Tingkatkan Keamanan Cyber Perusahaan dengan Command Center

Command Center Provider


Penulis : Administrator - Senin, 03 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Command Center. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Command Center. Shutterstock

"Lakukan pencegahan pembobolan sistem keamanan perusahaan dari serangan-serangan cyber berikut ini. Gunakan command center juga sebagai sistem pendukung."

Ada beberapa ancaman keamanan yang dapat memberikan kerugian terhadap perusahaan, salah satunya berupa serangan-serangan cyber. Untuk mengatasi dan mencegah serangan ini, Anda perlu menggunakan beberapa pendekatan yang efektif. Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah penggunaan command center yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan cyber. Artikel ini akan membahas peran command center dalam meningkatkan keamanan cyber perusahaan Anda.

Ancaman Keamanan Cyber Saat Ini

Pengembangan metode baru dalam ancaman keamanan cyber saat ini semakin kompleks dan beragam jenisnya. Oleh karena itu, Anda diharuskan untuk tetap update tentang apa saja segala bentuk ancaman keamanan cyber terkini.

  • Malware

Serangan malware yang berupa virus, worm, atau ransomware dapat merusak sistem, mencuri data, atau mengenkripsi file penting.

  • Serangan DDoS

Distributed Denial of Service (DDoS) adalah sebuah serangan yang dapat menghancurkan ketersediaan layanan dengan mengalirkan lalu lintas internet secara berlebihan ke server atau jaringan target.

  • Phishing

Serangan phishing merupakan sebuah upaya untuk memperoleh informasi sensitif seperti password atau data kartu kredit dengan menyamar sebagai pihak perusahaan terpercaya melalui email, website palsu, atau pesan singkat.

  • Serangan Man-in-the-Middle

Serangan ini terjadi akibat adanya seorang pihak asing yang memasuki komunikasi antara dua pihak. Tujuan dilakukannya serangan ini adalah untuk mencuri atau mengubah data yang ditransmisikan.

  • Serangan Zero-day

Serangan zero-day merupakan serangan yang menggunakan kerentanan keamanan yang belum diketahui oleh pihak yang bertanggung jawab atas perangkat lunak atau sistem tersebut.

Baca juga: Cybersecurity Monitoring, Digital Monitoring Tool untuk Keamanan Bisnis

Peran Command Center dalam Keamanan Cyber

Sebagai pusat pengendalian operasional, command center menjadi pusat pemantauan, deteksi, dan respons terhadap serangan cyber. Berikut adalah peran utama command center dalam keamanan cyber:

  • Pemantauan

Command center dapat melakukan pemantauan jaringan dan sistem secara real-time untuk mendeteksi adanya aktivitas mencurigakan atau ancaman keamanan. Melalui pemantauan yang cermat, serangan cyber dapat terdeteksi lebih awal sehingga lebih mudah untuk ditangani.

  • Analisis

Command center dapat menganalisis data yang dikumpulkan untuk mengidentifikasi pola serangan, mengenali ancaman baru, dan mengembangkan strategi keamanan yang efektif.

  • Respons

Command center bisa memberikan respon terhadap serangan cyber dengan melakukan tindakan yang diperlukan, seperti memblokir akses yang mencurigakan, mengisolasi sistem yang terkena serangan, atau mengganti password.

  • Koordinasi

Command center berperan sebagai penghubung tim keamanan, departemen terkait, dan pihak eksternal, seperti penyedia layanan keamanan atau lembaga penegak hukum. Adanya koordinasi yang efektif memungkinkan respons yang lebih terkoordinasi dalam menghadapi serangan cyber.

Penggunaan Teknologi Terkini dalam Command Center untuk Keamanan Cyber

  • Sistem Deteksi Intrusi

Command center dapat memanfaatkan sistem deteksi intrusi (IDS) dan sistem pencegahan intrusi (IPS) untuk mendeteksi dan mencegah serangan cyber. IDS dan IPS menggunakan aturan dan analisis perilaku untuk mengidentifikasi aktivitas mencurigakan dan melindungi jaringan dan sistem dari ancaman.

  • Analisis Big Data

Command center dapat menggunakan teknologi analisis big data untuk menganalisis keamanan yang dihasilkan oleh jaringan dan sistem. Analisis big data memudahkan identifikasi pola yang tidak biasa atau ancaman yang belum dikenal sebelumnya.

  • Integrasi Keamanan Endpoint

Command center dapat mengintegrasikan keamanan endpoint dalam operasionalnya. Keamanan endpoint ini mencakup perlindungan dan pemantauan perangkat yang terhubung ke jaringan. Integrasi ini membuat command center lebih cepat mendeteksi dan memberikan respons terhadap serangan yang berasal dari endpoint.

  • Keamanan Cloud

Command center dapat mengimplementasikan keamanan cloud untuk melindungi data yang disimpan atau diproses di lingkungan cloud. Penggunaan teknologi enkripsi, pemantauan aktivitas pengguna, dan manajemen akses yang ketat dapat meningkatkan keamanan data di cloud.

Baca juga: Cara Menerapkan Langkah Keamanan yang Tepat pada Command Center

Hubungi Ivosights sebagai Salah Satu Penyedia Solusi Command Center Andalan

Command center berperan penting dalam melakukan pemantauan, analisis, dan respons terhadap serangan cyber. Dengan menggunakan sistem-sistem pembantu, command center dapat menghadapi ancaman keamanan cyber dengan lebih efektif. Dengan begini, perusahaan juga dapat meningkatkan kemampuan dalam menghadapi serangan cyber.

Memperkenalkan, Ivosights sebagai pihak ketiga yang dapat meningkatkan keefektifan dan efisiensi command center. Kami menyediakan dukungan berupa software dan hardware yang dapat menyesuaikan anggaran dan kebutuhan perusahaan Anda. Selain adanya dukungan teknis memadai, Ivosights juga menyediakan data dalam jumlah yang banyak untuk memperkaya data command center.

Data-data ini dikumpulkan dari berbagai sumber berkat kemampuan Ripple10 dalam memonitoring semua percakapan di sosial media. Selain itu, kami juga menggunakan sumber lain berupa lebih dari 200 media cetak, analisis CCTV, dan integrasi API. Segera lakukan konsultasi kepada kami untuk mendapatkan strategi terbaik pengembangan command center Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami