3 Jenis Customer dan Karakteristik dalam Bisnis

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 11 Mei 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Customer. Shutterstock

"Customer adalah individu dari organisasi, kelompok, atau instansi tertentu yang membeli produk dan jasa dari bisnis perusahaan yang Anda pasarkan secara luas."

Setiap bisnis perusahaan memiliki pelanggan dengan karakteristik yang berbeda. Jenis-jenis dari setiap customer pun turut berbeda sehingga perusahaan harus mampu mengidentifikasi jenis dan karakterisik pelanggan dengan tepat. Tujuannya adalah agar perusahaan mampu mengenali pelanggan mereka dengan baik sehingga dapat memberikan pelayanan yang tepat. Hal ini akan membantu perusahaan untuk menjaga loyalitas pelanggan terhadap bisnis perusahaan. Pendapatan perusahaan pun dapat meningkat dan meraih keuntungan yang maksimal. Berikut informasi mengenai jenis customer dan karakterisiknya yang perlu kalian ketahui.

Pengertian Customer

Pelanggan atau customer adalah seorang individu baik itu dari organisasi, kelompok, atau instansi tertentu yang membeli, menggunakan, dan mencoba produk dan jasa dari bisnis perusahaan yang Anda pasarkan secara luas. Setiap bisnis perusahaan pasti ingin meningkatkan jumlah pelanggan mereka secara masif, karena dengan banyaknya customer, maka pendapatan perusahaan pun dapat meningkat.

Oleh sebab itu, customer menjadi titik tengah dari sebuah operasional bisnis. Karena tanpa pelanggan, sebuah perusahaan tidak akan dapat berjalan dengan semestinya dan mengalami kebangkrutan. Perusahaan pun dalam berlomba-lomba mencari pelanggan mulai memberikan pelayanan terbaik mereka serta meningkatkan kualitas produk agar pelanggan tetap loyal dengan produk keluaran perusahaan.

Baca Juga: Mengenal Konsep Customer Relationship Management

Dengan mengetahui jenis-jenis dari customer perusahaan Anda, perusahaan akan lebih mudah memberikan pelayanan yang tepat sesuai dengan jenis dan karakteristik mereka. Pelanggan akan merasa nyaman karena kepedulian perusahaan dalam mengenal mereka sehingga nantinya perusahaan akan mampu meningkatkan potensi kenaikan pendapatan.

Pelanggan yang puas dengan pelayanan pelanggan, pastinya akan mempromosikan produk dan jasa yang perusahaan jual kepada calon-calon pelanggan baru. Perusahaan pun dapat menurunkan biaya promosi karena promosi telah dibantu oleh pelanggan yang terpuaskan ini.

Jenis-Jenis Customer dalam Bisnis Perusahaan

Berikut jenis-jenis customer yang perlu Anda ketahui: 

  • Customer Internal

Pengertian dari customer internal adalah orang yang menggunakan dan membeli produk dan jasa bisnis perusahaan yang masih berada dalam lingkup perusahaan Anda. Mereka akan menjual produk tersebut kepada orang lain. Customer internal dapat berupa agen atau organisais yang bekerja sama dengan perusahaan untuk menjual kembali produk dan jasa, sehingga mereka dapat dikatakan sebagai bagian dari perusahaan.

Customer internal membutuhkan dukungan baik melalui sistem atau struktur kerja untuk mengoptimalkan pelanggan sebaik mungkin. Hal ini bertujuan agar ketika agen atau instansi meraih pemesanan yang banyak dari produk yang Anda jual, bisnis perusahaan pun dapat meraih keuntungan dari jumlah penjulaan yang agen lakukan.

  • Customer eksternal

pelanggan eksternal adalah seseorang yang membeli produk dan jasa untuk diri mereka sendiri. Hal ini berbeda dengan customer internal yang membeli produk untuk dijual kembali kepada orang lain. Perusahaan dalam menjaga kepuasan customer eksternal memiliki perbedaan dengan pelanggan internal. Perusahaan harus mampu memahami kebutuhan dan keinginan mereka, sehingga pelanggan dapat merasa terbantu oleh kesigapan perusahaan dalam melayani mereka. Perusahaan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan juga harus memperhatikan perilaku mereka agar bisa melakukan strategi yang tepat dalam mempromosikan produk sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

  • Customer antara

Customer antara adalah seorang atau sekelompok individu yang tidak menggunakan dan mencoba produk dan jasa bisnis yang perusahaan Anda jual. Mereka kurang lebih sama dengan customer internal, bedanya adalah customer antara tidak berasal dari dalam lingkup perusahaan.

Pelanggan antara bukanlah pelanggan yang menggunakan produk perusahaan, tetapi mereka membantu perusahaan dalam melakukan pendistribusian produk yang Anda jual. Contoh dari customer antara yaitu pedagang dan reseller.

Karakteristik Customer

Tiap customer yang Anda temui memiliki karakteristiknya masing-masing yang perlu Anda analisis lebih dalam lagi. Dengan menganalisa customer Anda nantinya dapat mengetahui strategi yang tepat dalam memberikan pelayanan bagi pelanggan. Berikut karakterisiknya yang perlu Anda ketahui:

  • Customer baru

Pelanggan baru merupakan orang yang baru menggunakan produk dan jasa yang perusahaan tawarkan. Mereka biasanya mendapat informasi mengenai produk bisnis dari pelanggan lain yang telah menggunakan produk Anda atau dari iklan yang telah dipromosikan melalui sosial media.

Karakter dari pelanggan ini biasanya banyak mengajukan pertanyaan terkait produk secara detail, mulai dari manfaat, cara pemakaian, hingga cara perawatan. Oleh sebab itu, staf yang sedang menghadapi pelanggan baru ini harus mampu menjelaskan produk secara rinci kepada customer sehingga mereka diwajibkan mempunyai product knowledge yang baik.

  • Customer potensial

Pelanggan potensial adalah orang yang berkemungkinan besar menggunakan produk dan jasa perusahaan karena tertarik dengan bisnis perusahaan Anda. Dalam menjelaskan produk kepada pelanggan, staf harus mampu menjelaskannya secara detail karena pelanggan tersebut berpotensi menjadi loyal terhadap produk perusahaan.

  • Customer impulsif

pelanggan yang membeli produk dan jasa Anda secara mendadak. Pelanggan yang meiliki karakteristik ini biasanya lebih mudah diyakinkan untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Karena mereka membutuhkan barang atau jasa tersebut secara cepat.

  • Customer hemat

Pelanggan hemat adalah pelanggan yang tertarik ketika ada promo yang berlangsung pada produk dan layanan bisnis. Misalnya potongan harga, beli 1 gratis 1, dan promo lainnya. Mereka biasanya menunggu promo diberlakukan pada produk yang mereka incar.

Baca Juga: Memilih Customer Service Platform yang Ideal untuk Brand Anda

  • Customer loyalitas

Pelanggan loyalitas adalah orang yang mengunakan produk atau jasa hanya pada satu brand saja. Karakteristik pelanggan ini biasanya didasari oleh kualitas produk dan pelayanan pelanggan yang baik sehingga mereka terus melakukan pembelian terhadap produk tersebut.

  • Customer yang berkembang

Pengertian dari pelanggan yang berkembang adalah proses seseorang menjadi calon pelanggan loyalitas. Mereka biasanya telah membeli produk dan jasa secara berkelanjutan dan turut menawarkannya kepada orang lain.

Tingkatkan Pelayanan Customer Anda dengan Sociomile

Setelah memahami mengenai jenis dan karakteristik dari pelanggan, kini saatnya bagi Anda untuk menerapkan strategi yang tepat untuk membangun loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda. salah satu yang dapat Anda terapkan adalah dengan menggunakan layanan Sociomile dari Ivosights

Sociomile adalah sistem contact center yang memiliki 13 kanal digital dan dapat dikelola melalui satu platform yang terintegrasi. Layanan ini juga dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan perusahaan sehingga mampu membantu perusahaan Anda dalam meningkatkan pelayanan pelanggan. Segera hubungi Ivosights sekarang juga untuk mendapatkan penawaran terbaik!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami