Penting, Ini 4 Fungsi Contact Center untuk Perusahaan BUMN

Sociomile

,

BPO Contact Center


Penulis : Administrator - Rabu, 11 Januari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Contact Center. Shutterstock
Ket. foto: Ilustrasi - Contact Center. Shutterstock

"Dengan adanya layanan contact center pada BUMN diharapkan dapat menangani interaksi dengan pelanggan melalui berbagai kanal komunikasi"

Umumnya, kebanyakan perusahaan memang membutuhkan jasa contact center. Akan tetapi, ada beberapa industri yang bisa dikategorikan sangat urgent membutuhkan jasa ini. Industri yang membutuhkan jasa contact center biasanya adalah perusahaan yang menangani banyak pelanggan atau klien secara massal. Misalnya, perusahaan telekomunikasi, perusahaan kartu kredit, perusahaan asuransi, dan perusahaan layanan pelanggan.

Bukan cuma itu, contact center juga dibutuhkan perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara), lho! Nah, pada artikel ini kamu akan mempelajari fungsi-fungsi contact center untuk industri hiburan. Untuk kamu yang penasaran, jangan lewatkan artikelnya dan simak terus sampai selesai, ya!

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Contact Center Bagi Perusahaan

Apa itu Perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara)?

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah perusahaan yang dimiliki oleh pemerintah, biasanya pemerintah yang dimaksud adalah Pemerintah Indonesia. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang ekonomi dan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan stabilitas ekonomi negara.

BUMN dapat bergerak di berbagai bidang, seperti industri, jasa, atau infrastruktur. Beberapa contoh BUMN (Badan Usaha Milik Negara) di Indonesia adalah PT PLN (Persero) dibidang listrik, PT Pertamina (Persero) dibidang minyak dan gas, PT Telkom (Persero) dibidang telekomunikasi, PT Bank Mandiri (Persero) dibidang perbankan, PT Garuda Indonesia (Persero) dibidang penerbangan, dan masih banyak lagi.

BUMN diharapkan dapat menjalankan fungsi sebagai pelaku ekonomi yang mampu mengoptimalkan sumber daya ekonomi negara, menciptakan lapangan kerja, dan memberikan kontribusi pada penerimaan negara melalui pembayaran pajak dan dividen. Namun di lain sisi, BUMN juga harus memenuhi tugas-tugas sosial dan pembangunan seperti memperluas pelayanan dasar kepada masyarakat, pemberdayaan desa dan pengembangan kawasan strategis.

Perusahaan BUMN dapat melakukan berbagai jenis aktivitas yang berhubungan dengan bidang usahanya, beberapa diantaranya adalah :

  • Produksi: Perusahaan yang bergerak di bidang industri akan melakukan proses produksi untuk menghasilkan barang atau jasa yang ditawarkan.
  • Distribusi: setelah barang atau jasa dihasilkan, perusahaan BUMN akan melakukan distribusi kepada konsumen atau pelanggan.
  • Pemasaran: perusahaan BUMN akan menyusun strategi pemasaran untuk menarik minat konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Keuangan: perusahaan BUMN akan melakukan kegiatan keuangan seperti pembuatan laporan keuangan, pengelolaan arus kas, dan perencanaan keuangan untuk mencapai tujuan perusahaan.
  • Operasional: perusahaan BUMN akan melakukan kegiatan operasional seperti pengelolaan sumber daya manusia, pemeliharaan sarana prasarana, dan pengelolaan sistem informasi.
  • Pelayanan: perusahaan BUMN akan memberikan pelayanan kepada konsumen melalui contact center, helpdesk, dan layanan lain yang diperlukan pelanggan
  • Sosial: BUMN juga memiliki tanggung jawab sosial seperti menjalankan program-program sosial ekonomi, memperkuat hubungan dengan masyarakat, dan memberikan kontribusi pada pembangunan kesejahteraan masyarakat.
  • Corporate Social Responsibility : BUMN juga diharapkan untuk memastikan bahwa aktivitas-aktivitas perusahaan tidak merugikan lingkungan dan masyarakat.

Itu hanyalah beberapa dari banyak aktivitas yang dapat dilakukan oleh BUMN, karena perusahaan BUMN dapat bergerak di berbagai sektor industri dan berbagai bidang usaha, maka aktivitas yang dilakukan akan berbeda-beda sesuai dengan bidang usaha yang diambil.

Baca Juga: Pengertian, Tugas, dan Fungsi Call Center

Fungsi Contact Center untuk Perusahaan BUMN

Contact center merupakan salah satu layanan yang ditawarkan oleh perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) untuk menangani interaksi dengan pelanggan. Fungsi utama dari contact center adalah untuk menangani permintaan, keluhan, atau pertanyaan dari pelanggan melalui berbagai kanal komunikasi, seperti telepon, email, atau chatting.

Beberapa fungsi dari contact center yang ditawarkan oleh perusahaan BUMN adalah:

  • Customer Service: Contact center dapat digunakan untuk menangani pertanyaan atau keluhan pelanggan terkait dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.
  • Technical Support: Contact center juga dapat digunakan untuk memberikan dukungan teknis kepada pelanggan yang mengalami masalah dengan produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Sales: Contact center dapat digunakan untuk menjual produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan, baik melalui proses telemarketing atau melalui live chat.
  • Feedback: Contact center juga dapat digunakan untuk menerima umpan balik dari pelanggan dan mengumpulkan data untuk perbaikan pelayanan kedepannya.
  • Analisis: Contact center dapat digunakan untuk menganalisis data interaksi pelanggan dan mengevaluasi kinerja layanan pelanggan.

Karena BUMN merupakan perusahaan yang memiliki banyak sekali pelanggan, maka adanya contact center yang dapat diandalkan sangat penting untuk memastikan bahwa pelanggan dapat dengan mudah menghubungi perusahaan dan mendapatkan bantuan yang dibutuhkan.

Dapatkan Layanan BPO Contact Center Terbaik di Ivosights

Itu dia hal-hal yang bisa kamu ketahui dari kebutuhan industri BUMN akan jasa contact center. Untuk mendapatkan BPO Contact Center terbaik yang mengedepankan fitur-fitur bermanfaat, kamu bisa mengandalkan Ivosights!

Ivosights BPO Contact Center terhubung langsung dengan platform customer relationship management Sociomile yang dilengkapi 12 kanal lebih dalam satu dasbor. Sociomile juga menawarkan staf berkompetensi yang dilatih dengan appraisal motivation yang tentunya penting dimiliki oleh seorang agen telesales.

Dengan dibantu berbagai fitur yang berguna, kamu akan mendapatkan layanan contact center paling efektif! Hubungi Ivosights sekarang juga dan rasakan perubahan pada perusahaanmu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami