Waspada Call Center Penipuan! Kenali Ciri-Cirinya Disini

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 25 Juli 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Call Center.
Ket. Foto: Ilustrasi - Call Center.

"Maraknya kasus penipuan melalui media online membuat pelanggan merasa dirugikan. Salah satu penipuan yang marak adalah call center!"

Maraknya kasus penipuan melalui media online membuat banyak pelanggan merasa dirugikan. Salah satu metode penipuan yang kian meresahkan adalah melalui call center. Penipuan ini seringkali melibatkan pelaku yang berpura-pura menjadi perwakilan dari perusahaan resmi, yang kemudian mencoba untuk mencuri informasi pribadi atau keuangan dari korbannya. Fenomena ini tidak hanya merugikan secara finansial, tetapi juga dapat menimbulkan trauma dan rasa tidak aman bagi para korbannya. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk mengetahui ciri-ciri call center penipuan agar dapat terhindar dari jebakan para pelaku.

Apa itu Call Center?

Sebelum beranjak ke ciri-ciri call center penipuan, Anda wajib tahu terlebih dahulu pengertian call center. Call center merupakan sebuah unit dalam operasional bisnis yang bertugas untuk menangani panggilan telepon masuk  (Inbound) atau keluar (Outbound) dari pelanggan dan pihak eksternal lainnya. Call center dapat dikatakan sebagai garda terdepan komunikasi suatu bisnis. Dengan adanya call center, pelanggan dapat menerima layanan yang baik, mendapatkan informasi terkait produk, menerima bantuan penyelesaian masalah, melakukan transaksi dengan mudah, mengisi survei, hingga mendapatkan tawaran atau diskon. Call center membutuhkan beberapa jenis teknologi pendukung untuk membantu operasionalnya.

Tanda-Tanda yang Patut Diwaspadai dari Call Center Penipuan 

Berikut adalah ciri-ciri yang perlu Anda pelajari untuk menghindari penipuan call center:

  • Permintaan Informasi Pribadi atau Keuangan

Call center penipu sering kali meminta informasi sensitif seperti nomor kartu kredit, nomor identitas, atau kata sandi. Perusahaan resmi tidak akan meminta informasi tersebut melalui telepon.

  • Tekanan untuk Bertindak Cepat

Call center penipu seringkali menciptakan rasa urgensi atau menekan korban untuk segera mengambil tindakan, seperti mentransfer uang atau memberikan informasi pribadi.

  • Nomor Telepon yang Tidak Dikenal

Penelpon call center palsu sering menggunakan nomor telepon yang tidak dikenal atau tersembunyi. Jika ragu, sebaiknya tidak menjawab atau segera mengakhiri panggilan.

  • Bahasa yang Tidak Profesional

Call center penipu mungkin menggunakan bahasa yang tidak profesional atau nada yang mengintimidasi. Perusahaan resmi biasanya memiliki prosedur dan etika komunikasi yang jelas.

  • Penawaran yang Terlalu Bagus untuk Menjadi Kenyataan

Penipuan call center seringkali melibatkan penawaran yang terlalu menggiurkan, seperti hadiah besar atau investasi dengan keuntungan tinggi dan risiko rendah.

Baca Juga: 5 Tantangan Agen Call Center Menghadapi Era Serba Digital

Langkah-langkah Preventif untuk Menghindari Penipuan Call Center

Jika Anda ragu untuk melakukan tindakan, lakukan hal berikut:

  • Verifikasi Identitas Penelpon

Sebelum memberikan informasi apa pun, pastikan untuk memverifikasi identitas penelpon dengan menghubungi nomor resmi perusahaan yang tercantum di situs web resmi atau sumber terpercaya lainnya.

  • Jangan Memberikan Informasi Pribadi atau Keuangan

Hindari memberikan informasi sensitif melalui telepon, terutama jika tidak yakin dengan identitas penelpon.

  • Laporkan Panggilan Mencurigakan

Jika menerima panggilan yang mencurigakan, segera laporkan ke pihak berwenang atau ke layanan pelanggan perusahaan terkait.

  • Gunakan Aplikasi Pemblokir Panggilan

Gunakan aplikasi pemblokir panggilan untuk menghindari panggilan dari nomor yang tidak dikenal atau mencurigakan.

  • Edukasi Diri dan Orang Terdekat

Edukasi diri sendiri dan orang-orang terdekat mengenai modus operandi penipuan call center dan langkah-langkah pencegahannya.

  • Periksa Ulang Informasi

Jangan langsung percaya informasi yang diberikan oleh penelpon. Lakukan pemeriksaan ulang melalui sumber resmi atau pihak ketiga yang dapat dipercaya.

Dapatkan Call Center Terpercaya: Sociomile dari Ivosights!

Ivosights merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri business solution provider. Ivosights menghadirkan Sociomile Voice, platform turunan dari Sociomile yang merupakan platform call center yang memadukan berbagai jenis kanal digital dalam 1 dashboard. Platform tersebut merupakan solusi bagi perusahaan untuk memiliki efisiensi dalam operasional bisnis, juga menciptakan interaksi dan hubungan yang baik dengan pelanggan. Dengan menggunakan call center dari Ivosights ini, perusahaan dapat dengan mudah menaikkan customer experience. Alat ini sangat komprehensif dengan fiturnya yang lengkap, seperti Interactive Voice Response (IVR), Automatic Call Distribution (ACD), Call Barging, CRM, Artificial Intelligence (AI) dan sistem integrasi lainnya. Tertarik menggunakan Sociomile Voice? Hubungi Ivosights untuk langkah awal menuju bisnis sukses!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami