Sebarkan Pesan Ramadan Anda dengan Menggunakan Chatbot

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 10 April 2023
Ket: Ilustrasi - Chatbot.Shutterstock
Ket: Ilustrasi - Chatbot.Shutterstock

"Perusahaan dapat menyebarkan atau mengirim pesan atau promo dengan menggunakan chatbot. Memanfaatkan chatbot, Anda dapat lebih efisien dan fleksibel"

Chatbot memiliki peran penting dalam perusahaan? Chatbot merupakan salah satu bentuk teknologi yang dapat membantu segala aktivitas dalam kegiatan manusia. Dalam bisnis chatbot berperan penting dalam menangani interaksi serta membagikan informasi kepada para pelanggan atau customer. Chabot dapat diidentifikasi dalam bentuk pesan teks via email, chat, media sosial, bahkan voice over. Tidak mungkin setiap individu tidak menggemari setiap fitur yang dimiliki oleh chatbot.

Dalam sebuah bisnis pun chatbot dapat membantu pekerjaan seperti membantu berjalannya transaksi seperti invoice yang dimiliki pelanggan, promosi pada produk yang sedang dijual, sampai menyampaikan solusi untuk pertanyaan yang disampaikan oleh para pelanggan atau customer. Sebuah perusahaan kecil maupun besar pastinya membutuhkan chatbot untuk membantu kerja mereka agar lebih efektif. Menggunakan chatbot juga bentuk menghemat sumber daya manusia, di mana perusahaan tidak perlu mempekerjakan individu atau mengupahnya untuk menjadi admin sebagai sebuah bentuk pelayanan. Hanya dengan chatbot, perusahaan dapat menyampaikan pesan apa saja secara lebih efektif dan efisien kepada customer maupun karyawan.

Dalam suatu perusahaan pastinya selalu memiliki berbagai macem agenda. Banyaknya jumlah karyawan dapat membuat membuat atasan kewalahan dalam membagikan informasi penting kepada setiap stakeholder yang terdapat. Pesan yang disampaikan dapat memiliki banyak jenis seperti pesan mengenai payroll, pengumuman cuti, sampai kalender untuk agenda perusahaan. Selama Ramadan pastinya agenda pada suatu perusahaan memiliki perbedaan di beberapa aspek. Seperti jam atau waktu kerja yang berkurang atau terdapat cuti pada akhir Ramadan menuju Hari Raya Idul Fitri dengan kata lain pastinya terdapat kalender agenda yang akan disampaikan kepada setiap karyawan. Maka dengan itu, setiap atasan atau PIC pada perusahaan membutuhkan media serta platform untuk menyebarkan sebuah pesan kepada karyawan dengan jumlah banyak dalam satu waktu saja. Chatbot menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai media membagikan pesan singkat maupun panjang dalam format apa saja kepada para karyawan pada waktu bersamaan. Anda perlu mengetahui beberapa fungsi dari chatbot dalam menyampaikan pesan.

Baca Juga: Tingkatkan Aplikasi Resep Masakan dengan Chatbot untuk Bulan Puasa

Fungsi Chatbot dalam Menyampaikan Pesan

  • Memberikan Informasi

Dengan chatbot, anda dapat memberikan informasi tentang produk atau layanan perusahaan, promosi atau penawaran khusus, lokasi serta kontak perusahan dan lain sebagainya. Pelanggan dapat meminta informasi ini dengan mudah melalui chatbot, dan chatbot akan memberikan jawaban secara cepat dan akurat.

  • Mengirim Pesan Promosi

Chatbot dapat mengirimkan pesan promosi kepada para customer secara langsung melalui platform media sosial yang tersedia seperti Telegram, Facebook, Whatsapp. Pesan promosi atau campaign dapat memberikan informasi tentang penawaran khusus atau diskon pada produk bahkan layanan tertentu.

  • Mengirim Notifikasi

Chatbot dapat digunakan untuk mengirimkan sebuah notifikasi kepada pelanggan, seperti pengingat janji meeting, status pesanan atau informasi terkait transaksi. Hal tersebut juga dapat dilakukan sebuah perusahaan untuk memanfaat fitur dari chatbot.

  • Menyediakan Layanan Pelanggan

Chatbot dapat digunakan untuk menyediakan layanan kepada customer seperti membantu customer dalam memecahkan masalah teknis atau menjawab pertanyaan yang sering diajukan.

  • Meningkatkan Interaksi Pelanggan

Chatbot juga dapat membantu meningkatkan interaksi antara perusahaan dan pelanggaran dengan mengajukan pertanyaan, memberikan opsi, dan memandu customer dalam setiap transaksi atau interaksi dengan perusahaan.

Segala bentuk manfaat dari chatbot tersebut sangatlah menjelaskan bahwa chatbot dapat digunakan pada perusahaan untuk menyampaikan pesan singkat, cepat, akurat, dan efektif. Tidak perlu membuang waktu dengan menyampaikan pesan kepada setiap karyawan, dengan chatbot anda hanya perlu melakukan program kepada platform yang sudah anda miliki, lalu dengan mudah anda dapat menghemat waktu, tenaga serta biaya hanya untuk menyampaikan pesan kepada banyak individu.

Baca Juga: Tambah Fitur Chatbot pada Aplikasi Tracking Ibadah, Apa Manfaatnya?

Berikut Cara Menggunakan Chatbot

  • Tentukan Tujuan Penggunaan Chatbot

Sebelum memulai menggunakan chatbot, perusahaan perlu menentukan tujuan chatbot seperti apa yang ingin dicapai. Dalam kasus ini perusahaan ingin memberikan informasi kepada setiap karyawan untuk agenda serta pesan lainnya.

  • Buat Skenario Percakapan

Setelah mendapatkan platform chatbot, perusahaan anda perlu membuat skenario percakapan yang jelas dan terstruktur. Sehingga chatbot dapat memberikan respon yang sesuai dengan permintaan dari pihak terkait.

  • Pilih Platform Chatbot

Perusahaan harus memilih platform untuk chatbot yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda, seperti Facebook Messenger, WhatsApp, atau Telegram. Pilihlah platform yang paling banyak digunakan oleh anda, karyawan, dan customer sehingga lebih memudahkan akses pada setiap pihaknya.

Dapatkan Platform Chatbot dari Ivosights!

Anda bisa mendapatkan platform chatbot dari ivosights yang sudah terpercaya. Tidak perlu ragu, Ivosights sudah memiliki teknologi yang memadai untuk menunjang kebutuhan pada bisnis atau perusahaan anda. Setiap masalah yang anda alami pada perusahaan anda akan mendapatkan solusi dengan platform atau produk yang disediakan oleh Ivosights. Segera konsultasikan kepada tim kami!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami