CRM Tools Berbasis AI: Langkah Awal Menuju Operasional Bisnis Efektif

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 23 April 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - CRM Tools. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - CRM Tools. Shutterstock.

"Otomatisasi operasional bisnis dapat dilakukan dengan menggunakan CRM tools berbasis AI. Simak ulasan berikut."

Pada masa perkembangan digital, ekonomi yang dinamis, serta kompetitor yang merajalela, perusahaan perlu memiliki cara untuk menjaga stabilitas bisnis. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memilih CRM tools yang sesuai dan komprehensif.

Apa itu CRM Tools?

CRM atau customer relationship management tools merupakan sebuah perangkat atau software yang digunakan para pebisnis, perusahaan, atau institusi untuk dapat mengoptimalkan komunikasi bersama pelanggan. Tak hanya itu, pengguna CRM tools berharap dapat memiliki hubungan dan interaksi yang positif dengan pelanggan atau orang-orang yang berpotensi menjadi pelanggan bisnis. Pada umumnya, penggunaan CRM tools ini dapat membantu meningkatkan keuntungan perusahaan melalui kepuasan pelanggan yang tercapai.

Terdapat berbagai macam bentuk dan fitur pada CRM tools. Akan tetapi, yang paling umum digunakan oleh pebisnis adalah CRM tools yang memuat sistem contact center terpadu, integrasi kanal digital, otomatisasi operasional bisnis, hingga hasil data report dan analisis bisnis. CRM tools yang unggul biasanya mengedepankan aksesibilitas dan software yang simpel untuk digunakan.

Implementasi AI (Artificial Intelligence) pada CRM Tools 

Salah satu CRM tools asal Indonesia dapat mengadopsi teknologi artificial intelligence (AI) pada sistem mereka. Implementasi teknologi tersebut berperan dalam otomatisasi atau memindahkan tugas manual pada mesin. CRM tools berbasis AI asal Indonesia, Sociobot, terbukti dapat meningkatkan interaksi pelanggan hingga 21%. Asisten digital ini memiliki kemampuan untuk dengan mudah memahami dan memproses permintaan pengguna, serta memberikan respons yang relevan dalam waktu singkat. Jika terdapat pertanyaan yang sulit untuk dijawab oleh AI, pertanyaan tersebut akan secara otomatis disalurkan kepada agen yang terintegrasi dengan sistem contact center. 

Sociobot mengandalkan berbagai sistem teknologi, seperti Natural Language Processing (NLP) untuk mengenali bahasa alami manusia. Sociobot juga menggunakan teknik pencocokan pola untuk mengelompokkan teks sesuai dengan pola yang telah ditetapkan sebelumnya, sehingga memastikan respons yang tepat terhadap permintaan atau pertanyaan pelanggan. Meskipun ada batasan dalam pencocokan makna dan konteks, sistem ini sudah dapat mengintegrasikan pencocokan pola dengan NLP untuk meningkatkan akurasi respons bot. Sociobot juga menerapkan pendekatan berbasis Decision Tree, di mana pengguna dipandu melalui serangkaian widget dengan respons otomatis, mirip dengan operasi cabang-cabang pohon. Sebagai contoh, ketika pengguna mencari informasi tentang produk, Sociobot akan menanyakan jenis produk yang dicari, dan secara bertahap mengarahkan pengguna melalui pertanyaan tambahan hingga mencapai informasi spesifik yang diinginkan.

Baca Juga: Menakar Keberhasilan Bisnis Anda dengan Pemanfaatan CRM Tools  

Manfaat CRM Tools Berbasis AI pada Operasional Bisnis

Terdapat berbagai manfaat yang bisa didapatkan pada penggunaan CRM tools berbasis AI, yaitu sebagai berikut:

  • Penggunaan AI pada Berbagai Kanal Digital

CRM tools berbasis AI bisa diterapkan di berbagai platform digital, seperti WhatsApp, Instagram, dan chat pada situs web. Selain itu, tim teknis dapat berupaya untuk mengintegrasikan alat CRM berbasis AI ini ke platform digital lain sesuai kebutuhan perusahaan. Langkah ini akan memudahkan pelanggan dalam mendapatkan layanan responsif dari contact center, meskipun mereka mengakses platform digital yang berbeda.

  • Penghematan Waktu dalam Interaksi

Pemanfaatan teknologi AI dalam CRM tools memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, baik bagi perusahaan maupun pelanggan. Dengan memanfaatkan Sociobot, pelanggan dapat menghemat waktu dan menerima respon yang cepat sesuai kebutuhan mereka. Di sisi lain, perusahaan juga dapat mengurangi waktu interaksi sehingga mengurangi beban kerja karyawan.

  • Mengurangi Biaya Pelayanan

Dengan teknologi CRM Tools yang menunjukkan kecepatan dan efisiensi yang tak terbantahkan, perusahaan bisa mengurangi biaya layanan. Perusahaan tak perlu memperkerjakan karyawan yang berlebihan hanya untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Sebagai gantinya, dana tersebut bisa dialokasikan ke area lain dalam operasional bisnis atau diperuntukkan untuk peningkatan produk dan layanan yang sudah ada.

  • Meningkatkan Jumlah Penjualan

CRM tools memiliki dampak yang signifikan terhadap jumlah penjualan produk dan layanan di perusahaan. Pelanggan yang merasa diprioritaskan, mendapat tanggapan yang cepat, dan menerima layanan yang memuaskan cenderung tetap setia pada brand tersebut. Karena itu, dengan memanfaatkan alat-alat CRM seperti Sociobot, perusahaan dapat meningkatkan profitabilitas mereka.

  • Terintegrasi dengan Sistem Contact Center

Pada umumnya, sistem Sociobot memungkinkan pelanggan mendapatkan jawaban atas keresahannya dalam waktu cepat dan tepat. Akan tetapi, CRM tools ini juga menyediakan fitur integrasi dengan sistem contact center pusat, yaitu sistem Sociomile. Ini berarti setiap pesan yang diterima oleh Sociobot akan ditangani oleh bot, dan jika ada pertanyaan yang tidak dapat dijawab oleh bot, akan langsung diteruskan kepada agen yang bertugas di Sociomile. Ini menunjukkan bahwa Sociobot memiliki kemampuan yang luas dalam meningkatkan interaksi positif dengan pelanggan.

Baca Juga: Menggali Potensi Bisnis Anda dengan Implementasi CRM Tools yang Sukses

Berminat Ubah Operasional Bisnis Menjadi Lebih Efektif? Ivosights Solusinya!

Sociomile merupakan suatu platform contact center asal perusahaan yang bergerak di bidang business solution provider, Indonesia. CRM tools ini berhasil memadukan berbagai jenis kanal digital dalam 1 dashboard dan juga didukung oleh salah satu teknologi berbasis AI, yaitu Sociobot. Tak hanya memudahkan karyawan untuk dapat mengaksesnya secara efisien dan membangun sistem operasional bisnis yang efektif, CRM tools tersebut juga merupakan solusi bagi perusahaan untuk menciptakan interaksi dan hubungan positif dengan pelanggan. Tunggu apalagi? Hubungi Ivosights untuk langkah menuju bisnis dengan operasional yang efisien!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami