tersebut dibanding mereka yang tidak terikat dengan produknya. Hal ini juga akan secara signifikan membantu peningkatan brand awareness di mana pengetahuan itu mamou membantu brand lebih terpromosikan.

Jadi, selain bisa menciptakan loyalitas pelanggan, meningkatkan penjualan, hingga menambah brand awareness, customer engagement juga bisa secara otomatis meningkatkan kualitas produk dan layanan di mata pelanggan secara keseluruhan. Pelanggan yang sudah terikat dengan suatu produk pastinya lebih mampu memberikan masukan yang membangun untuk kemajuan perusahaan. Hal ini pastinya sangat menguntungkan bagi perusahaan untuk melebarkan bisnis dan perusahaannya menjadi lebih baik.

Nah, pada artikel ini kamu akan mempelajari taktik jitu atau cara untuk meningkatkan customer engagement yang menarik dan cocok diterapkan di era digital. Setelah mengetahui beberapa manfaat yang diberikan customer engagement, pastinya kamu penasaran dengan penerapannya untuk kebaikan bisnis dan perusahaanmu, bukan? Setelah ini kamu akan menyimak beberapa caranya. Jadi, buat kamu yang penasaran, jangan lewatkan artikelnya, ya!

6 Cara Tingkatkan Customer Engagement

Pelanggan yang terlibat dengan suatu brand atau produk cenderung merasa lebih puas dengan pengalaman mereka, yang dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan. Kepuasan pelanggan ini menjadi satu tujuan penting yang berusaha dicapai penjual, pebisnis, dan perusahan terhadap pengguna jasa dan produknya. Untuk mencapai kepuasan pelanggan, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

  • Menciptakan konten yang berkualitas dan menarik

Satu cara yang wajib dilakukan untuk meningkatkan engagement dari pelanggan adalah dengan menyajikan konten berkualitas dan menarik. Era digital ini memungkinkan pelanggan untuk melihat produk dan layanan kita dengan mudah lewat internet. Peran kreativitas kita dalam menarik perhatian mereka juga harus lebih besar lagi.

Membuat konten yang berkualitas dan menarik adalah salah satu cara paling efektif untuk menarik perhatian mereka. Tambahkan ciri khas brand yang kamu miliki di dalam konten agar brand awareness terjadi. Untuk menciptakan konten bisa dilakukan dengan menciptakan blog, video, atau konten media sosial yang informatif, namun menyenangkan.

  • Mengadakan kontes atau giveaway

Hal lain yang bisa dicoba untuk meningkatkan customer engagement adalah dengan mengadakan kontes atau giveaway. Cara ini ampuh untuk menarik lebih banyak pelanggan dengan modal yang sebenarnya tidak banyak. Selain menguntungkan mereka karena bisa mendapatkan hadiah, kamu selaku pebisnis juga bisa menyiapkan hadiah yang juga menguntungkan perusahaan seperti misalnya voucher untuk membeli produk atau layanan kamu sehingga mereka juga bisa mendapat kesempatan untuk merasakan kehebatan produkmu.

Menyelenggarakan kontes atau giveaway dapat meningkatkan customer engagement dengan menciptakan kesempatan bagi pelanggan untuk berpartisipasi dan memenangkan hadiah, sekaligus menjadi kesempatan untuk perusahaanmu menarik lebih banyak audiens yang berpartisipasi. Jangan lupa masukkan juga syarat dan ketentuan yang bisa menguntungkan engagement seperti misalnya like dan share kontes tersebut di media sosial yang nantinya juga membantu penyebaran brand awareness.

  • Melakukan survey kepada pelanggan

Nah, cara ketiga yang tidak kalah penting dari hal-hal di atas adalah melakukan survey kepada pelanggan. Pelanggan sangat menyukai pelayanan yang baik mulai dari customer service yang ramah, hingga admin yang mampu menjawab pertanyaan dan masalah pelanggan dengan cepat dan ramah. Survei adalah suatu cara yang efektif untuk mengumpulkan umpan balik dari pelanggan mengenai pengalaman mereka dengan suatu brand, produk, atau layanan.

Namun, hal ini bukan cuma menguntungkan perusahaan, ini juga bisa menjadi salah satu kesempatan pelanggan mengungkapkan keluhan dan komplain mereka demi kesempurnaan kepuasan mereka. Oleh sebab itu tidak aneh jika survei bisa menjadi salah satu cara yang dianggap ampuh meningkatkan customer engagement dengan memberikan rasa perhatian yang baik kepada pelanggan.

  • Menciptakan hubungan yang personal

Jika beberapa hal di atas sudah dilakukan, kamu perlu melengkapinya dengan cara menciptakan hubungan yang personal dengan pelanggan. Pelanggan lebih berpotensi merasakan ketertikatan jika memiliki perasaan yang terhubung dengan perushaaan sehingga membangun hubungan yang personal dengan pelanggan dapat meningkatkan customer engagement.

Melalui media sosial, kamu bisa mengikis jarak di antara pelanggan dan perusahaan dengan cara menjawab setiat direct message yang masuk tanpa menggunakan bot. Hal kecil ini bisa menciptakan rasa percaya dan kepuasan yang lebih tinggi karena pelanggan merasa diprioritaskan.

  • Mengadakan acara atau kegiatan

Nah, selain keempat hal di atas, satu hal yang bisa kamu lakukan lagi adalah dengan cara menyelenggarakan acara atau kegiatan, baik secara online maupun offline. Hal ini dianggap mampu meningkatkan customer engagement karena menciptakan kesempatan bagi pelanggan untuk bertemu dan berinteraksi dengan perusahaan atau produk yang kamu tawarkan.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa kamu ketahui tentang cara-cara meningkatkan customer engagement. Beberapa di antaranya bisa kamu terapkan langsung ke perusahaanmu untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar dan tidak kamu duga. Untuk membantu telesurvey-mu, kamu bisa mengandalkan Ivosights selaku perusahaan berbasis digital yang selalu mengedepankan kepuasan pelanggan! Jangan ragu untuk bertanya, hubungi Ivosights sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami