Bangun Alur Chatbot dengan Chatbot Flow Builder

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 28 Juni 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Chatbot Flow Builder. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Chatbot Flow Builder. Shutterstock

"Chatbot dapat memberikan respons secara lebih akurat dengan menggunakan flow builder!"

Chatbot mampu memberikan respon cepat, menjawab pertanyaan, dan melakukan sejumlah hal bermanfaat lainnya tanpa memerlukan bantuan tambahan manusia. Kemampuan ini menjadikan chatbot sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan efisiensi operasional perusahaan. Salah satu aspek penting dalam pengembangan chatbot adalah membangun alur percakapan yang runtut dan logis. Untuk hal ini, dibutuhkan chatbot flow builder sebagai suatu platform atau alat untuk merancang, membangun, dan mengatur alur percakapan chatbot. Dengan menggunakan chatbot flow builder, Anda dapat dengan mudah membuat alur percakapan kompleks sesuai dengan kebutuhan dan tujuan penggunanya yang ingin dicapai.

Kenapa Perlu Mengatur Alur Chatbot?

Baik atau tidaknya alur chatbot memengaruhi apakah komunikasi chatbot dengan penggunanya telah berjalan lancar, efisien, dan memberikan jawaban yang relevan. Ada beberapa alasan kenapa Anda harus mengatur alur chatbot sedemikian rupa, yaitu sebagai berikut:

  • Meningkatkan Layanan Pelanggan

Alur chatbot yang baik akan meningkatkan kualitas layanan pelanggan yang diberikan oleh perusahaan. Chatbot juga dapat memberikan jawaban atau solusi relevan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pelanggan. Dengan ini, keberadaan chatbot dapat mengurangi waktu tunggu pelanggan sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan akan layanan yang diberikan.

  • Menghemat Waktu dan Sumber Daya

Dengan adanya alur chatbot yang terstruktur dengan baik, perusahaan dapat menghemat waktu dan sumber daya yang harusnya dibutuhkan. Efektifnya alur chatbot akan membantu mengotomatisasi tugas-tugas repetitif yang sebelumnya harus dilakukan secara manual. Karyawan perusahaan jadi tidak perlu menangani langsung tugas-tugas tersebut sehingga dapat berfokus ke pekerjaan lainnya.

Baca juga: Apakah Penggunaan Chatbot dapat Menggantikan Pekerjaan Manusia?

  • Meningkatkan Efisiensi

Alur chatbot yang baik akan memandu Anda melalui beberapa proses dengan efisien dan terstruktur. Misalnya, jika pengguna memiliki beberapa pertanyaan atau membutuhkan bantuan dalam beberapa langkah, chatbot akan memastikan bahwa semua pertanyaan telah terjawab secara berurutan.

Manfaat Menggunakan Chatbot Flow Builder

Jika menggunakan bantuan chatbot flow builder, Anda akan mendapatkan beberapa manfaat di bawah ini:

  • Kemudahan Penggunaan

Chatbot flow builder menyediakan tampilan yang mudah digunakan untuk segala macam penggunanya. Dengan alur yang dapat disusun secara visual, Anda dapat merancang, mengatur, dan mengubah alur chatbot sesuai kebutuhan.

  • Fleksibilitas

Dengan adanya fleksibilitas dalam alur chatbot, Anda dapat melakukan kustomisasi respons bot yang akan diberikan, mengatur logika percakapan, dan menghubungkan chatbot dengan platform lain yang digunakan oleh perusahaan.

  • Optimalisasi Respons Bot

Dengan chatbot flow builder, Anda dapat mengoptimalkan respons bot untuk memberikan kualitas pelayanan pelanggan yang lebih baik. Anda dapat mengkustomisasi respons sehingga bersifat jelas, informatif, dan relevan dengan pertanyaan atau permintaan pengguna. Dengan memperhatikan bahasa yang digunakan, tone, dan gaya komunikasi yang sesuai, Anda dapat menciptakan respons bot yang lebih manusiawi sehingga meningkatkan interaksinya dengan pengguna.

Cara Mengatur Chatbot Flow Builder

Untuk membangun alur chatbot dengan chatbot flow builder, Anda perlu mengikuti dahulu langkah-langkah di bawah ini:

  • Analisis Kebutuhan Bisnis

Pertama-tama, lakukan analisis mendalam tentang apa yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan Anda. Perjelas tujuan penggunaan chatbot dan perannya dalam memberikan layanan pelanggan yang lebih baik. Sertakan juga beberapa pertanyaan atau masalah yang paling sering diajukan oleh pelanggan dalam bentuk Frequently Asked Questions (FAQ).

  • Rancang Alur Chatbot

Gunakan chatbot flow builder untuk merancang alur pemakaian chatbot. Buatlah daftar pertanyaan yang paling umum dan berikan jawaban berupa solusi yang tepat untuk setiap pertanyaan tersebut. Susun alur chatbot secara visual dengan menambahkan langkah-langkah, kondisi, dan respons yang sesuai.

  • Uji dan Tinjau

Setelah selesai merancang alur chatbot, lakukan uji coba chatbot menggunakan chatbot flow builder. Hal ini dilakukan memastikan bahwa alur chatbot berjalan dengan baik dan memberikan respons yang tepat sesuai kebutuhan setiap penggunanya nanti.

  • Aplikasikan dan Perbarui

Terakhir, setelah memastikan bahwa alur chatbot bekerja dengan baik, aplikasikan chatbot pada platform yang perusahaan Anda gunakan. Lakukan monitoring dan perbarui alur chatbot secara rutin apabila adanya feedback dan perubahan kebutuhan dalam perusahaan.

Baca juga: Ketahui Chatbot Flow Builder Mempermudah Pengguna Membuat FAQ Chatbot!

Kembangkan Perusahaan Anda dengan Chatbot Berbasis Flow Builder

Melihat pentingnya penggunaan chatbot flow builder sebagai salah satu alat pengembang kualitas layanan pelanggan, Anda harus menjadikannya sebagai pertimbangan bersama. Selain membuat pelanggan nyaman dengan pelayanan tingkat profesional, chatbot dapat membantu mengurangi pekerjaan yang harus diselesaikan secara manual.

Memperkenalkan chatbot flow builder, salah satu fitur terbaru layanan contact center Sociomile dari Ivosights. Chatbot flow builder ini dapat memudahkan Anda untuk mengkustomisasi skema chatbot tanpa membutuhkan waktu lama. Dengan begini, Anda tidak perlu membutuhkan bantuan programmer untuk memprogram chatbot khusus untuk perusahaan. Dapatkan fitur ini dengan berlangganan layanan Sociomile dari Ivosights, sekarang!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami