Tidak Melulu Negatif, Ini Fungsi Lain Buzzer untuk Pemerintah

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 10 April 2023
Ket. foto: Ilustrasi - Buzzer atau Key Opinion Leader (KOL). Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Buzzer atau Key Opinion Leader (KOL). Shutterstock.

"Istilah buzzer memang sering dikaitkan dengan hal-hal negatif. Yuk, simak penjelasannya untuk pemerintahan"

Buzzer merupakan salah satu strategi pemasaran yang cukup efektif untuk bisnis dan banyak bidang lainnya, termasuk pemerintahan. Adanya strategi pemakaian buzzer bisa meningkatkan brand awareness dan menguntungkan para pemilik bisnis atau oknum-oknum yang menggunakannya sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Pemerintahan juga memanfaatkan adanya strategi pemakaian buzzer untuk berbagai macam kepentingan untuk pemerintah. Namun, terkadang penggunaan buzzer juga dikaitkan untuk pengalihan isu sehingga menambahkan energi negatif terhadap penggunaannya. Untuk itu, mari simak baik-baik mengenai fungsi lain buzzer untuk pemerintah.

Alasan Buzzer Dianggap Negatif oleh Masyarakat

  • Sering Dianggap untuk Menutupi Isu atau Kasus

Isu atau kasus yang berhubungan dengan politik memang terkadang sangat pelik dan sulit untuk dimengerti oleh masyarakat. Hal ini juga merupakan suatu hal yang terkadang masih sering dipertanyakan kebenarannya oleh masyarakat, khususnya untuk isu-isu yang sensitif jika diperbincangkan. Ada kalanya buzzer di media sosial ‘terlihat’ seperti menutupi isu atau kasus yang sensitif tersebut agar mengalihkan perhatian masyarakat terhadap kasus yang jauh lebih menarik seperti perceraian artis atau membicarakan hal-hal lain yang memiliki banyak kemungkinan diperbincangkan oleh masyarakat.

Baca Juga: Bukan Hanya Ada di Media Sosial, Kenali Jenis-jenis Buzzer Disini Yuk!

  • Mengandung Hoax

Berita palsu juga kerap menjadi hal yang sering disangkut pautkan oleh buzzer terutama untuk melawan partai politik yang lain. Berita palsu ini juga kerap dianggap negatif karena dianggap curang dan memberikan keterangan palsu yang tidak profesional dan kurang diminati di kalangan masyarakat. Hal inilah yang juga sering dianggap oleh masyarakat sebagai salah satu alasan pemakaian dan tujuan buzzer oleh pemerintah.

  • Sebagai Alat Perlawanan Politik

Perlawanan politik memang cukup pelik, terutama saat menuju pemilu. Hal ini juga menjadikan buzzer selalu dianggap negatif karena tidak bersikap netral dan hanya memilih satu sisi secara terang-terangan.

  • Kampanye Negatif

Kampanye negatif juga sering dikaitkan oleh buzzer. Hal ini dikarenakan buzzer seringkali melakukan kampanye negatif seperti menjatuhkan lawan politik dengan menyebarkan isu negatif yang mengandung fakta terhadap lawan.

Fungsi Buzzer untuk Pemerintah

  • Menyebarkan Kampanye Positif

Bukan hanya menyebarkan kampanye negatif, buzzer juga memiliki fungsi lain yang bisa dimanfaatkan seperti menyebarkan kampanye positif. Ini bisa disebarkan dengan cara menyebarkan kampanye partai yang mengandung sisi positif dan keberhasilan.

  • Menyebarkan Berita dan Isu yang Sebenarnya

Salah satu manfaat dan fungsi buzzer lainnya untuk pemerintahan adalah untuk menyebarkan berita dan isu yang sebenarnya. Ini bisa dijadikan sebagai strategi untuk menghindari atau memberantas hoax agar tidak semakin beredar di kalangan masyarakat.

  • Memberikan Informasi Terkait Pemerintahan

Informasi terkait pemerintahan juga terkadang menjadi isu yang sensitif dan membingungkan kejelasannya. Untuk itu, kebenaran bisa diungkapkan dengan menggunakan buzzer. Untuk itu, buzzer bisa dimanfaatkan untuk memberikan informasi yang akurat mengenai pemerintahan.

Baca Juga: Produk Apa Saja yang Cocok Dipromosikan Melalui Buzzer?

  • Menyerukan Kampanye untuk Pemilu

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan keberadaan buzzer saat menjelang pemilu. Ini bisa pemerintah manfaatkan untuk menyerukan kampanye pemilu seperti menyebarkan hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar, syarat untuk mengikuti pemilu, dan lain-lain.

Singkatnya, buzzer memiliki banyak hal yang jauh lebih berguna dan bermanfaat untuk pemerintahan sehingga strategi yang satu ini tidak melulu dipandang negatif. Yuk, gunakan buzzer untuk melakukan hal positif sehingga bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Semoga bermanfaat!

Gunakan Ripple10 untuk Digital Monitoring yang Lebih Baik!

Alih-alih melakukan digital monitoring secara manual, Anda dapat dengan mudah melakukan digital monitoring menggunakan layanan aplikasi dari Ivosights, yakni Ripple10! Aplikasi kebanggan kami yang satu ini mampu melacak trending yang populer di kalangan masyarakat, memantau slang words yang digunakan di kalangan masyarakat, hingga mengetahui aktivitas kompetitor bisnis Anda! 

Ripple10 juga memiliki fitur yang akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang dibicarakan masyarakat tentang bisnis yang Anda miliki di media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Youtube, TikTok, Instagram, hingga Portal Berita. Selain itu, Anda juga bisa menganalisis tentang aktivitas digital kompetitor bisnis Anda melalui Ripple10. Mengagumkan sekali, bukan? Yuk, segera hubungi call center Ivosights sekarang juga untuk mendapatkannya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami