Ketahui Indikator dan Tingkatan dalam Brand Loyalty

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 12 Mei 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Brand Loyalty. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Brand Loyalty. Shutterstock

"Brand loyalty adalah loyalitas pelanggan terhadap brand tertentu yang mempengaruhi keputusan mereka dalam melakukan pembelian produk dari brand tertentu"

Brand loyalty menjadi fokus penting bagi perusahaan karena konsumen yang loyal dapat memberikan keuntungan jangka panjang dalam bentuk peningkatan penjualan dan loyalitas merek. Untuk meningkatkan brand loyalty, perlu dipahami indikator dan tingkatannya. Dengan memahami indikator dan tingkatan dalam brand loyalty, perusahaan dapat mengidentifikasi pelanggan potensial, memahami faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas pelanggan, serta meningkatkan upaya untuk mempertahankan pelanggan yang sudah setia dan memperluas basis pelanggan baru. Oleh karena itu, peningkatan brand loyalty menjadi salah satu strategi penting dalam memperkuat citra merek dan meningkatkan keberhasilan bisnis perusahaan. Berikut informasi seputar indikator dan dan tingkatan dalam brand loyalty

Apa Itu Brand Loyalty?

Brand loyalty adalah kesetiaan dan loyalitas pelanggan terhadap brand tertentu yang dapat mempengaruhi keputusan mereka dalam melakukan pembelian produk atau jasa dari brand tersebut secara konsisten. Brand loyalty muncul ketika pelanggan memiliki pengalaman positif dan memuaskan dengan brand, sehingga mereka akan memilih merek tersebut dibanding merek lain dalam pembelian pelanggan selanjutnya. Hal ini sangat membantu perusahaan dalam mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan menarik pelanggan baru dengan mudah. Pelanggan yang telah loyal kepada merek perusahaan dipastikan akan merekomendasikan merek tersebut kepada orang lain.

Fungsi dari brand loyalty ini sendiri antara lain mampu mempertahankan nama merek di pangsa pasar secara optimal, dapat memenangkan kompetisi dengan kompetitor secara mudah, dan membawa kembali konsumen yang sebelumnya telah menggunakan merek dari perusahaan lain. Dalam meraih brand loyalty perusahaan dapat menggunakan berbagai cara seperti peningkatan kualitas produk atau menawarkan berbagai promo menarik.

Baca Juga: 3 Cara Menjaga Reputasi Merek di Dunia Digital

Indikator Brand Loyalty

Dalam menunjukkan kesetiaan pelanggan terhadap suatu pelanggan, terdapat indikator yang mampu menunjukannya sebagai bahan analisis perusahaan. Berikut indikator brand loyalty yang perlu kalian ketahui: 

  • Berkomitmen

Indikator pertamanya adalah pelanggan memiliki komitmen terhadap sebuah merek. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana kepercayaan pelanggan terhadap merek yang perusahaan tawarkan. Anda dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggan agar mereka dapat terus berkomitmen dalam melakukan pembelian dari merek perusahaan

  • Berani membayar lebih

Apabila pelanggan telah memiliki komitmen terhadap merek, maka mereka tidak akan segan untuk merogoh kocek lebih dalam demi membeli produk dari merek yang Anda jual. Mereka hanya mau mengeluarkan uang lebih untuk merek Anda saja, tetapi tidak untuk merek dari perusahaan lain meskipun harganya jauh lebih murah.

  • Mengajak orang lain membeli merek

Indikator yang ketiga adalah dengan mengajak orang lain untuk membeli dari merek tersebut. Pelanggan akan dengan senang hati mempengaruhi orang lain untuk membeli produk tersebut dan menjelaskan apa saja yang menjadi keunggulan merek. Hal ini akan membuat orang yang dipengaruhi tertarik dan turut membeli merek dari bisnis perusahaan.

  • Membeli produk secara berulang

Pelanggan yang telah puas akan suatu merek tidak akan segan dalam membeli produk tersebut berkali-kali. Mereka tidak perlu melakukan pertimbangan terlebih dahulu dan biasanya akan langsung menjadikan mereka tersebut prioritas utama dibanding barang lain.

  • Mengikuti perkembangan merek

Karena pelanggan telah memiliki hubungan emosional terhadap brand, mereka akan terus mengikuti perkembangan dan pemberitaan dari brand tersebut. Mereka akan memantau media sosial dari brand untuk mengetahui apa saja update terbaru dari brand kesukaan mereka, misal update mengenai produk terbaru, promo, atau menonton iklan-iklan yang brand produksi.

  • Menjadi juru bicara dari merek tersebut secara sukarela

Karena brand tersebut di mata pelanggan telah menjadi prioritas nomor satu, seorang pelanggan yang memiliki brand loyalty tinggi tidak akan segan menjadi juru bicara brand tanpa menuntut biaya. Mereka biasanya akan mempromosikan produk melalui media sosial untuk mengundang orang-orang agar turut memakai produk dari brand tersebut.

Tingkatan Brand Loyalty

Brand loyalty memliki 5 tingkatan yang dapat membedakan antara yang satu dengan yang lainnya. Berikut penjelasan dari tingkatan brand loyalty

  • Switcher

Tingkatan yang pertama dalam brand loyalty adalah switcher atau price buyer. Pelanggan yang tergolong ke dalam tingkatan ini bukan merupakan pembeli loyal dan dapat dikatakan tidak setia. Mereka akan mencari brand yang paling menguntungkan bagi pengeluaran keuangan mereka.

  • Habitual buyer

Pelanggan yang tergolong dalam habitual buyer adalah konsumen yang membeli merek karena suda menjadi kebiasaan mereka. Selagi merek tersebut tidak mengecewakan dan memberikan kerugian, maka jenis pelanggan ini akan tetap setia pada brand tersebut.

Baca Juga: Sentiment Analysis, Strategi Branding Bagi Perusahaan

  • Satisfied buyer

Tingkatan brand loyalty yang ketiga adalah satisfied buyer. Konsumen dalam tingkat ini sudah cukup loyal dan puas dengan merek perusahaan. Tetapi ada sedikit kemungkinan kecil kalau mereka akan berpindah ke merek lain karena faktor tertentu.

  • Liking the brand

Tingkatan yang selanjutnya adalah liking the brand. Pelanggan yang telah memiliki ikatan emosional dan menyukai brand dengan sepenuh hati akan terus membeli produk dari brand. Bahkan brand sudah dapat menganggap pelanggan jenis ini sebagai sahabat terdekat mereka.

  • Committed buyer

Tingkatan brand loyalty yang terakhir adalah committed buyer. Mereka merupakan pembeli setia dari brand dan merasa bangga dalam menggunakan produk dari brand tersebut. Mereka menganggap bahwa brand sudah menjadi identitas yang melekat dan telah memiliki kepercayaan yang sangat kuat terhadap brand tersebut.

Tingkatkan Pelayanan Pelanggan untuk Menjaga Brand Loyalty dengan Sociomile

Menjaga pelanggan dalam mempertahankan brand loyalty mereka bukan hanya sekadar meningkatkan kualitas produk dan memberikan promosi yang dapat membuat mereka terus terikat dengan brand. Tetapi perusahaan juga perlu menerapkan strategi cerdas agar pelanggan dapat tetap bertahan menggunakan merek mereka. Salah satunya yaitu dengan memberikan pelayanan pelanggan yang optimal melalui Sociomile dari Ivosights.

Dengan Sociomile, brand Anda akan terintegrasi dengan layanan contact center yang mampu mempermudah pelanggan menghubungi Anda untuk menanyakan seputar produk dan menyampaikan keluhan mengenai brand. Selain itu, Sociomile juga terintergrasi dengan 13 kanal melalui satu platform dashboard. Sehingga memudahkan pelanggan dalam menghubungi perusahaan Anda tanpa perlu repot mencari kontak brand secara mendalam. Segera hubungi Ivosights untuk mengetahui fitur menarik dari Sociomile sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami