7 Kerugian yang Didapat Apabila Tidak Menggunakan Chatbot Flow Builder

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 20 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Chatbot Flow Builder. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Chatbot Flow Builder. Shutterstock

"Inilah berbagai kerugian yang Anda dapatkan jika memutuskan untuk tidak memakai chatbot flow builder"

Penggunaan chatbot telah menjadi salah satu solusi efektif untuk meningkatkan interaksi perusahaan dengan pelanggan. Supaya chatbot semakin efisien dan dapat diandalkan, sejumlah perusahaan memutuskan untuk menggunakan chatbot flow builder. Apa saja manfaat yang didapatkan dari chatbot flow builder ini? Lalu, apa yang terjadi bila Anda tidak menggunakan chatbot flow builder? Simak artikel di bawah ini.

Apa Itu Chatbot Flow Builder?

Chatbot flow builder merupakan sebuah alat yang membantu penggunanya merancang dan mengatur alur percakapan chatbot. Dengan chatbot flow builder, Anda dapat membuat skenario percakapan dan mengatur tanggapan chatbot. Umumnya, tampilan visual chatbot flow builder ini bersifat intuitif sehingga Anda merancang alur percakapan chatbot tanpa perlu menggunakan kode-kode pemrograman.

Baca juga: Apa itu Chatbot Flow Builder?

Alasan Pentingnya Menggunakan Chatbot Flow Builder

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan chatbot flow builder:

  • Efisiensi Pengembangan

Dengan chatbot flow builder, Anda tidak perlu menulis kode pemrograman dari awal. Fitur ini juga menyediakan berbagai pilihan template percakapan untuk menghemat waktu dan sumber daya dalam proses pengembangan chatbot.

  • Pengaturan Alur Percakapan yang Jelas

Kemudian, chatbot flow builder memungkinkan Anda untuk mengatur alur percakapan dengan jelas dan terstruktur. Chatbot dapat diatur untuk memberikan respons yang relevan dengan pesan yang di-input pelanggan dari setiap skenario percakapan yang berbeda.

  • Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

Dengan alur percakapan yang teratur, chatbot memberikan pengalaman yang lebih baik untuk pelanggannya.

  • Kemampuan Mengatasi Pertanyaan yang Beragam

Chatbot flow builder juga dapat dikustomisasi dengan cara menambahkan berbagai skenario percakapan untuk mengatasi berbagai perintah dari pengguna.

Beberapa Manfaat Penggunaan Chatbot Flow Builder

Penggunaan chatbot flow builder mendatangkan berbagai manfaat kepada penggunanya, antara lain sebagai berikut:

  • Fleksibilitas dalam Menyesuaikan Percakapan

Dengan chatbot flow builder, Anda dapat menyesuaikan alur chatbot dengan tujuan dan kebutuhan bisnis. Penyesuaian ini dapat berbentuk menambahkan atau menghapus komponen percakapan tanpa perlu mengubah kode secara manual.

  • Penghematan Waktu dan Biaya

Penggunaan chatbot flow builder akan memangkas waktu dan biaya yang diperlukan untuk pengembangan chatbot. Proses pengembangan chatbot akan dipercepat dengan cara menyediakan komponen-komponen yang siap digunakan.

  • Integrasi yang Mudah

Anda  dapat menyimpan hasil pengembangan oleh chatbot flow builder dalam berbagai format sehingga dapat dengan mudah diintegrasikan dengan sistem chatbot yang telah ada.

Baca juga: Cara Mengatur Alur Chatbot dengan Chatbot Flow Builder

Kerugian Saat Tidak Menggunakan Chatbot Flow Builder

Pengabaian penggunaan chatbot flow builder dapat menyebabkan beberapa kerugian, diantaranya:

  • Keterbatasan Pengaturan Percakapan

Tanpa chatbot flow builder, Anda diharuskan untuk menulis kode secara manual sehingga pengaturan percakapan terbatas. Chatbot juga akan sulit disesuaikan dengan berbagai skenario percakapan yang berbeda.

  • Pengembangan yang Lambat

Tanpa adanya chatbot flow builder, Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menulis kode dan mengatur alur percakapan secara manual.

  • Tingkat Kepuasan Pelanggan yang Menurun

Chatbot yang dikembangkan tanpa chatbot flow builder kurang bisa memberikan pengalaman yang optimal. Respons chatbot juga kurang relevan dan informatif sehingga berpotensi menurunkan tingkat kepuasan pelanggan.

  • Kesulitan dalam Pemeliharaan

Chatbot yang dikembangkan tanpa chatbot flow builder akan sulit di bidang pemeliharaan. Perubahan pada percakapan atau penambahan fitur baru akan memerlukan perubahan kode yang lebih banyak.

  • Keterbatasan Integrasi

Tanpa adanya fitur chatbot flow builder ini, pengguna akan lebih kesulitan untuk mengintegrasikan chatbot dengan platform atau sistem yang berbeda.

  • Potensi Kesalahan dalam Pengaturan

Pengaturan chatbot tanpa chatbot flow builder meningkatkan risiko terjadinya kesalahan dalam menulis kode atau mengatur alur percakapan. Kesalahan tersebut menyebabkan chatbot memberikan tanggapan yang kurang relevan.

  • Keterbatasan Penggunaan oleh Non-Teknis

Terakhir, menggunakan chatbot flow builder mendorong pengguna di bidang non-teknis untuk terlibat dalam pengembangan chatbot. Tanpa alat ini, mereka akan kesulitan berkontribusi dalam pengembangan chatbot.

Berminat untuk Menggunakan Fitur Chatbot Flow Builder?

Kini, chatbot telah menjadi salah satu alat yang berguna untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Untuk menciptakan alur chatbot secara terstruktur, Anda bisa menggunakan bantuan chatbot flow builder. Fitur ini berguna untuk mengatur chatbot supaya dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana yang sering ditanyakan oleh pelanggan. Hal ini tentu lebih baik dibandingkan membuat manual alur chatbot yang relatif membutuhkan waktu lebih lama.

Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan chatbot flow builder, kami punya solusinya. Sebagai perusahaan yang mengutamakan customer enhancement, Ivosights menyediakan berbagai platform pendukung layanan pelanggan, seperti sistem contact center Sociomile yang terintegrasi dengan chatbot andalan bernama Sociobot. Kebetulannya, layanan chatbot kami telah dibekali dengan fitur chatbot flow builder sehingga Anda dapat mengkustomisasi alur chatbot tanpa bantuan programer profesional. Selama mendesain alur chatbot, Anda juga akan diarahkan dengan bantuan tim kami apabila mengalami kendala saat menggunakan fitur ini. Segera jadwalkan konsultasi dengan tim Ivosights untuk mendapatkan layanan pembuatan alur chatbot ini menyesuaikan kebutuhan perusahaan Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami