Cara Menetapkan Tujuan Perusahaan dalam Annual Report

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Rabu, 07 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.

"Dengan memantapkan tujuan, Anda dapat menggaet investor baru ke perusahaan. Tujuan yang jelas dapat menunjukan kredibilitas perusahaan Anda"

Annual report merupakan sesuatu yang harus dimiliki perusahaan pada setiap akhir tahun. Sebab, annual report merupakan bentuk pertanggungjawaban perusahaan kepada para investor, terlebih jika perusahaan tersebut telah masuk ke dalam pasar saham, annual report merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari.

Selain memasukkan profil perusahaan, baik laporan keuangan maupun kinerja perusahaan setahun terakhir, hal yang sangat penting untuk dimasukkan ke dalam annual report adalah tujuan perusahaan kedepan agar para investor semakin yakin untuk melanjutkan investasi di perusahaan Anda.

Dengan tujuan kedepan yang jelas, berarti Anda menjalankan perusahaan dengan serius dan memiliki visi ke depan sehingga para investor merasa aman untuk menyuntikkan dana ke perusahaan Anda.

Terlebih, dengan memantapkan tujuan kedepan, Anda juga dapat menggaet investor baru ke perusahaan Anda karena melalui tujuan kedepan yang jelas, berarti menunjukan kredibilitas perusahaan Anda. Berikut adalah tips cara menetapkan tujuan perusahaan kedepannya yang dapat Anda terapkan dalam annual report perusahaan Anda.

Cara Jitu Menetapkan Tujuan Dalam Annual Report Perusahaan

#1 Buat Tujuan yang Spesifik

Poin pertama yang harus Anda perhatikan dalam membuat tujuan annual report perusahaan adalah menetapkan tujuan yang spesifik, sangat spesifik. Hindari target tujuan yang terlalu umum dan kurang mendetail. Tetapkan tujuan yang jelas, tidak ambigu dan dipaparkan dengan bahasa yang lugas. Berikut adalah kriteria tujuan singkat jelas dan padat yang dapat Anda terapkan.

  1. Buat tujuan yang terfokus dan definisikan tujuan tersebut dengan baik, tujuan yang lebih spesifik memiliki kesempatan yang lebih besar untuk dicapai dibandingkan tujuan yang bersifat umum.
  2. Saat menetapkan tujuan, pastikan Anda dapat menjawab pertanyaan 6W berikut: 
  • Who - Siapa yang terlibat?
  • What - Target apa yang ingin Anda capai?
  • Where - Dimana target ini akan dicapai (lokasi)
  • When - Kapan target ini akan dicapai? tentukan waktu yang realistis
  • Which - Persyaratan dan hambatan apa yang akan perusahaan temui selama proses mencapai tujuan? identifikasi hal ini.
  • Why - Mengapa Anda menetapkan tujuan ini? buat alasan dan manfaat jika perusahaan Anda berhasil mencapainya.

#2 Memiliki Kriteria Sebagai Tolak Ukur Kesuksesan Proses

Selain menetapkan tujuan yang jelas, Anda harus menerapkan kriteria sebagai tolak ukur kesuksesan proses. Anda harus mengukur kemajuan proses perusahaan Anda dalam mencapai tujuan secara berkala. Hal ini akan membantu karyawan perusahaan Anda untuk tetap berada dalam jalur yang benar, sesuai dengan tujuan perusahaan.

Selain itu, memiliki kriteria sebagai tolak ukur kesuksesan proses juga dapat membuat karyawan Anda untuk menepati tenggat waktu dan selalu bersemangat ketika memperoleh hasil yang menggembirakan setiap meraih pencapaian yang membuat mereka lebih dekat pada tujuan. Oleh karena itu, Anda dapat mengukur progress dengan cara:

  1. Menanyakan pertanyaan How, berapa banyak dan bagaimana Anda mengetahui bahwa target tersebut telah tercapai atau belum.
  2. Membuat weekly reminder untuk menilai dan memutuskan progress masing-masing tim di perusahaan Anda. Buatlah pengingat mingguan tentang hal-hal penting yang harus dicapai tiap-tiap divisi. Kemudian, Anda juga dapat meminta mereka untuk mempresentasikan apa saja yang telah dilakukan dalam waktu satu minggu kebelakang.

Nah, itulah cara menetapkan tujuan perusahaan dalam annual report. Jika membutuhkan bantuan dalam pembuatan annual report untuk bisnis Anda, Ivosights dapat membantu Anda. Kami akan membantu dalam menyusun annual report yang sistematis dan menarik perhatian investor melalui solusi analisis Big Data. Dengan demikian, Anda dapat menemukan insights berharga yang dapat membantu perusahaan mendapatkan perhatian lebih dari investor.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami