6 Alasan Bisnis Wajib Prioritaskan Customer Satisfaction

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 02 Agustus 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer Satisfaction.
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer Satisfaction.

"Customer satisfaction datang dari pelayanan bisnis yang komplet dan efektif. Pelayanan ini dapat mengubah pandangan pelanggan terhadap sebuah bisnis."

Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, customer satisfaction menjadi salah satu faktor penentu utama keberhasilan sebuah perusahaan. Customer satisfaction tidak hanya sekedar menjadi tujuan akhir dari layanan pelanggan, tetapi juga merupakan kunci untuk mempertahankan loyalitas pelanggan dan meningkatkan citra perusahaan. Pelayanan bisnis yang komplet dan efektif memainkan peran krusial dalam mencapai kepuasan pelanggan. Ketika pelanggan merasa puas dengan pengalaman mereka, pandangan mereka terhadap bisnis secara keseluruhan berubah menjadi lebih positif. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi enam alasan mengapa bisnis harus memprioritaskan customer satisfaction dan bagaimana pelayanan yang baik dapat mengubah persepsi pelanggan terhadap bisnis.

Apa itu Customer Satisfaction?

Keberhasilan dalam menjaga customer satisfaction, atau dikenal juga dengan istilah customer satisfaction, memiliki peran yang sangat krusial dalam konteks operasional bisnis, sebagaimana halnya dengan upaya retensi pelanggan dan peningkatan frekuensi pembelian produk. Ketika retensi pelanggan menitikberatkan pada langkah-langkah untuk mempertahankan loyalitas pelanggan yang sudah ada, customer satisfaction lebih menekankan pada kesan yang terbentuk setelah pelanggan mengalami produk atau layanan dari perusahaan. Customer satisfaction dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti produk dan layanan yang ditawarkan, pengalaman ketika mengonsumsi produk, hingga servis yang diberikan perusahaan secara keseluruhan.

Alasan Customer Satisfaction Penting bagi Bisnis

Berikut enam alasan mengapa bisnis harus memprioritaskan customer satisfaction dan bagaimana pelayanan yang baik dapat mengubah persepsi pelanggan terhadap bisnis:

  • Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Customer satisfaction yang tinggi cenderung meningkatkan loyalitas. Pelanggan yang puas lebih mungkin untuk kembali menggunakan produk atau layanan bisnis tersebut dan tidak berpaling ke pesaing. Ini karena mereka merasa dihargai dan mendapatkan nilai dari interaksi mereka dengan bisnis​. 

  • Meningkatkan Reputasi dan Citra Bisnis

Pelanggan yang puas sering kali berbagi pengalaman positif mereka dengan orang lain, baik melalui rekomendasi pribadi maupun ulasan online. Reputasi yang baik dan citra positif di pasar dapat meningkatkan customer satisfaction dan menarik pelanggan baru dan memperkuat posisi bisnis di industri​.

  • Mengurangi Biaya Pemasaran dan Akuisisi Pelanggan

Mempertahankan pelanggan yang sudah ada jauh lebih murah daripada menarik pelanggan baru. Customer satisfaction membantu mengurangi churn rate, sehingga bisnis dapat menghemat biaya yang dikeluarkan untuk kampanye pemasaran dan promosi yang intensif​.

Baca Juga: Tips Melakukan Customer Satisfaction Survey yang Tepat 

  • Meningkatkan Penjualan dan Pendapatan

Customer satisfaction cenderung melakukan pembelian ulang dan sering kali melakukan pembelian lebih besar. Mereka juga lebih terbuka terhadap upselling dan cross-selling, yang secara langsung berdampak positif pada pendapatan bisnis​.

  • Membangun Hubungan Jangka Panjang

Customer satisfaction yang tinggi membantu membangun hubungan jangka panjang yang solid antara pelanggan dan bisnis. Hubungan yang kuat ini tidak hanya meningkatkan retensi pelanggan tetapi juga memungkinkan bisnis untuk mendapatkan feedback yang berharga untuk perbaikan dan inovasi produk atau layanan​ (TTEC)​.

  • Menjadikan Bisnis Lebih Kompetitif

Di pasar yang sangat kompetitif, customer satisfaction bisa menjadi pembeda utama. Bisnis yang mampu memberikan pelayanan yang luar biasa dan kepuasan pelanggan yang tinggi dapat menonjol di antara pesaingnya, menarik lebih banyak pelanggan, dan membangun basis pelanggan yang setia​.

Ingin Capai Customer Satisfaction? CRM Omnichannel dari Ivosights solusinya!

Sociomile merupakan suatu platform CRM Omnichannel berbentuk contact center yang memadukan berbagai jenis kanal digital dalam 1 dasbor dan didukung oleh salah satu teknologi berbasis artificial intelligence (AI), yaitu Sociobot. Tak hanya memudahkan karyawan untuk dapat mengakses contact center secara efisien, platform tersebut merupakan solusi bagi perusahaan untuk menciptakan interaksi dan hubungan positif dengan pelanggan. Dengan menggunakan CRM Omnichannel, pelanggan akan merasakan kepuasan atau dinamakan customer satisfaction. Tunggu apalagi? Hubungi Ivosights untuk langkah menuju bisnis dengan operasional yang efisien!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami