Tantangan dan Strategi Mengelola Agen Call Center Skema Work From Home

BPO Contact Center


Penulis : Administrator - Rabu, 26 Juni 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - Agen Call Center. Shutterstrock
Ket. Foto: Ilustrasi - Agen Call Center. Shutterstrock

"Pengelolaan agen call center dalam skema work from home merupakan pekerjaan yang sulit. Telusuri jenis tantangan dan cara mengatasinya melalui artikel ini."

Mengelola agen call center dengan skema Work From Home (WFH) telah menjadi tantangan tersendiri bagi banyak perusahaan, terutama dalam era digital saat ini. Perubahan drastis dari lingkungan kantor tradisional ke model kerja jarak jauh memerlukan adaptasi yang signifikan dalam operasional dan manajemen. Artikel ini akan membahas berbagai tantangan yang dihadapi dalam mengelola agen call center WFH, termasuk masalah komunikasi, produktivitas, dan keamanan data. Mari kita eksplorasi bersama solusi terbaik untuk mengelola agen call center WFH dengan sukses.

Apa itu Call Center? 

Call center pada bisnis bertanggung jawab melayani pelanggan, seperti menjawab pertanyaan, menanggapi keluhan, membantu proses transaksi, hingga memberikan asistensi digital lainnya. Untuk mengelola call center, perusahaan pada umumnya membutuhkan infrastruktur, software dan teknologi penunjang, juga pengelolaan agen call center. Pengelolaan agen call center tentu menjadi tantangan besar, terutama bagi perusahaan dengan skema bekerja jarak jauh atau Work From Home (WFH). Skema bekerja jarak jauh bagi agen call center dapat menjadi tantangan yang dapat berdampak signifikan terhadap operasional, produktivitas, dan kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, pada artikel ini, terdapat cara dan tips yang dapat dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut.

Tantangan Pengelolaan Agen Call Center Skema Work From Home

  • Komunikasi dan Kolaborasi

Tantangan utama dalam pekerjaan dengan skema jarak jauh adalah menjaga alur komunikasi. Ketika mengandalkan saluran digital untuk berkomunikasi dan berkolaborasi, tidak jarang muncul kesalahpahaman antar individu tim.

  • Teknologi dan Infrastruktur

Teknologi dan infrastruktur merupakan media utama yang memfasilitasi alur kerja agen call center. Akan tetapi, bergantung pada teknologi juga merupakan tantangan tersendiri, terutama dengan kemungkinan terjadinya masalah teknis yang menghambat pekerjaan.

  • Pemantauan Performa

Memantau agen call center dari jarak jauh bisa jadi sulit bagi sebagian perusahaan. Hal ini disebabkan oleh kinerja agen yang tak dapat dilihat secara langsung dan membutuhkan alur pemantauan tersendiri.

  • Semangat Kerja Karyawan

Menjaga performa dan semangat kerja karyawan ketika bekerja jarak jauh juga bukanlah agenda yang mudah. Bekerja jarak jauh dapat membuat agen call center merasa terisolasi dan terputus dari tim. Komunikasi tanpa interaksi tatap muka juga rawan menyebabkan stres atau burnout.

  • Pelatihan dan Pengembangan

Agen call center perlu menjaga performa dan kemampuannya dengan baik meskipun dalam skema bekerja jarak jauh. Akan tetapi, mengadakan pelatihan dan pengembangan secara online bisa jadi kurang efektif dan tidak optimal.

Baca Juga: 8 Keterampilan Penting yang Wajib Dikuasai Agen Call Center 

Strategi Pengelolaan Agen Call Center Skema Work From Home

  • Alat Komunikasi yang Efektif

Untuk mengatasi tantangan yang sudah dipaparkan, yang dapat dilakukan adalah menggunakan alat komunikasi yang efektif, seperti Slack, Microsoft Teams, atau Zoom Meeting. Perusahaan dapat mengadakan check in rutin atau rapat tim virtual.

  • Infrastruktur Teknologi yang Kuat

Untuk dapat berkomunikasi secara efektif, perusahaan perlu memastikan seluruh agen call center memiliki infrastruktur teknologi yang kuat, seperti koneksi internat dan perangkat keras. Perusahaan dapat juga berinvestasi dalam software yang aman.

  • Pemantauan dan Dukungan Kerja

Strategi pengelolaan selanjutnya adalah menggunakan metrik pelacakan kinerja agen call center untuk memantau produktivitas agen. Perusahaan dapat memberikan feedback dan dukungan secara teratur untuk membantu karyawan termotivasi.

  • Inisiatif Keterlibatan Karyawan

Menjaga lingkungan kerja positif juga berpengaruh dalam mengelola agen call center secara virtual. Perusahaan dapat mengadakan acara sosial virtual atau program penghargaan untuk meningkatkan semangat kerja. 

  • Program Pelatihan Komprehensif

Mengadakan pelatihan secara virtual kerapkali menjadi tantangan bagi perusahaan. Akan tetapi, perusahaan dapat mengakalinya dengan menggunakan platform e-learning, menyediakan materi yang komprehensif, dan membangun pelatihan variatif untuk agen.

Baca Juga: 7 Tahapan Efektif Pelatihan Agen Call Center Ahli dan Profesional 

BPO Call Center dari Ivosights: Solusi Pengelolaan Call Center Skema Work From Home!

 

Optimalkan pengelolaan call center Anda dengan solusi BPO Call Center dari Ivosights! Kami memahami tantangan dalam mengelola agen call center dengan skema Work From Home dan menawarkan solusi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Dengan teknologi canggih dan dukungan penuh dari tim ahli kami, Anda dapat meningkatkan produktivitas, memastikan keamanan data, dan menjaga kualitas layanan pelanggan. Hubungi kami sekarang untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana Ivosights dapat membantu Anda mengelola call center WFH dengan efisien dan efektif!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami