7 Manfaat Terapkan Hashtag dalam Kampanye Bisnis dengan Buzzer

Ripple10


Penulis : Administrator - Selasa, 03 Oktober 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Buzzer. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Buzzer. Shutterstock.

"Kampanye bisnis dengan buzzer dapat menggunakan hashtag supaya menjangkau lebih banyak target audiens bisnis"

Dalam era digital ini, penggunaan media sosial telah menjadi bagian penting dari strategi pemasaran bisnis. Dari media sosial, dikenal sebuah istilah buzzer sebagai seseorang yang memiliki follower dalam jumlah yang besar dan mampu memengaruhi sikap dan tindakan mereka. Dalam kampanye bisnis dengan buzzer ini, penggunaan hashtag menjadi sebuah strategi yang solusif untuk menjangkau audiens dalam lingkup yang lebih besar. Apa saja manfaat yang didapatkan dari penerapan hashtag dalam kampanye bisnis dengan buzzer? Simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

Pengertian dari Istilah Hashtag

Hashtag merupakan sebuah tanda pagar (#) yang diikuti oleh kata kunci atau frasa tertentu tanpa adanya spasi. Hashtag umumnya digunakan untuk mengkategorikan dan mengindeks konten yang ada di platform media sosial.

Peran Penting Hashtag dalam Kampanye Bisnis dengan Buzzer

Inilah lima peran penting hashtag dalam kampanye bisnis dengan buzzer:

  • Meningkatkan Keterlibatan (Engagement)

Pertama, hashtag dapat meningkatkan keterlibatan audiens dengan kampanye bisnis yang dipublikasikan oleh buzzer. Ketika buzzer menggunakan hashtag dalam konten yang dibuatnya, para audiens dapat terlibat dengan lebih mudah. Keterlibatan ini bisa dalam bentuk memberikan like, komentar, dan share konten buzzer yang menggunakan hashtag tersebut.

  • Meningkatkan Kesadaran Brand

Hashtag khusus kampanye bisnis dapat membantu meningkatkan kesadaran audiens terhadap brand Anda. Ketika audiens melihat hashtag yang digunakan secara konsisten dalam konten yang relevan, mereka dapat lebih mengenali bisnis Anda dan memahami pesan yang disampaikan dalam kampanye Anda.

  • Pelacakan Kinerja

Dengan menggunakan hashtag, Anda dapat melacak kinerja kampanye bisnis dengan buzzer secara lebih baik. Tak hanya itu, Anda juga dapat melihat seberapa banyak buzzer dan audiens menggunakan hashtag tersebut. Dengan begini, Anda akan mendapatkan sejumlah informasi mendalam tentang sejauh mana kampanye bisnis menyebar dan berapa banyak audiens yang terlibat di dalamnya.

  • Mendorong Partisipasi Audiens

Penggunaan hashtag dapat menjadi cara yang efektif untuk mendorong partisipasi audiens. Misalnya, Anda dapat mengadakan kontes dengan hashtag khusus yang mengharuskan audiens untuk berpartisipasi. Dengan begini, akan tercipta ikatan yang lebih erat antara bisnis Anda dan para pelanggan.

Baca juga: Alasan Anda Perlu Memantau Hashtag untuk Mengembangkan Bisnis

  • Penciptaan Komunitas

Penggunaan hashtag pada konten yang disebarkan buzzer secara konsisten dapat membantu menciptakan komunitas online yang berfokus pada kampanye bisnis Anda. Hal ini akan memungkinkan orang-orang yang memiliki minat yang sama untuk terhubung dan berinteraksi dengan sesamanya. Komunitas semacam ini dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan dan penggemar brand bisnis Anda.

Apa Itu Buzzer?

Buzzer merupakan sebuah individu atau influencer di media sosial yang memiliki jumlah follower yang besar dan dapat memengaruhi opini maupun tindakan yang mereka lakukan. Umumnya, buzzer sering digunakan dalam kampanye bisnis untuk meningkatkan eksposur brand bisnis.

Manfaat Terapkan Hashtag dalam Kampanye Bisnis dengan Buzzer

Inilah tujuh manfaat yang didapatkan dari penggunaan hashtag dalam kampanye bisnis dengan buzzer:

  • Peningkatan Keterlibatan

Menggunakan hashtag yang relevan dan menarik dalam kampanye bisnis dapat meningkatkan keterlibatan audiens. Ketika buzzer menggunakan hashtag ini dalam konten mereka, konten akan lebih efektif untuk menarik perhatian banyak orang.

  • Meningkatkan Kesadaran Merek

Penggunaan hashtag yang mencerminkan brand Anda dapat meningkatkan kesadaran brand itu sendiri di kalangan audiens buzzer. Ketika hashtag brand Anda digunakan secara konsisten, audiens lebih mudah mengenali bisnis Anda.

  • Pelacakan Kinerja

Adanya hashtag memungkinkan Anda untuk melacak kinerja kampanye bisnis dengan buzzer secara lebih baik. Dengan ini, Anda dapat menghitung berapa kali hashtag digunakan, berapa banyak audiens yang terlibat, dan seberapa banyak konten yang dihasilkan oleh buzzer.

  • Mendorong Partisipasi Audiens

Dalam kampanye bisnis dengan buzzer, Anda dapat menggunakan hashtag khusus untuk mengajak audiens turut berpartisipasi. Kampanye ini dapat berupa kontes, tantangan, atau kampanye kreatif lainnya yang melibatkan audiens.

  • Penciptaan Komunitas

Dengan hashtag yang digunakan secara khusus dalam kampanye bisnis dengan buzzer, Anda dapat membantu membangun komunitas di sekitar brand bisnis Anda. Komunitas ini dapat berfungsi sebagai tempat para penggemar dan pelanggan brand Anda berinteraksi, berbagi pengalaman, dan merasa terhubung dengan brand bisnis Anda.

  • Memperluas Jangkauan

Ketika buzzer menggunakan hashtag tertentu dalam konten kampanye bisnis yang dipublikasikan, mereka secara tidak langsung membantu memperluas jangkauan brand bisnis Anda. Konten yang dibagikan oleh buzzer dapat dilihat oleh para follower-nya yang merupakan audiens baru untuk bisnis Anda.

  • Meningkatkan Relevansi Konten

Penggunaan hashtag yang relevan dengan konten yang dibagikan oleh buzzer dapat meningkatkan relevansi konten. Hal ini membuat konten buzzer akan lebih berharga bagi audiens dan membantu mencapai tujuan kampanye.

Cara Memilih Hashtag yang Tepat dalam Kampanye Bisnis dengan Buzzer

Berikut ini lima cara yang dapat diterapkan dalam memilih hashtag yang tepat dalam kampanye bisnis dengan buzzer:

  • Relevansi dengan Brand dan Kampanye

Pastikan hashtag yang dipilih relevan dengan brand bisnis Anda dan tujuan kampanye. Hashtag harus mencerminkan nilai-nilai dan pesan brand Anda agar tidak terdengar terlalu dipaksakan.

  • Riset Kata Kunci

Lakukan riset kata kunci untuk menemukan hashtag yang paling relevan dengan industri atau niche Anda. Gunakan juga alat riset kata kunci online untuk menemukan hashtag yang banyak dicari oleh target audiens Anda.

  • Sederhana dan Mudah Diingat

Hashtag yang efektif biasanya singkat, sederhana, dan mudah diingat. Hindari menggunakan hashtag yang terlalu panjang atau rumit karena sulit diingat dan tidak efektif.

  • Penggunaan Hashtag Populer

Menggunakan hashtag populer dapat membantu meningkatkan eksposur kampanye bisnis Anda dengan buzzer. Namun, pastikan hashtag tersebut masih relevan dengan konten Anda dan tidak digunakan untuk tujuan yang berlawanan.

  • Monitor Hashtag

Setelah memilih hashtag yang cocok, penting bagi Anda untuk terus memantau penggunaannya. Gunakan juga tools pelacakan media sosial untuk melihat seberapa sering hashtag digunakan dan seberapa banyak audiens yang terlibat. Jika hashtag tidak berkinerja dengan baik, Anda dapat mencoba hashtag lain yang lebih sesuai.

Baca juga: Mengenal Fitur Hashtag Tracking pada Digital Listening Tools

Pantau Kinerja Buzzer dalam Media Sosial dengan Digital Monitoring Tools, Salah Satunya Ripple10

Dalam kampanye bisnis dengan buzzer, penggunaan hashtag merupakan salah satu strategi yang efektif untuk digunakan. Jangan lupa untuk memilih hashtag yang tepat dan memahami manfaatnya sehingga tujuan kampanye bisnis dapat tercapai dengan lebih baik.

Selain memperhatikan hashtag yang tepat, Anda juga harus memantau kinerja buzzer dalam menyebarkan konten kampanye ini platform digital. Untuk itu, Anda membutuhkan digital listening tools yang mendukung pemantauan buzzer, salah satunya adalah Ripple10. Tak hanya media sosial, Ripple10 dapat memantau percakapan pelanggan bisnis Anda di portal berita, forum digital, hingga media konvensional seperti media cetak. 

Tools ini juga dibekali dengan banyak fitur pendukung, seperti fitur buzzer tracking & monitoring yang merupakan sebuah fitur yang dapat membantu Anda memonitoring performa buzzer dan KOL dalam setiap kampanye bisnis. Apalagi, data monitoring yang dihasilkan juga dikumpulkan secara real-time sehingga keaslian data tidak perlu diragukan lagi. Tak hanya itu, Ripple10 juga memiliki fitur hashtag tracking untuk memantau hashtag yang digunakan buzzer memberikan hasil yang optimal.

Jika Anda berminat, silahkan hubungi tim Ivosights untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut terkait produk kami satu ini. Bahkan, Anda juga bisa meminta melakukan demo sistem secara langsung untuk melihat secara langsung kegunaan Ripple10 ini!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami