Intip 5 Tools Yang Digunakan Data Crawler!

Ripple10


Penulis : Administrator - Rabu, 01 Februari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Data crawling. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Data crawling. Shutterstock.

"Data crawling adalah proses automatis untuk mengumpulkan dan mengindeks data dari berbagai sumber seperti situs web, database, atau dokumen."

Data crawling adalah proses automatis untuk mengumpulkan dan mengindeks data dari berbagai sumber seperti situs web, database, atau dokumen. Proses ini menggunakan software atau aplikasi khusus yang disebut "crawler" untuk mengakses sumber data dan mengambil informasi yang dibutuhkan. Data yang dikumpulkan melalui crawling kemudian dapat diproses dan digunakan untuk berbagai tujuan, seperti analisis data, penelitian, atau pengembangan sistem informasi.

Untuk melakukan data crawling dibutuhkan beberapa tools yang bisa membantu data crawler. Artikel ini akan mengupas tools yang digunakan para data crawler. Simak terus artikelnya sampai selesai, ya!

5 Tools yang Digunakan Data Crawler

Berikut adalah beberapa tools yang bisa digunakan untuk melakukan data crawling:

  • Parsehub

Parsehub adalah tool web scraping yang memungkinkan Anda untuk mengumpulkan data dari situs web tanpa harus menulis kode. Parsehub menyediakan antarmuka visual untuk membantu Anda menentukan bagian halaman web yang ingin Anda ekstrak dan bagaimana data tersebut akan diproses. Parsehub juga menyediakan fitur-fitur seperti pembuatan template scraping, pemrosesan data secara paralel, dan pengaturan jadwal scraping. Parsehub dapat digunakan untuk berbagai tujuan seperti memperoleh data produk, mengumpulkan data harga, dan memproses data web untuk keperluan lain.

Baca Juga: Pentingnya Data Scientist Bagi Perusahaan

  • Beautiful Soup

Beautiful Soup adalah library Python yang digunakan untuk memproses dan mengekstrak data dari halaman web. Beautiful Soup memungkinkan Anda untuk memetakan struktur halaman web dan mengambil bagian-bagian tertentu seperti tag HTML, atribut, dan isi teks. Beautiful Soup juga bisa membantu mengatasi masalah seperti encoding salah, tag HTML tidak benar diformat, dan masalah lain yang sering terjadi pada data web. Beautiful Soup sangat berguna untuk tugas-tugas seperti web scraping, data crawling, dan memproses data web untuk keperluan lain.

  • Selenium

Selenium adalah framework open source untuk automasi tes aplikasi web. Selenium memungkinkan Anda untuk menguji interaksi antara pengguna dan aplikasi web seperti memasukkan data, mengklik tombol, dan melakukan tindakan lain yang biasa dilakukan oleh pengguna. Selenium menyediakan API untuk berbagai bahasa pemrograman seperti Java, Python, C#, dan lain-lain, sehingga Anda dapat menulis tes dalam bahasa pemrograman yang Anda sukai. Selenium juga dapat digunakan untuk melakukan data crawling dengan memulai sesi browsing dan mengambil data dari halaman web yang dikunjungi.

  • Octoparse

Octoparse adalah tool web scraping yang memungkinkan Anda untuk mengumpulkan data dari situs web tanpa harus menulis kode. Octoparse menyediakan antarmuka visual untuk membantu Anda menentukan bagian halaman web yang ingin Anda ekstrak dan bagaimana data tersebut akan diproses. Octoparse juga menyediakan fitur-fitur seperti pembuatan template scraping, pemrosesan data secara paralel, dan pengaturan jadwal scraping. Octoparse dapat digunakan untuk berbagai tujuan seperti memperoleh data produk, mengumpulkan data harga, dan memproses data web untuk keperluan lain.

  • Ripple10

Ripple10 adalah platform monitoring percakapan digital dari beragam sumber, diantaranya media sosial, blog dan forum, news portal, serta printed media dan televisi. Sebagai platform intelegensi digital, Ripple10 bisa membantu industrimu memenangkan kompetisi secara digital sebab Ripple10 bisa mengetahui sentimen netizen terhadap brand, mengetahui aktivitas digital kompetitor, mengetahui topik perbincangan netizen mengenai brand, hingga menjaga reputasi brand dari isu negatif yang berpotensi viral!

Didukung dengan fitur monitoring yang berguna, serta data strategis yang bisa memberikanmu rekomendasi langkah terbaik untuk mengembangkan bisnismu, Ivosights siap membantu! Segera hubungi Ivosights dan rasakan kemajuan pesat pada bisnismu melalui digital monitoring report terbaik!

Baca Juga: Sistem Kerja Sentiment Analysis dalam Mengambil Data

Dapatkan Aplikasi Data Crawling Terbaik di Ivosights!

Saat ini kamu bisa mendapatkan jasa dan layanan analisis data yang komprehensif untuk data report bisnis dan sosial media. Seperti halnya di Ivosights, kami menyajikan jasa comprehensive analytics untuk data yang mudah dipahami, serta rekomendasi strategi yang tepat demi bisnismu dengan bantuan deep analysis dari data analyst.

Ivosights comprehensive analytics hadir sebagai layanan yang dapat memudahkan kamu mengelola big data sekaligus menganalisisnya. Sebagai platform intelegensi digital, Ripple10 bisa membantu industrimu memenangkan kompetisi secara digital sebab Ripple10 bisa mengetahui sentimen netizen terhadap brand, mengetahui aktivitas digital kompetitor, mengetahui topik perbincangan netizen mengenai brand, hingga menjaga reputasi brand dari isu negatif yang berpotensi viral!

Didukung dengan fitur monitoring yang berguna, serta data strategis yang bisa memberikanmu rekomendasi langkah terbaik untuk mengembangkan bisnismu, Ivosights siap membantu! Segera hubungi Ivosights dan rasakan kemajuan pesat pada bisnismu melalui digital monitoring report terbaik!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami