Perkuat Bisnis Saat Ramadan dengan Chatbot, Yuk!

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 30 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock.

"Bisnis memiliki banyak cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, salah satunya dengan menggunakan Chatbot"

Bisnis sangat bergantung pada kepuasan pelanggan, untuk itu dibutuhkan berbagai macam cara agar pemilik bisnis bisa memuaskan pelanggan dengan produk atau barang yang mereka distribusikan. Beberapa cara tersebut bisa merupakan perbaikan dan perkembangan terhadap produk itu sendiri ataupun dilakukan perkembangan terhadap sistem dalam pelayanan terhadap pelanggan. Chatbot merupakan salah satu alternatif dan solusi untuk melayani pelanggan dengan baik agar pelanggan bisa mendapatkan kepuasan dari pelayanan suatu bisnis. Yuk, simak penjelasan artikel di bawah ini!

Pengertian Chatbot

Chatbot didefinisikan sebagai aplikasi percakapan yang membantu dalam layanan pelanggan, keterlibatan, dan dukungan dengan mengganti atau menambah agen dukungan manusia dengan kecerdasan buatan (AI) dan teknologi otomasi lainnya yang dapat berkomunikasi dengan pengguna akhir melalui obrolan. Banyak bisnis sekarang menggunakan chatbot untuk mengotomatiskan pengalaman pengguna dan fitur transaksional. Perusahaan dan pemilik bisnis mengalami penghematan biaya yang cukup besar dan menjadi lebih efisien karena mereka mengurangi ketergantungan mereka pada personel pendukung dan operator langsung.

Lebih lanjut, chatbot adalah program komputer yang mereplikasi dan menganalisis dialog manusia (lisan atau tulisan), memungkinkan manusia berkomunikasi dengan perangkat elektronik seolah-olah mereka sedang berbicara dengan agen langsung. Chatbot dapat berkisar dari program sederhana yang merespons satu contoh hingga asisten virtual tingkat lanjut yang dapat belajar dan meningkatkan saat mereka mengumpulkan dan memproses data untuk memberikan tingkat personalisasi yang unggul.

Baca Juga: Tingkatkan Aplikasi Resep Masakan dengan Chatbot untuk Bulan Puasa

Mengapa Bisnis Membutuhkan Chatbot

  • Pelayanan Pada Pelanggan Lebih Cepat

Pelanggan tentunya akan malas dan enggan membeli barang atau produk jika jawaban yang diberikan membutuhkan waktu lama untuk dibalas sehingga penggunaan Chatbot ini sangat efektif dalam melayani pelanggan secara cepat.

  • Hemat Biaya

Berbanding terbalik jika bisnis masih mengandalkan operator dan layanan manual dengan tenaga manusia yang membutuhkan biaya yang cukup banyak dalam berinteraksi dengan para pelanggan, menggunakan chatbot sangat menghemat biaya karena pemilik bisnis hanya mengandalkan teknologi saja dan tidak memerlukan tenaga manusia yang banyak.

  • Mudah dan Tidak Memerlukan Operator

Biasanya, operator harus menghadapi banyak pelanggan yang memiliki pertanyaan serupa dalam sehari. Hal tersebut tidak mudah dan memerlukan waktu lama dalam menjawabnya. Untuk itu, penggunaan chatbot sangat memudahkan pemilik bisnis karena akan menjawab secara otomatis pertanyaan dari pelanggan.

  • Menambah Pengalaman Menarik pada Pelanggan

Berinteraksi dengan operator mungkin sudah terdengar biasa di kalangan pelanggan, sehingga untuk meningkatkan kualitas dan menarik perhatian pelanggan penggunaan chatbot bisa digunakan untuk menambah pengalaman menarik pada pelanggan.

Manfaat Penggunaan Chatbot saat Ramadan untuk Bisnis

  • Mempermudah Pesanan yang Masuk

Ramadan merupakan bulan yang sibuk dengan pesanan yang masuk sehingga memanfaatkan teknologi chatbot akan mempermudah pemilik bisnis dalam menghandle pesanan.

  • Menjawab dan Memberikan Jawaban Memuaskan Pada Pelanggan

Tidak perlu kahwatir lagi jika mendapat banyak pertanyaan yang serupa dari pelanggan karena chatbot akan mempermudah dalam interaksi dengan pelanggan dan memberikan jawaban yang memuaskan.

  • Mempercepat Interaksi dengan Pelanggan

Interaksi dengan pelanggan terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama lantaran banyaknya pertanyaan yang ditanyakan. Penggunaan teknologi chatbot bisa mempercepat interaksi dengan pelanggan tanpa harus menjawab satu per satu pertanyaan pelanggan.

  • Menghemat Waktu

Jika hanya mengandalkan jawaban pribadi dan tenaga pribadi dalam menjawab pelanggan, hal itu tentu akan sangat boros waktu. Penggunaan chatbot bisa Anda andalkan untuk ini.

Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Chatbot dalam Pelayanan Kesehatan

Andalkan SocioBot untuk Bisnis yang Lebih Maju dan Lancar

Didirikan pada tahun 2016, Ivosights kini menjadi perusahaan layanan pelanggan solusi satu atap yang beroperasi di Indonesia dan melayani beberapa klien dari Asia Tenggara. Saat ini Ivosights adalah satu-satunya perusahaan lokal yang memiliki berbagai platform dan layanan komprehensif dalam membantu perusahaan meningkatkan manajemen keterlibatan pelanggan mereka di berbagai titik sentuh pelanggan. Dengan begitu, perusahaan dan bisnis yang Anda jalani bisa dengan mudah mengandalkan Ivosights untuk solusi customer engagement.

Salah satu produk yang kami tawarkan adalah solusi chatbot berbasis AI terdepan & terjangkau untuk memuaskan pelanggan Anda. Asisten obrolan otomatis yang berbasis 24x7 langsung ke pelanggan Anda dengan SocioBot tanpa batasan! Menyediakan platform tunggal untuk berinteraksi dengan multi saluran online, SocioBot menggunakan teknologi NPL untuk self-learning process. Dengan SocioBot, Anda akan mendapatkan layanan survey, reservasi, appointment dokter, dan masih banyak lagi! Yuk, segera hubungi Ivosights untuk mendapatkan layanan SocioBot untuk bisnis Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami