Ketahui Chatbot Flow Builder Mempermudah Pengguna Membuat FAQ Chatbot!

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 11 April 2023
Ket: Ilustrasi - Chabot Flow Builder. Shutterstock
Ket: Ilustrasi - Chabot Flow Builder. Shutterstock

"Chatbot flow builder menjadi acuan untuk anda membuat percakapan demi komunikasi dengan customer pada chabot di platform bisnis atau perusahaan anda saat ini!"

Chatbot merupakan bentuk fitur yang lahir karena adanya perkembangan dari teknologi telekomunikasi. Chatbot merupakan AI dalam bentuk bot yang dapat berkomunikasi dengan setiap individu melalui pesan teks dan menjawab setiap pertanyaan dengan bahasa sealami mungkin. semakin majunya digital dalam telekomunikasi juga membuat chatbot itu sendiri menghasilkan fitur chatbot flow builder dalam evolusinya.

Chatbot flow builder atau pembangun alur chatbot merupakan alat yang memungkinkan pengguna untuk membuat alur percakapan atau dialog untuk chatbot. Dalam chatbot, alu percakapan mengacu pada serangkaian pesan atau tanggapan yang dihasilkan oleh chatbot sebagai respons terhadap masukan atau pertanyaan dari pengguna.

Dalam chatbot flow builder, pengguna dapat membuat alur percakapan atau dialog dengan cara menambahkan node atau simpul ke dalam diagram. Setiap simpul dalam diagram mewakili satu pesan atau tanggapan dari chatbot. Pengguna juga dapat menentukan kondisi dan aksi yang harus diambil oleh chatbot berdasarkan masukan atau respons dari pengguna. Dalam dunia bisnis chatbot sangatlah diperlukan untuk membantu komunikasi serta interaksi dan pengumpulan data dengan customer.

Baca Juga: Mengenal Chatbot dari Fungsi dan Cara Kerjanya

Chatbot Flow Builder Membantu FAQ Chatbot

Chabot flow buider dapat mempermudah dalam membuat FAQ atau Frequently Asked Questions. FAQ juga biasa disebut sebagai chabot yang dirancang untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan oleh customer. Dengan menggunakan chatbot flow builder, perusahaan dapat membuat alur percakapan yang sesuai dengan pertanyaan dan jawaban yang sering diajukan oleh customer.

Dalam membuat Chabot FAQ, perusahaan dapat menentukan pertanyaan yang sering diajukan oleh customer dan pembuatan respon atau jawab yang sesuai dengan pertanyaan tersebut. Setiap pertanyaan dan jawaban tersebut kemudian dapat dijadikan sebagai simpul dalam diagram chatbot flow builder. Perusahaan juga dapat menambahkan pilihan atau opsi untuk membantu customer dalam memilih pertanyaan yang tepat atau memberikan opsi tambahan. Seperti contoh yang berikut sering dijumpai pada Chabot di e-commerce atau platform lainnya.

o   Salam: "Halo, selamat datang di Chatbot FAQ Toko Online ABC. Ada yang bisa saya bantu?"

o   Pilihan Pertanyaan: "Silahkan pilih pertanyaan yang ingin Anda ajukan:"

o   Pertanyaan 1: "Bagaimana cara memesan produk di Toko Online ABC?"

o   Pertanyaan 2: "Berapa lama waktu pengiriman produk?"

o   Pertanyaan 3: "Bagaimana cara mengembalikan produk?"

Dalam contoh di atas, chatbot flow builder digunakan untuk membuat alur percakapan atau dialog yang sesuai dengan pertanyaan dan jawaban yang sering diajukan oleh pelanggan. Setiap simpul dalam diagram mewakili pertanyaan atau jawaban dalam chatbot FAQ. Pelanggan dapat memilih pertanyaan yang ingin diajukan dan mendapatkan jawaban yang sesuai dari chatbot.

Berikut Alasan Mengapa Chabot Flow Builder Perlu Digunakan untuk Bisnis

Tidak heran apabila anda melihat suatu bisnis maju dengan alasan memanfaatkan dan menggunakan teknologi dengan baik. Maka dari itu lah peran teknologi sangat penting seperti platform e-commerce yang sudah luas, media sosial yang sudah banyak. Sehingga para pengusaha memiliki media yang luas untuk mempromosikan binisnya. Begitu juga chatbot sebagai salah satu fitur yang dapat digunakan untuk memperbaiki komunikasi dengan customer apabila sebelumnya terdapat banyak kendala atau masalah.

  • Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Chatbot flow builder dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis dengan mengotomatisasi beberapa tugas atau proses bisnis. Chatbot dapat menjawab pertanyaan umum pelanggan dengan cepat dan akurat, sehingga mengurangi waktu yang dihabiskan oleh tim layanan pelanggan dalam menjawab pertanyaan yang sama berulang-ulang.

  • Meningkatkan Kualitas Layanan Customer

 Dengan chatbot flow builder, bisnis dapat menyediakan layanan pelanggan 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Hal ini dapat meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan memberikan kepuasan yang lebih tinggi pada pelanggan, karena mereka dapat mendapatkan bantuan kapan saja dan di mana saja.

Baca Juga: Tingkatkan Aplikasi Resep Masakan dengan Chatbot untuk Bulan Puasa

  • Menghemat Biaya

Menggunakan chatbot flow builder dapat menghemat biaya bisnis karena tidak perlu membayar banyak karyawan untuk menjawab pertanyaan pelanggan secara manual. Chatbot dapat mengotomatisasi tugas-tugas ini dan memberikan jawaban yang tepat pada waktu yang tepat.

  • Memungkinkan Personalisasi

Chatbot flow builder dapat dirancang sedemikian rupa sehingga dapat memberikan pengalaman yang lebih personal kepada pelanggan. Chatbot dapat mempelajari preferensi dan perilaku pelanggan dan memberikan solusi yang tepat sesuai dengan kebutuhan mereka.

  • Mengumpulkan Data Customer

Chatbot flow builder dapat membantu bisnis mengumpulkan data pelanggan secara otomatis. Data ini dapat digunakan untuk memahami kebutuhan pelanggan, meningkatkan produk dan layanan, dan mengembangkan strategi bisnis yang lebih baik.

Dapatkan Fitur Chabot Flow Builder dari Ivosights!

Dapatkan platform agar anda dapat merasakan fitur chatbot flow builder terbaik demi komunikasi dan bisnis yang lebih menjanjikan. Anda dapat konsultasikan kepada tim Ivosights mengenai platform chatbot yang dapat anda gunakan.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami