Fungsi dan Manfaat Customer Segmentation Bagi Perusahaan

Sociomation


Penulis : Administrator - Rabu, 17 Mei 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer segmentation. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer segmentation. Shutterstock

"Customer segmentation adalah proses membagi pelanggan perusahaan menjadi kelompok-kelompok yang memiliki karakteristik dan kebutuhan yang serupa"

Customer segmentation atau segmentasi pelanggan adalah strategi penting dalam pemasaran yang membantu perusahaan memahami dan mengelola pelanggan mereka dengan lebih efektif. Dengan membagi pelanggan menjadi kelompok-kelompok berdasarkan karakteristik dan perilaku mereka, customer segmentation memungkinkan perusahaan untuk menyediakan pengalaman yang lebih personal dan relevan kepada setiap segmen. Customer segmentation memiliki fungsi dan manfaat yang signifikan bagi perkembangan bisnis perusahaan. Berikut informasi mengenai fungsi dan manfaat dari customer segmentation.

Pengertian Customer Segmentation

Customer segmentation adalah proses membagi pelanggan perusahaan menjadi kelompok-kelompok yang memiliki karakteristik dan kebutuhan yang serupa. Tujuan dari customer segmentation ini yaitu untuk menganalisis pelanggan secara mendalam agar perusahaan dapat mengenidentifikasi kelompok pelanggan berdasarkan kebutuhan, preferensi, dan perilaku pembelian yang linear. Perusahaan pun nantinya mampu mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan tepat sasaran untuk setiap kelompok pelanggan. 

Customer segmentation melibatkan analisis data dan informasi yang tersedia tentang pelanggan, seperti data demografis, psikografis, perilaku pembelian, atau informasi lainnya yang relevan. Dengan menggunakan metode segmentasi yang tepat, perusahaan dapat mengidentifikasi kelompok pelanggan yang paling berharga atau potensial untuk diprioritaskan dalam upaya pemasaran dan pengembangan produk.

Dalam customer data segmentation, terdapat beberapa jenis pengelompokakan berdasarkan preferensi dan kebutuhan pelanggan, seperti segmentasi demografis, segmentasi gaya hidup, segmentasi manfaat, segmentasi pelanggan baru, dan segmentasi pelanggan tetap. Dalam menentukan segmentasi ini juga melalui beberapa metode pendekatan agar efisiensi dan keakuratan segmentasinya semakin maksimal. Metode ini menggunakan pendekatan berdasarkan priori, pendekatan berdasarkan nilai, dan pendekatan berdasarkan kebutuhan

Baca Juga: Customer Data Segmentation Menjadi Cara untuk Pengelompokkan Pelanggan

Fungsi Customer Segmentation

Berikut fungsi dari customer segmentation yang perlu Anda ketahui: 

  • Menetapkan harga

Dengan adanya customer segmentation, Anda dapat menentukan harga produk yang sesuai dengan preferensi dan kondisi dari pelanggan. Penentuan harga produk ini nantinya akan dapat diterima oleh pelanggan karena telah menyesuaikan dengan daya beli dari pelanggan untuk menggunakan produk perusahaan. Anda harus memastikan bahwa harga yang ditetapkan telah berdasarkan profil dari customer segmentation. Tujuannya agar pelanggan mampu merasakan manfaat nyata dari produk tanpa ada rasa setengah hati karena pengeluaran mereka telah sesuai dengan apa yang mereka mau.

  • Strategi bersaing

Agar perusahaan dapat semakin bersaing dengan kompetitor yang mereka memiliki, menerapkan customer segmentation dapat menjadi opsi yang tepat. Apalagi bagi perusahaan kecil yang baru merintis bisnisnya. Anda dapat menargetkan segmen pasar secara spesifik untuk dapat bersaing dengan kompetitor secara mudah. Carilan segmen yang belum pernah ditargetkan oleh kompetitor sehingga membuka peluang perusahaan Anda mendapatkan pelanggan. Perusahaan pun akan menguasai segmen yang kecil tersebut serta menjadi awal dalam pengembangan perusahaan untuk dapat dikenal oleh masyarakat.

  • Meningkatkan penjualan

Segmentasi pelanggan tentu memiliki fungsi dalam meningkatkan penjualan produk. Karena dengan adanya segmen ini perusahaan dapat menjawab kebutuhan konsumen secara tepat. Agar perusahaan dapat semakin memahami preferensi pelanggan dan memberikan solusi terbaik, Anda dapat menentukan melalui analisis yang mendalam mengenai pola konsumen dalam membeli produk. Perhatikan pula demografis untuk mencari tahu jenis pelanggan apa yang biasanya sering membeli produk yang perusahaan tawarkan. Setelah itu, Anda dapat memperkirakan bagaimana target pasar yang tepat untuk produkmu sehinga mampu memberikan pelanggan kebutuhan yang sesuai.

  • Meningkatkan loyalitas pelanggan

Fungsi yang terakhir dari customer segmentation adalah mampu membangun hubungan dengan pelanggan sehingga menciptakan loyalitas pelanggan bagi perusahaan. Konsumen yang puas dengan kualitas dan pelayanan dari produk dan jasa yang perusahaan berikan tak akan segan untuk membeli kembali produk tersebut dalam jangka waktu yang panjang. Mereka akan menjadi pelanggan setia dan tidak akan berpaling ke kompetitor meskipun mendapatkan penawaran yang lebih menarik. Oleh sebab itu mengenali konsumen berdasarkan segmen pelanggannya sangatlah penting bagi perusahaan untuk menjaga loyalitas mereka.

Manfaat Customer Segmentation

Selain memberikan fungsi yang signifikan bagi perkembangan perusahaan, customer segmentation juga memiliki manfaat yang membawa keuntungan besar. Berikut manfaat dari customer segmentation yang perlu Anda ketahui: 

  • Dapat meningkatkan retensi pelanggan

Dengan melakukan customer segmentation, perusahaan akan mampu memetakan pelanggan sesai kebutuhan dan preferensi pelanggan. Hal ini akan memudahkan perusahaan untuk menargetkan pelanggan secara spesifik sehingga mampu meningkatkan retensi secara maksimal.

  • Mengetahui kebutuhan pelanggan

Perusahaan dapat mengelompokkan pelanggan dengan jelas dan mengetahui apa saja yang menjadi dasar kebutuhan mereka dari suatu produk. Melalui preferensi ini, perusahaan dapat membuat strategi yang akurat untuk memberikan produk sesuai kebutuhan pelanggan

  • Mengenali pelanggan

Adanya customer segmentation mampu membantu perusahaan dalam mengenali pelanggan secara personal. Perusahaan akan tahu apa yang pelanggan inginkan bukan hanya dari kebutuhannya saja, tetapi perusahan dapat mengenal pelanggan melalui apa yang mereka inginkan, harga yang sesuai dengan kondisi keuangan mereka, dan lain-lain. Perusahaan pun dapat menyesuaikan hal tersebut agar pelanggan dapat lebih setia kepada produk dan jasa yang perusahaan tawarkan.

  • Menciptakan target market yang sesuai

Manfaat yang keempat dari customer segmentation ini adalah dapat membuat target market yang sesuai. Setelah melakukan segmentasi data dan memahami data pelanggan. Perusahaan nantinya akan menemukan laporan mengenai segmentasi ini dan dapat menentukan strategi yang sesuai berdasarkan hasil segmentasi pelanggan.

Baca Juga: Kenali Customer Segmentation

Segmentasikan Pelanggan Anda dengan Bantuan Sociomation dari Ivosights

Sociomation dari Ivosights adalah platform yang dapat membantu perusahaan dalam mengelompokkan pelanggan mereka dengan lebih efektif. Dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan dan analisis data yang canggih, Sociomation memungkinkan perusahaan untuk melakukan segmentasi pelanggan yang lebih akurat dan terperinci. 

Melalui Sociomation, perusahaan dapat mengumpulkan dan menganalisis berbagai data pelanggan serta melakukan segmentasi pelanggan berdasarkan berbagai kriteria yang relevan, seperti usia, jenis kelamin, tingkat pengeluaran, preferensi produk, dan banyak lagi.

Selain itu, sociomation juga dapat melakukan reach terhadap pelanggan lama melalui re-engage database pelanggan sehingga dapat meningkatkan prospek peningkatan potensi penjualan melalui platform ini. Segera hubungi Ivosights untuk mengetahui fitur menarik lainnya dari Sociomation!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami