10 Jenis Bisnis yang Wajib Menggunakan CRM Application Berbasis AI

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 19 April 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - CRM Application. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - CRM Application. Shutterstock.

"CRM Application berbasis AI atau Artificial Intelligence sangatlah esensial bagi 10 jenis bisnis ini. Simak ulasan berikut."

Di era digital yang terus berkembang, penggunaan teknologi AI (Artificial Intelligence) telah menjadi kunci bagi kesuksesan banyak bisnis. Salah satu implementasi AI yang paling berpengaruh adalah dalam sistem CRM (Customer Relationship Management). Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan, CRM Application berbasis AI mampu menghadirkan solusi yang lebih cerdas dan efektif dalam mengelola hubungan dengan pelanggan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sepuluh jenis bisnis yang sangat diuntungkan dengan menggunakan CRM Application berbasis AI. Dari perusahaan e-commerce hingga layanan kesehatan, kita akan melihat bagaimana integrasi teknologi AI dalam CRM dapat meningkatkan produktivitas, mengoptimalkan pengalaman pelanggan, dan membantu bisnis meraih kesuksesan yang lebih besar.

Apa yang Dimaksud dengan CRM Application Berbasis AI (Artificial Intelligence)?

CRM Application atau Customer Relationship Management Application adalah perangkat yang digunakan oleh brand untuk mengelola interaksi dan relasi dengan pelanggan atau masyarakat yang berpotensi menjadi pelanggan mereka. Penggunaan CRM Application bertujuan untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan dengan meningkatkan kepuasan pelanggan. Salah satu contoh CRM Application yang dikembangkan oleh perusahaan asal Indonesia adalah Sociomile. 

Sociomile merupakan CRM Application yang berisi sebuah dasbor dengan 13 kanal digital dan voice yang terintegrasi. Sehingga, brand dapat memiliki sistem contact center yang efektif dan efisien, serta memberikan layanan responsif pada pelanggan. Sociomile dilengkapi dengan sebuah CRM Application turunan berbasis Artificial Intelligence (AI) yang dinamakan Sociobot. Sociobot dapat diintegrasikan pada beberapa jenis kanal digital, seperti situs web, WhatsApp, Telegram, atau kanal lainnya sesuai dengan request klien. Dengan Sociobot, pelanggan bisa mendapatkan informasi terkait produk, layanan, atau brand terkait tanpa perlu berinteraksi langsung dengan manusia. 

Baca Juga: Memahami Fitur-Fitur Utama dalam CRM Application 

Bisnis dan Institusi yang Perlu Menggunakan CRM Application Berbasis AI (Artificial Intelligence)

Terdapat beberapa jenis bisnis atau institusi yang akan merasa sangat diuntungkan dengan penggunakan CRM Application berbasis AI. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Bisnis Ritel

Usaha ritel seperti mal, supermarket, toko elektronik, pakaian, dan apotek dapat diuntungkan dengan keberadaan CRM Application berbasis AI. Teknologi tersebut membantu dalam aspek memberikan penawaran diskon, mengatur sistem transaksi, juga menyebarkan informasi massal pada pelanggan.

  • Platform E-commerce

Pelaku bisnis E-commerce dapat memanfaatkan CRM Application berbasis AI untuk mengatur proses transaksi, memantau pengiriman barang, memberikan informasi terkait produk, hingga menawarkan diskon dan voucher pada pelanggan.

  • Bisnis Perhotelan dan Pariwisata 

Bisnis ini dapat menggunakan CRM Application berbasis AI untuk menawarkan layanan yang dipersonalisasi, mengatur sistem pemesanan, juga memberikan rekomendasi terkait aktivitas berlibur pada pelanggan.

  • Industri Otomotif

Industri otomotif seperti dealer, pusat layanan servis, hingga produsen kendaraan membutuhkan CRM Application berbasis AI untuk menganalisis preferensi pelanggan, memberikan rekomendasi produk, atau mengatur pemesanan.

  • Institusi Pendidikan

Institusi pendidikan seperti sekolah, universitas, atau sekolah tinggi dapat menyebarkan informasi secara massal pada siswa, memberikan dukungan dan bantuan terkait akademik, juga mengoptimalkan komunikasi dengan orang tua siswa dengan bantuan teknologi AI.

  • Penyedia Layanan Kesehatan

Penyedia layanan kesehatan dapat menggunakan CRM Application berbasis AI untuk mengatur janji temu pasien, memberikan rekomendasi produk kesehatan, atau meningkatkan customer satisfaction melalui sistem contact center yang responsif.

  • Bisnis Real Estate

Bisnis di bidang real estate seperti rumah, apartemen, kantor pusat perbelanjaan, atau lahan komersial memerlukan CRM Application berbasis AI untuk beberapa aspek. Seperti memberikan rekomendasi properti, menawarkan informasi terkait produk, juga mempermudah sistem transaksi.

  • Institusi Keuangan

Institusi di bidang keuangan seperti bank dapat memanfaatkan CRM Application berbasis AI untuk memberikan saran dan asistensi finansial pada nasabah, mendeteksi penipuan, serta mempercepat sistem pelayanan kepada nasabah.

  • Perusahaan Asuransi

Perusahaan yang bergerak di industri asuransi dapat menggunakan CRM Application berbasis AI untuk memberikan informasi mengenai polis, mengatur klaim asuransi secara cepat, dan memberikan asistensi yang proaktif pada pelanggan.

  • Perusahaan Telekomunikasi

Perusahaan di bidang telekomunikasi memerlukan CRM Application berbasis AI untuk menganalisis kebutuhan pelanggan juga memberikan asistensi secara real-time pada pelanggannya.

Baca Juga: Tingkatkan Efektivitas Call Center dengan CRM Application 

Berminat Maksimalkan Interaksi Pelanggan dengan CRM Application Berbasis AI (Artificial Intelligence)? Ivosights Solusinya!

Dalam era di mana interaksi pelanggan menjadi kunci bagi kesuksesan bisnis, pemanfaatan teknologi AI dalam CRM Application tidak lagi menjadi pilihan, melainkan kebutuhan yang mendesak. Ivosights hadir sebagai solusi terdepan untuk memenuhi tuntutan ini. Dengan platform CRM Application berbasis AI yang canggih, Ivosights mampu mengubah cara bisnis berinteraksi dengan pelanggan mereka. Dari analisis data yang mendalam hingga personalisasi yang lebih akurat, Ivosights membantu bisnis membangun hubungan yang lebih kuat dan bermakna dengan pelanggan mereka. 

Ivosights menghadirkan Sociobot, CRM Application turunan dari Sociomile yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses contact center secara efisien dengan bantuan artificial intelligence (AI). CRM Application ini merupakan solusi bagi perusahan untuk membangun interaksi dengan pelanggan. Pelanggan memungkinkan untuk mendapatkan informasi terkait produk tanpa perlu berinteraksi dengan tenaga manusia. Sociobot juga dapat diakses selama 24 jam, menawarkan servis optimal pada pelanggan. CRM Application berbasis AI ini memiliki berbagai macam keunggulan dan sistem yang advanced. Berminat menggunakan teknologi berbasis AI tersebut? Hubungi Ivosights untuk langkah menuju bisnis dengan operasional yang efektif dan efisien!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami