7 Cara Memilih Template Chatbot Flow Builder Menyesuaikan Kebutuhan!

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 20 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock

"Inilah tujuh cara mudah yang bisa Anda terapkan dalam memilih template chatbot flow builder"

Kepopuleran penggunaan chatbot ditunjukkan berkat efesiensinya dalam meningkatkan interaksi dengan pelanggan dan perusahaan penyedia layanan chatbot. Chatbot yang hendak dikembangkan oleh perusahaan dapat memanfaatkan penggunaan fitur chatbot flow builder

Fitur ini sering digunakan untuk merancang alur percakapan yang efektif dalam penggunaan chatbot. Supaya penyusunan alur chatbot semakin mudah, tidak jarang bahwa fitur chatbot flow builder menyediakan sejumlah template supaya Anda tidak perlu melakukan pemrograman ulang chatbot. Lalu, apa saja jenis-jenis template yang disediakan? Untuk mengetahuinya, silakan simak lebih lanjut artikel di bawah ini.

Kenali Apa Itu Chatbot Flow Builder

Chatbot flow builder merupakan sebuah fitur yang memudahkan Anda untuk merancang sendiri alur percakapan untuk chatbot. Fitur ini juga menyediakan berbagai template yang dapat digunakan sebagai dasar dalam membangun chatbot. Dengan chatbot flow builder, Anda dapat mengatur bagaimana chatbot akan merespons permintaan pelanggan dan mengatur alur percakapan dengan cara yang terstruktur.

Beberapa Jenis Template Chatbot dalam Chatbot Flow Builder

Berikut ini adalah beberapa jenis template yang umumnya disediakan oleh chatbot flow builder:

  • Template Sambutan

Sesuai dengan namanya, template sambutan biasanya digunakan untuk menyambut pengguna  saat mengakses chatbot dalam waktu pertama kalinya. Template ini dapat berisi pesan sambutan dan pertanyaan awal untuk mengarahkan tujuan terjadinya percakapan.

  • Template Pilihan Ganda

Kemudian, template pilihan ganda ini memungkinkan chatbot memberikan beberapa opsi pilihan kepada para pelanggan. Dengan template ini, mereka dapat memilih salah satu opsi yang telah disediakan oleh chatbot.

  • Template Pertanyaan Terbuka

Template ini memungkinkan chatbot untuk mengajukan pertanyaan terbuka kepada pengguna sehingga pengguna dapat memberikan jawaban apapun dalam bentuk teks.

  • Template Konfirmasi

Template konfirmasi digunakan untuk mengonfirmasi pilihan atau informasi yang telah diberikan oleh pelanggan sebelum chatbot memutuskan untuk melanjutkan percakapan.

Baca juga: Jenis-jenis Chatbot Flow Builder

Kriteria yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Template Chatbot Flow Builder

Dalam memilih template chatbot flow builder, ada beberapa kriteria yang perlu Anda perhatikan:

  • Kepentingan dengan Tujuan Chatbot

Pertimbangkan tujuan dari chatbot yang ingin Anda bangun. Pilihlah template yang sesuai dengan fungsi chatbot perusahaan Anda. Misalnya, jika chatbot bertujuan untuk memberikan informasi, gunakan template pertanyaan terbuka supaya dapat menerima pertanyaan dari pengguna.

  • Kompleksitas dan Kesiapan

Kemudian, pertimbangkan sejauh mana tingkat kompleksitas chatbot yang ingin Anda bangun. Chatbot sederhana dan cepat dibuat bisa memanfaatkan template yang sudah siap pakai dan mudah disesuaikan.

  • Kemudahan Dalam Penggunaan

Pastikan template yang Anda pilih mudah digunakan dan diatur sesuai kebutuhan. Template yang mudah digunakan akan menghemat waktu dalam proses pengembangan chatbot.

Langkah-Langkah Praktis dalam Memilih dan Menggunakan Template Chatbot Flow Builder

Berikut ini adalah tujuh langkah-langkah praktis dalam memilih dan menggunakan template dalam chatbot flow builder:

  • Tentukan Tujuan Chatbot

Pertama, tentukan tujuan dari chatbot yang ingin Anda bangun. Tujuan chatbot ini dapat berupa chatbot yang memberikan informasi, membantu proses pemesanan, atau menyediakan dukungan pelanggan.

  • Pilih Template yang Sesuai

Pilihlah template yang sesuai dengan tujuan chatbot Anda. Pastikan template tersebut mendukung fitur dan fungsionalitas yang Anda butuhkan.

  • Sesuaikan dengan Merek atau Identitas Perusahaan

Lalu, sesuaikan template tersebut dengan brand perusahaan Anda. Atur terlebih dahulu warna, logo, dan gaya percakapan yang sesuai dengan citra perusahaan.

  • Buat Alur Percakapan yang Terstruktur

Buat alur percakapan yang terstruktur dan logis menggunakan template yang telah dipilih. Pastikan setiap langkah percakapan mengarahkan pengguna menuju tujuan akhir.

  • Uji Coba dan Evaluasi

Lakukan uji coba chatbot menggunakan template yang telah Anda atur. Evaluasi respons chatbot dan perbaiki jika diperlukan.

  • Sesuaikan dengan Masukan dan Feedback Pelanggan

Perhatikan secara baik-baik masukan dan feedback dari pelanggan dan sesuaikan chatbot dengan kebutuhan dan preferensi perusahaan pengguna layanannya.

  • Pantau dan Perbarui

Terakhir, pantau kerja chatbot secara berkala dan lakukan pembaruan alur percakapan apabila diperlukan. Pastikan chatbot tetap relevan dan efektif dalam memberikan layanan kepada pelanggan.

Baca juga: 7 Kerugian yang Didapat Apabila Tidak Menggunakan Chatbot Flow Builder

Gunakan Berbagai Macam Template dari Fitur Chatbot Flow Builder untuk Mendesain Alur Chatbot

Itulah beberapa jenis template yang bisa Anda gunakan untuk membangun alur chatbot. Dengan alur chatbot yang lebih terstruktur, penggunaan layanan ini akan memberikan manfaat secara optimal yang dapat mendorong tingkat kepuasan pelanggan. Membuat alur chatbot akan semakin mudah dengan bantuan fitur chatbot flow builder dibandingkan mengaturnya secara manual.

Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan chatbot flow builder, kami punya solusinya. Sebagai perusahaan yang mengutamakan customer enhancement, Ivosights menyediakan berbagai platform pendukung layanan pelanggan, seperti sistem contact center Sociomile yang terintegrasi dengan chatbot andalan bernama Sociobot. Kebetulannya, layanan chatbot kami telah dibekali dengan fitur chatbot flow builder sehingga Anda dapat mengkustomisasi alur chatbot tanpa bantuan programer profesional. 

Ada berbagai pilihan template yang bisa Anda gunakan menyesuaikan kebutuhan perusahaan Anda. Dengan begitu, pembuatan alur chatbot akan semakin mudah.  Anda juga akan diarahkan dengan bantuan tim kami apabila mengalami kendala saat mendesain alur chatbot. Segera jadwalkan konsultasi dengan tim Ivosights untuk mendapatkan layanan pembuatan alur chatbot ini menyesuaikan kebutuhan perusahaan Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami