Manfaat Brand Loyalty untuk Kelancaran Bisnis Perusahaan

Ripple10

,

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 12 Mei 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Brand loyalty. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Brand loyalty. Shutterstock.

"Brand loyalty adalah keadaan di mana konsumen merasa loyal terhadap brand tertentu dan terus membeli produk dari merek tersebut secara konsisten"

Brand loyalty merupakan hal yang sangat penting bagi keberlangsungan bisnis perusahaan. Ketika konsumen merasa puas dengan produk atau layanan yang brand tawarkan, mereka akan terus kembali membeli produk tersebut dan menggunakannya di masa mendatang. Keuntungannya bagi perusahaan adalah brand loyalty dapat berlangsung dalam jangka waktu yang panjang. Sehingga membawa banyak manfaat bagi bisnis perusahaan. Salah satunya yaitu dengan meningkatkan taraf penjualan produk pada brand perusahaan. Namun, untuk membangun brand loyalty tidaklah mudah. Dibutuhkan upaya yang konsisten untuk membangun kredibilitas merek di mata konsumen. Oleh karena itu, perusahaan perlu berinvestasi dalam pengembangan merek dan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan brand loyalty dan mencapai kesuksesan dalam jangka panjang. 

Apa Itu Brand Loyalty?

Brand loyalty adalah keadaan di mana konsumen merasa loyal terhadap suatu merek dan brand tertentu dan memutuskan untuk terus membeli produk dari merek tersebut secara konsisten. Bahkan ketika ada pilihan merek yang menawarkan harga lebih rendah dan fitur yang menarik, mereka tetap tidak akan beralih karena telah memiliki kepercayaan terhadap brand tersebut. Itulah sebabnya mengapa perusahaan sangat memprioritaskan hal ini karena mendapatkan kepercayaan pelanggan bukanlah hal yang mudah diperoleh oleh banyak perusahaan. Konsumen yang memiliki brand loyalty terhadap merek perusahaan juga akan membeli sedara berulang dan merekomendasikan merek tersebut kepada orang lain.

Brand loyalty sangat penting bagi bisnis karena dapat membantu meningkatkan penjualan dan memperkuat citra merek. Konsumen yang loyal cenderung membeli lebih banyak produk dari merek tersebut dan kurang cenderung mencari merek lain. Selain itu, konsumen yang loyal juga dapat menjadi promotor merek dengan merekomendasikan merek tersebut kepada orang lain, sehingga membantu memperluas jangkauan merek dan meningkatkan kesadaran merek.

Baca Juga: Opini Publik di Media Sosial Memengaruhi Reputasi Sebuah Brand

Manfaat Brand Loyalty

Brand loyalty memiliki beberapa manfaat yang sangat signifikan bagi keberlangsungan operasional perusahaan. Berikut beberapa manfaat yang dapat diberikan dari brand loyalty:

  • Meningkatkan penjualan

Adanya brand loyalty yang dimiliki suatu perusahaan ini sudah terbukti mampu meningkatkan penjualan dari merek perusahaan. Produk yang pelanggan minati akan menjadi prioritas utama dari pelanggan sehingga mereka akan terus membelinya secara berulang. Ditambah pelanggan setia akan mengajak orang terdekatnya dan memperkenalkan produk dari merek tersebut kepada mereka. Sehingga angka penjualan produk dari merek tersebut akan meningkat dan memberikan keuntungan

  • Menarik pelanggan baru

Manfaat kedua yang diberikan dari brand loyalty adalah mampu menarik pelanggan baru tanpa harus mengeluarkan biaya promosi berlebih. Proses pencarian pelanggan baru biasanya akan memakan biaya yang lebih banyak dibanding mempertahankan pelanggan yang setia. Sehingga perusahaan mencari cara lain untuk menekan angka promosi dalam mencari pelanggan baru. 

Salah satu caranya adalah dengan menjaga brand loyalty pelanggan mereka. Pelanggan yang loyal terbukti telah puas dengan produk yang perusahaan tawarkan sehingga mereka akan mengajak orang lain untuk membeli produk. Dengan menjelaskan fitur dan menceritakan pengalaman mereka dalam menggunakan produk, maka dapat dipastikan satu pelanggan baru telh diperoleh perusahaan melalui pelanggan yang loyal ini.

  • Mengurangi biaya pemasaran

Manfaat terakhir dari brand loyalty ini adalah mampu mengurangi biaya pemasaran yang dikeluarkan oleh perusahaan. Anda hanya perlu menerapkan strategi pemasaran dengan biaya yang sedikit karena perusahaan telah memiliki basis pelanggan setia yang tinggi. Sehingga perusahaan tidak perlu repot meningkatkan budget untuk mencari pelanggan baru. Terapkanlah strategi dengan menganalisis data pelanggan yang perusahaan miliki untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang efektif untuk menjangkau pelanggan setia perusahaan.

Mengapa Brand Loyalty Sangat Penting untuk Bisnis Perusahaan?

Brand loyalty sangat penting untuk bisnis perusahaan karena dapat memiliki kelebihan yang sangat berguna. Brand loyalty dapat membantu meningkatkan retensi pelanggan, sehingga bisnis mampu mempertahankan pangsa pasarnya secara maksimal. Selain itu, perusahaan juga akan mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi dan memiliki lifetime value yang semakin meningkat dan sangat berpengaruh bagi keberlangsungan bisnis perusahaan.

Brand loyalty juga dapat membantu membedakan bisnis dari pesaing di pasar yang semakin ramai dan kompetitif. Pelanggan yang loyal akan memilih merek yang mereka sukai dan mengabaikan merek dari kompetitor. Bahkan apabila kompetitor telah menurunkan harga produk tersebut untuk menarik pelanggan, belum tentu pelanggan akan tertarik dengan produk tersebut karena belum teruji kualitasnya. Hal ini dapat membantu bisnis mempertahankan posisinya di pasar dan menghindari persaingan harga yang merusak.

Brand loyalty juga dapat membantu meningkatkan citra merek dan reputasi bisnis, sehingga memberikan keuntungan jangka panjang. Pelanggan yang loyal dapat mempromosikan merek secara alami melalui mouth to mouth atau dengan kekuatan dari sosial media sehingga membantu meningkatkan kesadaran merek dan kepercayaan konsumen. Dengan demikian, brand loyalty merupakan elemen kunci dalam strategi bisnis jangka panjang dan dapat memberikan keuntungan yang signifikan bagi bisnis perusahaan.

Baca Juga: Memilih Customer Service Platform yang Ideal untuk Brand Anda

Terapkan Sociomile untuk Mempertahankan Brand Loyalty

Dalam mempertahankan pelanggan untuk menjaga brand loyalty bukanlah suatu hal mudah. Perusahaan perlu menerapkan strategi yang tepat agar pelanggan dapat tetap menggunakan produk mereka dalam jangka waktu yang panjang. Selain terus meningkatkan kualitas produk, perusahaan juga dapat meningkatkan layanan pelanggan agar pelanggan memiliki pengalaman yang maksimal ketika mereka ingin berinteraksi dengan Anda secara langsung. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan Sociomile dari Ivosights.

Dengan Sociomile, brand Anda akan terintegrasi dengan layanan contact center yang mampu mempermudah pelanggan menghubungi Anda untuk menanyakan seputar produk dan menyampaikan keluhan mengenai brand. Selain itu, Sociomile juga terintegrasi dengan 13 kanal melalui satu platform dashboard. Sehingga memudahkan pelanggan dalam menghubungi perusahaan Anda tanpa perlu repot mencari kontak brand secara mendalam. 

Selain itu, Sociomile juga terintegrasi dengan produk Ripple10 yang mampu membantu Anda memantau percakapan digital di seluruh media sosial. Sehingga Anda dapat mengetahui point of view pelanggan mengenai produk Anda. Ripple10 akan sangat berguna sebagai analisis untuk membuat strategi terbaik dalam meningkatkan brand loyalty. Segera hubungi Ivosights untuk mengetahui fitur menarik dari Sociomile dan Ripple10 sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami