Pentingnya Data Scientist Bagi Perusahaan

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Senin, 26 September 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Data scientist. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Data scientist. Shutterstock.

"Data scientist, suatu proses mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data yang berguna memprediksi perilaku pelanggan & mengidentifikasi peluang baru."

Data scientist terus berkembang sebagai salah satu jalur karir yang paling menjanjikan dan diminati oleh para profesional yang terampil. Saat ini, para profesional data yang sukses memahami bahwa mereka harus melampaui keterampilan tradisional dalam menganalisis sejumlah besar data, penambangan data, dan keterampilan pemrograman.

Untuk mengungkap kecerdasan yang berguna bagi organisasi mereka, ilmuwan data harus menguasai spektrum penuh dari siklus hidup data scientist dan memiliki tingkat fleksibilitas dan pemahaman untuk memaksimalkan pengembalian pada setiap fase proses.

Pengetian Data Scientist

Seorang data scientist adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data dalam jumlah yang sangat besar. Peran data scientist adalah cabang dari beberapa peran teknis tradisional, termasuk matematikawan, ilmuwan, ahli statistik, dan profesional komputer. Pekerjaan ini memerlukan penggunaan teknologi analitik canggih, termasuk pembelajaran mesin dan pemodelan prediktif.

Seorang data scientist membutuhkan sejumlah besar data untuk mengembangkan hipotesis, membuat kesimpulan, dan menganalisis tren pelanggan dan pasar. Tanggung jawab dasar termasuk mengumpulkan dan menganalisis data, menggunakan berbagai jenis alat analitik dan pelaporan untuk mendeteksi pola, tren, dan hubungan dalam kumpulan data.

Dalam bisnis, data scientist biasanya bekerja dalam tim untuk menambang data besar untuk informasi yang dapat digunakan untuk memprediksi perilaku pelanggan dan mengidentifikasi peluang pendapatan baru. Di banyak organisasi, data scientist juga bertanggung jawab untuk menetapkan praktik terbaik untuk mengumpulkan data, menggunakan alat analisis, dan menafsirkan data.

Permintaan akan keterampilandata scientist telah tumbuh secara signifikan selama bertahun-tahun, karena perusahaan berupaya mengumpulkan informasi yang berguna dari data besar, sejumlah besar data terstruktur, tidak terstruktur, dan semi-terstruktur yang dihasilkan dan dikumpulkan oleh perusahaan besar atau internet.

Pentingnya Data Scientist

Data scientist adalah praktik yang sangat interdisipliner yang melibatkan cakupan informasi yang luas dan biasanya lebih mempertimbangkan gambaran besar daripada bidang analitik lainnya. Dalam bisnis, tujuan data scientist adalah untuk memberikan intelijen tentang konsumen dan kampanye serta membantu perusahaan membuat rencana yang kuat untuk melibatkan audiens mereka dan menjual produk mereka.

Ilmuwan data harus mengandalkan wawasan kreatif menggunakan data besar, sejumlah besar informasi yang dikumpulkan melalui berbagai proses pengumpulan, seperti penambangan data.

Pada tingkat yang lebih mendasar, analitik data besar dapat membantu merek memahami pelanggan yang pada akhirnya membantu menentukan keberhasilan bisnis atau inisiatif jangka panjang. Selain menargetkan audiens yang tepat, data scientist dapat digunakan untuk membantu perusahaan mengontrol cerita tentang merek mereka.

Karena big data adalah bidang yang berkembang pesat, selalu ada alat baru yang tersedia, dan alat tersebut membutuhkan ahli yang dapat dengan cepat mempelajari aplikasi mereka. Ilmuwan data dapat membantu perusahaan membuat rencana bisnis untuk mencapai tujuan berdasarkan penelitian dan bukan hanya intuisi.

Data scientist memainkan peran yang sangat penting dalam keamanan dan deteksi penipuan, karena sejumlah besar informasi memungkinkan untuk menelusuri untuk menemukan sedikit penyimpangan dalam data yang dapat mengekspos kelemahan dalam sistem keamanan.

Data scientist adalah kekuatan pendorong antara pengalaman pengguna yang sangat terspesialisasi yang dibuat melalui personalisasi dan penyesuaian. Analisis tersebut dapat digunakan untuk membuat pelanggan merasa dilihat dan dipahami oleh sebuah perusahaan.

Kesimpulan

Data scientist dapat menambah nilai bagi bisnis apa pun yang dapat menggunakan datanya dengan baik. Dari statistik dan wawasan di seluruh alur kerja dan perekrutan kandidat baru, hingga membantu staf senior membuat keputusan yang lebih tepat, data scientist sangat berharga bagi perusahaan mana pun di industri apa pun.

Nah maka dari itu, Ivosights sebagai perusahaan CRM dalam mengelola data yang komprehensif. Anda bisa menggunakan produk dari kami yaitu comperhensive analytics yang pastinya dapat membantu Anda dalam mengelola data dengan baik dan mutakhir.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami