Contact Center: Pengertian, Manfaat, dan Tugas

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 06 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Contact center. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Contact center. Shutterstock.

"Contact center merupakan garda terdepan dalam sebuah perusahaan yang nantinya akan selalu siap sedia dalam menghadapi berbagai konsumen"

Pernah tidak Anda berpikir bagaimana cara perusahaan atau bisnis berinteraksi dengan pelanggannya? Cara berinteraksi ini biasanya pernah Anda temui di kemasan atau sebuah produk yang Anda beli, kemudian Anda melihat nomor telepon tertera disana. Nah, itulah yang kenal sebagai contact center.

Contact center atau pusat kontak ialah bentuk pusat kontak yang menghubungkan konsumen dengan perusahaan produsen produk tersebut. Contact center bertugas unuk menangani komunikasi keluar masuk oleh pelanggan yang menggunakan berbagai media, seperti telepon, web, obrolan, aplikasi perpesanan, sampai menggunakan media sosial.

Contact center bisa dikatakan sebagai garda terdepan dalam sebuah perusahaan yang nantinya akan selalui siap sedia dalam menghadapi berbagai konsumen. Karena tujuan utama mereka ialah menawarkan kepada pelanmgan dukungan teknis, layanan pelanggan hingga bantuan penjualan yang efeisien dan efektif. Lalu apa saja manfaat dari contact center? Simak selengkapnya berikut ini:

Apa Manfaat Contact Centet?

Contact center memiliki beberapa manfaat yang menguntungkan untuk perusaahaan atau bisnis Anda, lho! Berikut ini beberapa manfaat dari contact center:

  • Menciptakan Pengalaman Pelanggan

Sudah dijelaskan di atas bahwa contact center menjadi garda terdepan dalam sebuah perusahaan, karena contact center menjadi saluran utama pelanggan untuk berinteraksi dan berkomunikasi langsung dengan perusahaan. Banyaknya jenis saluran yang digunakan untuk berinteraksi ini membuat pelanggan merasa nyaman karena banyak pilihan media yang familier digunakan. Kemudahan yang ditawatkan ini membuat pengalaman pelanggan Anda menjadi lebih baik.

  • Memaksimalkan Efisiensi dan Produktivitas

Menjadi sebuah acuan atau titik sentral komunikasi pelanggan sehingga agen dapat membantu dalam meningkatkan produktivitas bisnis atau perusahaan Anda saat menangani berbagai permintaan pelanggan. Manfaat lainnya dapat meningkatkan produktivitas produk atau bisnis Anda, karena secara tidak langsung agen akan menjelaskan detail-detail mengenai produk atau jasa dari perusahaan Anda.

  • Meningkatkan Informasi

Contact center dapat menyatukan interaksi antara pelanggan dari seluruh saluran komunikasi yang disediakan. Data yang didapatkan dari interaksi ini memberikan sebuah informasi yang berharga bagi perusahaan atau bisnis Anda, karena informasi yang didapatkan ini membantu Anda untuk mengambil keputusan yang sangat penting untuk kemajuan produk atau bisnis Anda. Informasi ini juga dapat membuat perusahaan Anda mengidentifikasi pola dan area mana saja yang bermasalah dalan perjalanan keterlibatan pelanggan dengan perusaah Anda sehingga bisnis atau perusahaan dapat menganalisis kebutuhan dan keingina tiap pelanggan.

Tugas Contact Center

Berikut beberapa tugas agen contact center di perusaaan:

  • Melakukan interkasi seputar pertanyaan pelanggan atau keluhan pelanggan dengan menggunakan saluran telepon, chat, atau melalui media sosial.
  • Mendengarkan keluh dan pertayaan dari pelanggan secara seksama agar informasi yang didapatkan tidak tertinggal.
  • Membantu memberikan solusi atas permasalahan yang dikeluhkan pelanggan terkait produk atau jasa yang diberikan.
  • Pastikan pusat kontak selalui memberikan layanan dengans sebaik-baiknya, dan selalu memberikan kesan yang ramah kepada para konsumen ketika pelangggan menyampaikan keluhannya.

Itu dia pengertian contact center yang harus Anda ketahui, serta manfaat apa saja yang nantinya Anda dapatkan ketika menggunakan contact center dan beberapa tugas contact center. Anda bisa menghubungi lebih lemgkap Ivosights agar mengetahui manfaat dari memiliki layanan contact center. Mari bergabung.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami