Ini Pentingnya Sediakan Panduan Penggunaan Chatbot Flow Builder

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 21 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock

"Beberapa ini adalah alasan kenapa perusahaan perlu menyiapkan panduan penggunaan chatbot flow builder"

Chatbot telah menjadi salah satu solusi terbaik dalam meningkatkan interaksi dan pelayanan pelanggan. Penggunaan chatbot yang efisien akan membantu meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Salah satu alat penting yang mendukung pengembangan chatbot yang efektif adalah chatbot flow builder. Walaupun begitu, penggunaan chatbot flow builder. 

Pengertian Chatbot Flow Builder

Chatbot flow builder adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk merancang dan mengatur alur percakapan dalam pengembangan chatbot. Fitur ini menyediakan desain visual intuitif yang memungkinkan pengguna untuk membuat skenario percakapan dengan mudah tanpa pengetahuan pemrograman yang mendalam. Dengan chatbot flow builder, pengguna dapat menentukan bagaimana chatbot akan merespons input dari pengguna dan bagaimana percakapan akan berlangsung.

Fungsi Chatbot Flow Builder, Apa Saja?

Chatbot flow builder memiliki berbagai fungsi penting, di antaranya sebagai berikut:

  • Membangun Alur Percakapan

Fungsi utama chatbot flow builder adalah membangun alur percakapan dengan chatbot yang jelas dan terstruktur. Pengguna dapat dengan mudah menambahkan node, menghubungkan percakapan, dan mengatur tanggapan chatbot berdasarkan input dari pengguna.

  • Pengaturan Logika Percakapan

Alat ini memungkinkan pengguna untuk mengatur logika percakapan sehingga chatbot dapat memberikan tanggapan yang relevan dengan pertanyaan atau permintaan pengguna.

  • Integrasi Eksternal

Chatbot flow builder juga mendukung integrasi dengan sistem atau platform lain seperti database atau layanan pihak ketiga untuk menyediakan informasi yang lebih lengkap.

Baca juga: Bagaimana Chatbot Flow Builder Bantu Tingkatkan Interaksi Pelanggan?

Pentingnya Menyediakan Panduan Penggunaan Chatbot Flow Builder

Inilah beberapa alasan mengapa Anda perlu menyediakan panduan penggunaan chatbot flow builder:

  • Memudahkan Penggunaan

Dengan adanya panduan penggunaan, Anda dapat memahami cara menggunakan chatbot flow builder. Panduan ini akan memberikan petunjuk langkah demi langkah dalam merancang alur percakapan sehingga Anda dapat menghemat waktu dan usaha dalam proses pengembangan.

  • Konsistensi Pengembangan

Panduan penggunaan memastikan pengembangan chatbot dilakukan secara konsisten. Dengan mengikuti panduan ini, Anda bisa menghasilkan chatbot yang sesuai dengan standar perusahaan. Selain itu, Anda juga dapat memastikan chatbot memberikan respons yang konsisten kepada pengguna.

  • Meningkatkan Kolaborasi Tim

Panduan penggunaan juga memfasilitasi kolaborasi antara Anda dengan tim pengembang chatbot lainnya. Dengan memiliki panduan yang sama, setiap anggota tim dapat berkomunikasi dengan lebih efektif dan lebih mudah berbagi ide tentang pengembangan chatbot.

Apa Saja Isi dari Panduan Penggunaan Chatbot Flow Builder?

Penyusunan panduan penggunaan chatbot flow builder perlu memasukkan beberapa poin-poin di bawah ini:

  • Pengenalan tentang Chatbot Flow Builder

Panduan chatbot flow builder tentunya harus memberikan pengenalan terlebih dahulu tentang apa itu chatbot flow builder dan kegunaan fitur ini dalam pengembangan chatbot.

  • Petunjuk Penggunaan Antarmuka

Kemudian, panduan harus memberikan petunjuk berupa langkah demi langkah ketika menggunakan interface chatbot flow builder, termasuk cara menambahkan node, menghubungkan percakapan, dan mengatur tanggapan chatbot.

  • Contoh Skenario Percakapan

Sebaiknya panduan chatbot flow builder juga menyediakan contoh skenario percakapan yang umum digunakan sehingga Anda dapat memahami bagaimana chatbot merespons berbagai pertanyaan atau permintaan dari pengguna.

  • Best Practice dalam Penggunaan

Terakhir, panduan penggunaan chatbot flow builder ini dapat memuat best practice atau praktik terbaik dalam menggunakan chatbot flow builder, seperti cara mengatur logika percakapan atau melakukan integrasi eksternal dengan sistem lainnya.

Baca juga: Strategi Memanfaatkan Chatbot Flow Builder, Wajib Tahu!

Dapatkan Layanan Chatbot yang Dilengkapi dengan Fitur Chatbot Flow Builder Hanya di Ivosights!

Melihat sejumlah penjelasan di atas, sudah jelas bahwa chatbot flow builder adalah fitur yang krusial dalam menciptakan chatbot yang efisien, efektif, dan dapat diandalkan. Pentingnya menyediakan panduan penggunaan chatbot flow builder tidak boleh diabaikan karena panduan ini memastikan pengembangan chatbot yang sukses dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada para pelanggan.

Berbicara tentang chatbot, mungkin Anda sudah mempertimbangkan untuk menggunakan chatbot. Penggunaan chatbot sebagai asisten virtual akan membantu kegiatan operasional layanan pelanggan Anda, baik call center maupun contact center. Sebagai salah satu opsi, Anda bisa menggunakan layanan chatbot milik Ivosights yang bernama Sociobot. Sociobot atau chatbot pintar milik kami terintegrasi dalam Sociomile, sistem contact center omni-channel yang mendukung API Integration. Sistem ini mampu mengintegrasikan sebanyak 13 platform digital dalam satu dashboard serta menggabungkan layanan CRM dengan sistem-sistem lainnya milik perusahaan Anda. 

Kebetulannya, layanan chatbot kami telah dibekali dengan fitur chatbot flow builder sehingga Anda dapat mengkustomisasi alur chatbot tanpa bantuan programer profesional. Anda juga akan diarahkan dengan bantuan tim kami apabila mengalami kendala saat mendesain alur chatbot. Segera jadwalkan konsultasi dengan tim Ivosights untuk mendapatkan layanan pembuatan alur chatbot ini menyesuaikan kebutuhan perusahaan Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami