Kenali Perbedaan Customer service dengan Customer experience!

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 27 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer experience. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer experience. Shutterstock.

"Customer service dan customer experience, keduanya sama-sama berorientasi kepada pelanggan"

Meski terdengar sama, customer service dan customer experience adalah kedua hal yang berbeda, lho! Keduanya sama-sama berorientasi kepada customer alias pelanggan. Mengapa demikian? Sebab istilah ini bermaksud memberikan fokus yang lebih berat pada pelanggan itu sendiri. Melalui kedua istilah ini, customer dikenal sebagai unsur terpenting suatu perusahaan. Pelanggan dianggap penting karena kehadiran mereka membantu bisnis berjalan dan terus berkembang. Oleh karena itu istilah ini kemudian dimunculkan!

Customer service dan customer experience adalah dua hal berbeda yang sangat penting untuk perhatikan. Keduanya memegang peran yang sama-sama penting untuk perusahaan. Customer service sangat penting karena dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan dan loyalitas mereka terhadap perusahaan. Selain untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, customer service juga bisa mencegah keluhan pelanggan dan sekaligus meningkatkan reputasi perusahaan.

Customer experience memiliki fokus lain yang harus kamu perhatikan juga. Apakah perbedaan tersebut? Simak terus artikelnya sampai selesai, ya! Pada artikel ini kamu akan mengetahui perbedaannya mulai dari pengertian hingga perannya!

Pengertian Customer Service dan Customer Experience

Customer service adalah layanan yang diberikan kepada pelanggan untuk membantu menjawab pertanyaan, menangani keluhan, atau membantu pelanggan dalam menggunakan produk atau layanan perusahaan. Customer service biasanya terfokus pada layanan yang diberikan kepada pelanggan saat mereka membutuhkan bantuan dengan produk atau layanan yang telah dibeli.

Sementara itu, customer experience adalah seluruh pengalaman yang dialami pelanggan selama berinteraksi dengan perusahaan, mulai dari pertama kali terlibat dengan perusahaan hingga setelah transaksi terjadi. Customer experience meliputi seluruh aspek interaksi pelanggan dengan perusahaan, termasuk layanan pelanggan, desain produk atau layanan, kemudahan pembelian, dan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

Fungsi Customer Service dan Customer Experience

Fungsi customer service adalah memberikan layanan kepada pelanggan untuk membantu menjawab pertanyaan, menangani keluhan, atau membantu pelanggan dalam menggunakan produk atau layanan perusahaan. Customer service biasanya terfokus pada layanan yang diberikan kepada pelanggan saat mereka membutuhkan bantuan dengan produk atau layanan yang telah dibeli.

Sementara itu, fungsi customer experience adalah memastikan bahwa pelanggan mendapatkan pengalaman yang positif selama berinteraksi dengan perusahaan, mulai dari pertama kali terlibat dengan perusahaan hingga setelah transaksi terjadi. Customer experience meliputi seluruh aspek interaksi pelanggan dengan perusahaan, termasuk layanan pelanggan, desain produk atau layanan, kemudahan pembelian, dan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

Apakah Hubungan antara Customer Service dengan Customer Experience?

Nah, meskipun kedua hal ini adalah hal yang berbeda. Akan tetapi mereka memiliki keterkaitan satu sama lain. Customer service dan customer experience saling terkait dan memiliki hubungan yang erat. Customer service adalah bagian dari customer experience, tetapi customer experience lebih luas dan meliputi seluruh pengalaman pelanggan dengan perusahaan, bukan hanya saat membutuhkan bantuan dengan produk atau layanan yang telah dibeli.

Customer service merupakan salah satu aspek yang mempengaruhi customer experience, tetapi tidak satu-satunya. Customer experience juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, seperti desain produk atau layanan, kemudahan pembelian, dan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

Oleh karena itu, perusahaan harus memperhatikan kedua aspek ini secara seimbang untuk dapat memberikan pengalaman yang baik kepada pelanggan. Dengan menjaga customer service dan customer experience yang baik, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, loyalitas mereka terhadap perusahaan, dan keputusan pembelian mereka di masa mendatang.

Dapatkan Customer Experience Terbaik Lewat Customer Service!

Nah, itu dia beberapa perbedaan dari customer service dan juga customer experience yang perlu kamu ketahui. Dari sini kamu bisa melihat bahwa kedua hal ini memiliki hubungan yang jelas. Customer experience sangat penting dijaga karena dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan, loyalitas mereka terhadap perusahaan, dan keputusan pembelian mereka di masa mendatang.

Jadi, customer service merupakan bagian dari customer experience, tetapi customer experience lebih luas dan meliputi seluruh pengalaman pelanggan dengan perusahaan, bukan hanya saat membutuhkan bantuan dengan produk atau layanan yang telah dibeli.

Kedua hal ini memiliki perannya masing-masing dan bisa dimaksimalkan oleh setiap perusahaan. Tapi kita perlu tahu apa perbedaan diantara keduanya, agar kedepannya dapat memaksimalkan layanan dan pengalaman pelanggan. Salah satu pemerolehan customer experience bisa direalisasikan melalui customer service!

BPO Contact Center dapat membantu bisnis kamu memberikan Customer service dan Customer experience yang baik kepada pelanggan. Untuk contact center, kamu bisa andalkan Ivosights! Ivosights menyediakan layanan digital contact center yang terhubung langsung dengan platform customer relationship management Sociomile yang dilengkapi 12 kanal lebih dalam satu dasbor. Sociomile juga menawarkan staf berkompetensi yang dilatih dengan appraisal motivation yang tentunya penting dimiliki oleh seorang operator dan agen telesales.

Tunggu apalagi? Cek situs resmi Ivosights atau kunjungi Instagram Ivosights sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami