Customer experience map merupakan salah satu bentuk dari Customer experience, yaitu pengalaman konsumen saat akan atau melakukan transaksi bisnis.

Customer experience map adalah sebuah alat visual yang digunakan untuk menggambarkan dan menganalisis pengalaman pelanggan saat menggunakan produk atau layanan perusahaan.

Lalu, bagaimana para pelaku bisnis membuat pelanggan merasa nyaman bertransaksi di sana? Lebih tepatnya, apa strategi bisnis untuk meningkatkan customer experience map Untuk mengetahui lebih lanjut, artikel di bawah ini.

Perbedaan Customer Experience dan Customer Experience Map?

Customer Experience

Customer experience adalah pengalaman konsumen saat akan atau melakukan transaksi bisnis. Mereka biasanya akan menanggapi pengalaman mereka dengan hal-hal seperti mengomentari media sosial atau memberi bintang lima pada produk.

Dari pengalaman ini, kami akan menceritakan kepada publik, teman dekat, atau siapa pun bagaimana konsumen memproses transaksi. Mereka bisa bercerita saat pertama kali mencoba aplikasi penjualan. Jika itu terjadi secara offline, mereka akan memberi tahu bagaimana layanan penjual kepada mereka.

Customer Experience Map

Customer experience map adalah sebuah alat visual yang digunakan untuk menggambarkan dan menganalisis pengalaman pelanggan saat menggunakan produk atau layanan perusahaan. Customer experience map biasanya berupa diagram atau peta yang menunjukkan tahapan-tahapan yang dilalui pelanggan saat menggunakan produk atau layanan tersebut, termasuk interaksi yang terjadi antara pelanggan dan perusahaan.

Customer experience map dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi titik-titik kontak dengan pelanggan, mengukur tingkat kepuasan pelanggan, dan menentukan area-area yang perlu dioptimalkan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Customer experience map juga dapat digunakan untuk menganalisis kebutuhan pelanggan dan mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif.

Pembuatan customer experience map biasanya dimulai dengan mengidentifikasi tahapan-tahapan yang dilalui pelanggan saat menggunakan produk atau layanan perusahaan. Kemudian, perusahaan dapat mengumpulkan data tentang interaksi yang terjadi antara pelanggan dan perusahaan pada setiap tahap tersebut, termasuk feedback yang diberikan oleh pelanggan. Data tersebut kemudian diolah dan dianalisis untuk memperoleh gambaran yang lebih lengkap tentang pengalaman pelanggan dan menentukan area-area yang perlu dioptimalkan.

Manfaat Customer Experience Map untuk Kemajuan Bisnis

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh perusahaan dari pembuatan customer experience map, antara lain:

Menggunakan customer experience map ini dapat membantu perusahaan Anda dalam mengidentifikasi titik-titik kontak dengan pelanggan, sehingga perusahaan dapat mengelola interaksi dengan pelanggan dengan lebih baik.

Customer experience map ini juga dapat membantu perusahaan Anda dalam mengukur sejauh mana tingkat kepuasan pelanggan, sehingga perusahaan Anda dapat mengetahui apakah pelanggan merasa puas atau tidak dengan layanan yang diberikan.

Manfaat selanjutnya dari customer experience map ialah dapat membantu perusahaan dalam menentukan area-area yang perlu dioptimalkan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Customer experience map dapat membantu perusahaan dalam menganalisis kebutuhan pelanggan dan mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Dengan memperhatikan hasil analisis yang didapat dari customer experience map ini, nantinya perusahaan Anda dapat meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan dengan menyediakan layanan yang lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Meningkatnya tingkat kepuasan pelanggan dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan, sehingga pelanggan lebih cenderung untuk terus menggunakan produk atau layanan perusahaan.

Meningkatnya loyalitas pelanggan dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan penjualan, sehingga perusahaan dapat mencapai kemajuan bisnis yang lebih baik.

Kesimpulan

Customer experience map adalah alat yang digunakan untuk memahami bagaimana pelanggan Anda mengalami bisnis Anda, mulai dari pertama kali mengetahui tentang bisnis Anda hingga setelah mereka menggunakan produk atau layanan Anda. Ini membantu Anda mengidentifikasi titik-titik kontak dengan pelanggan Anda dan mengidentifikasi bagaimana Anda dapat memperbaiki pengalaman pelanggan Anda.

Meningkatkan customer experience map menjadi sangat penting untuk perusahaan dengan mengintegrasikan saluran channel hal ini bisa menjadi salah satu komunikasi yang efektif untuk pelanggan. Sociomile from Ivosight adalah aplikasi yang dapat diintegrasikan 13 multichannel. Hal ini bisa menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan customer experience map yang jauh lebih berarti.

Ivosights adalah perusahaan berbasis teknologi yang terus mengedepankan layanan contact center. Untuk layanan contact center, kami merekomendasikan Sociomile untuk bantu memajukan perusahaanmu di bidang layanan. Ayo gunakan Sociomile sekarang juga! Sociomile menyediakan jasa contact center terbaik yang akan membantu kamu menangani pertanyaan, keluhan hingga meningkatkan interaksi pelanggan secara efektif dan efisien.