Cara Upgrade Web Mobile dan Platform Media Sosial Bisnis Pakai Chatbot

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 06 April 2023
Ket: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock
Ket: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock

"chatbot merupakan fitur berbasis AI yang memudahkan percakapan pada suatu bisnis dengan pelanggan. Dapat menjawab berbagai jenis skenario dengan cepat dan jelas"

Seperti kata yang terkandung dari chatbot, chatbot merupakan sebuah AI yang bergerak dan mempunyai sebuah sistem untuk melaksanakan chat atau percakapan dengan berbagai pihak dengan jawaban serta pertanyaan yang sangat alami. Chatbot pastinya sudah tidak asing bagi beberapa orang. Pada operating system sebuah ponsel genggam android kita mengenal dengan google yang dapat menjawab setiap pertanyaan dengan jawaban seakurat mungkin. Pada besutan produk ponsel genggam dari Apple kita mengenal dengan AI bernama SIRI yang kurang lebih memiliki fungsi seperti google sebagai AI yang akan membantu melalui chat maupun voice chat.

Pada suatu bisnis sebuah percakapan dan komunikasi menjadi salah satu komponen penting untuk berjalannya bisnis. Dalam sebuah pertanyaan mengenai sebuah produk antar pelanggan dan pengusaha, serta transaksi yang dilakukan pastinya membutuhkan sebuah media yang mumpuni untuk berinteraksi dua arah. Menjalankan bisnis pada era sekarang pastinya sudah menggunakan media sosial atau platform yang memiliki fitur yang banyak dan bervariasi. Salah satu fitur yang pastinya akan ditemukan dan dibutuhkan adalah chatbot.

Baca Juga: Perkuat Bisnis Saat Ramadan dengan Chatbot, Yuk!

Apa Itu Chatbot?

Chatbot merupakan sebuah AI atau sistem komputer terdapat pada platform media sosial seperti Whatsapp, Instagram, Telegram, Dll. Berfungsi untuk melakukan interaksi dengan berbagai individu dan sudah diprogram dengan jawaban yang dihasilkan dengan bahasa se-alami mungkin atau dapat disebut juga dengan NLP. Hal tersebut menggambarkan bahwa chatbot merupakan AI yang berfungsi untuk berinteraksi dengan berbagai pihak melalui beberapa platform untuk memberikan respon dan pertanyaan sebaik mungkin.

Kenapa Chatbot Memiliki Hubungan dengan Bisnis?

Chatbot memiliki fitur yang dapat dilakukan seperti membantu pelanggan dengan informasi yang disampaikan, membantu mempromosikan produk yang dijual, memberikan rekomendasi, membantu proses pembayaran terhadap setiap pelanggan, serta mengumpulkan informasi dan data dari setiap pelanggan. Hal ini sangat membantu anda sebagai pengusaha yang memiliki bisnis, sehingga hemat dalam biaya untuk layanan pelanggan sampai hemat waktu karena setiap percakapan sudah di-handle oleh chatbot itu sendiri. Memiliki efisiensi lebih yang membuat para pelaku bisnis sangat terbantu.

Beberapa chatbot bahkan dapat belajar dan berevolusi dengan belajar dari setiap percakapan. Chatbot itu sendiri sudah banyak digunakan dalam banyak sekali industry seperti e-commerce, jasa kesehatan, sampai instansi pemerintahan. Maka, sangat disayangkan apabila para pelaku bisnis tidak memanfaatkan teknologi ini sebagai bentuk mengembangkan usahanya. Bagi para pengusaha dapat memulai dengan upgrade pada web atau media sosial bisnis yang sedang dijalankan. Hal tersebut dapat menaikkan kinerja serta reputasi bisnis anda karena dianggap up-to-date dari pelanggan.

 Cara Memakai Chatbot

Bagi Anda yang ingin menggunakan chatbot sebagai bentuk upgrade bisnis, anda perlu mengetahui dan simak langkah berikut.

  • Tentukan platform yang anda inginkan seperti pada media sosial Whatsapp, Facebook Messenger atau media sosial lainnya.

  • Pilih jenis chatbot yang sesuai dengan keinginan anda. Opsi yang dapat anda pilih yaitu chatbot untuk platform itu sendiri, untuk pihak ketiga, atau chatbot khusus untuk bisnis anda saja.

  • Buat akun atau halaman bisnis pada platform chat yang telah anda pilih. Pastikan langkah ini sudah sesuai dengan pedoman serta syarat yang berlaku.

  • Konfigurasikan chatbot yang telah anda pasang. Setelah terpasangnya chatbot, maka anda harus menyelesaikan setiap langkahnya, apabila anda menggunakan chatbot dari pihak ketiga ikuti instruksi yang sudah diberikan.

  • Integrasi chatbot dengan sistem bisnis anda. Anda dapat sambungkan chatbot dengan CRM, data pembayaran, dan data lainnya. Sehingga chatbot dapat dengan mudah menjalani tugasnya.

  • Melakukan uji coba. Apabila chatbot sudah terpasang, kamu dapat mencoba kinerjanya. Dengan melakukan uji coba percakapan menggunakan berbagai macam pertanyaan. Hal ini juga menjadi tindak pencegahan apabila terjadinya penyimpangan sebelum sampai digunakan oleh pelanggan.

  • Pelajari analisis serta evaluasi yang dilakukan chatbot dalam bisnis anda

  • Kenalkan chatbot kepada para pelanggan anda melalui web, platform, media sosial bisnis anda. sehingga para pelanggan memiliki kesadaran bahwa bisnis anda memiliki fitur interaksi yang baik.

Baca Juga: Tingkatkan Customer Experience pada Aplikasi Travel dengan Chatbot!

Ivosights Menghasilkan Produk Chatbot Untuk Bisnis

Di mana kah anda dapat memiliki dan menggunakan chatbot untuk menjalankan bisnis anda? Ivosights, telah menjadi perusahaan yang menghasilkan produk-produk teknologi yang dapat digunakan melalui banyak platform. Ivosights menghasilkan produk yang dapat anda gunakan sebagai chatbot yang sudah sangat terjamin kualitas dan sistemnya. Anda dapat berkonsultasi mengenai produk yang Ivosights miliki sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Tidak perlu ragu, Ivosights memiliki tim terbaik yang dapat menjawab setiap pertanyaan anda dalam persoalan pengembangan suatu bisnis dengan berbagai macam platform. Segera cek laman dan media sosial kami!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami