Mengenali Pentingnya Peran ISO terhadap Layanan BPO Contact Center

BPO Contact Center


Penulis : Administrator - Senin, 16 Januari 2023
Ket. foto: Ilustrasi - BPO Contact Center. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - BPO Contact Center. Shutterstock.

"Standar yang dikeluarkan oleh ISO ditujukan untuk membantu perusahaan dan organisasi untuk meningkatkan kualitas, efisiensi, dan keamanan produk dan layanan."

Tahukah kamu bahwa dalam membangun suatu layanan yang baik dan terpercaya, kamu perlu memperhatikan standar yang menjamin kualitas layanan tersebut. Termasuk pada layanan BPO Contact Center, dengan alur kerja yang kompleks, tentunya standar layanan dibutuhkan untuk menjamin kepercayaan pelanggan. Artikel ini akan mengupas tuntas hal mengenai ISO, khususnya pada layanan BPO Contact Center!

Apa Itu ISO?

ISO (International Organization for Standardization) adalah sebuah organisasi yang bertugas untuk menyediakan standar-standar internasional untuk berbagai bidang, termasuk teknologi, manajemen, produk, dan layanan. Organisasi ini didirikan pada tahun 1947 dan memiliki anggota dari lebih dari 160 negara.

Standar yang dikeluarkan oleh ISO ditujukan untuk membantu perusahaan dan organisasi untuk meningkatkan kualitas, efisiensi, dan keamanan produk dan layanan yang diberikan. Standar yang dikeluarkan oleh ISO juga dapat digunakan sebagai acuan untuk pengembangan produk dan layanan yang sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.

ISO juga bertugas untuk menyediakan sertifikasi untuk perusahaan yang ingin mengimplementasikan standar yang dikeluarkan oleh ISO. Sertifikasi ini menjamin bahwa perusahaan tersebut telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh standar yang diterapkan.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Customer Engagement

Apakah ISO Dibutuhkan untuk Layanan BPO Contact Center?

ISO sangatlah dibutuhkan untuk BPO (Business Process Outsourcing) Contact Center adalah sebuah standar internasional yang digunakan untuk menjamin kualitas layanan yang diberikan oleh perusahaan BPO Contact Center. ISO merupakan organisasi yang menyediakan standar-standar untuk berbagai bidang, termasuk layanan BPO Contact Center. Beberapa contoh standar ISO yang digunakan dalam BPO Contact Center adalah ISO 9001 untuk kualitas manajemen sistem, ISO 27001 untuk keamanan informasi, dan ISO 20000 untuk layanan manajemen TI.

ISO 9001 mencakup kriteria yang harus dipenuhi oleh sistem manajemen kualitas, termasuk perencanaan, implementasi, pengendalian, pemantauan, dan peningkatan kualitas. Standar ini juga mencakup persyaratan untuk dokumentasi, audit intern, dan sertifikasi.

Perusahaan yang ingin mengimplementasikan sistem manajemen kualitas yang sesuai dengan ISO 9001 harus mengikuti proses sertifikasi yang ditetapkan oleh badan sertifikasi yang ditunjuk oleh ISO. Setelah lulus dari proses sertifikasi, perusahaan akan diberikan sertifikat yang menyatakan bahwa sistem manajemen kualitas perusahaan telah memenuhi persyaratan ISO 9001.

ISO 27001 adalah standar internasional yang dikeluarkan oleh International Organization for Standardization (ISO) untuk sistem manajemen keamanan informasi (Information Security Management System, ISMS). Standar ini menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen keamanan informasi yang digunakan oleh perusahaan untuk menjamin bahwa informasi yang dikelola aman dan terlindungi dari ancaman yang mungkin terjadi.

ISO 20000 adalah standar internasional yang dikeluarkan oleh International Organization for Standardization (ISO) untuk layanan manajemen TI (Information Technology Service Management, ITSM). Standar ini menetapkan persyaratan untuk proses dan praktek yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola layanan TI yang diberikan kepada pelanggan.

Baca Juga: Mengulik Lebih Jauh Customer Satisfication

Mengapa Layanan BPO Contact Center Membutuhkan ISO?

ISO dibutuhkan untuk BPO Service karena standar tersebut dapat membantu perusahaan BPO Contact Center untuk:

  1. Menjamin kualitas layanan yang diberikan: Standar ISO dapat membantu perusahaan BPO Contact Center untuk menjamin bahwa layanan yang diberikan memenuhi persyaratan kualitas yang ditetapkan, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.
  2. Mengurangi risiko: Standar ISO dapat membantu perusahaan BPO Contact Center untuk mengurangi risiko yang terkait dengan operasional seperti risiko keamanan informasi, risiko kualitas layanan, dan risiko lingkungan.
  3. Meningkatkan efisiensi: Standar ISO dapat membantu perusahaan BPO Contact Center untuk meningkatkan efisiensi operasional dengan mengoptimalkan proses dan sistem yang digunakan.
  4. Mempermudah akses pasar: perusahaan yang memiliki sertifikasi ISO dapat menarik lebih banyak klien karena sertifikasi ini menjamin kualitas layanan yang diterima klien.
  5. Membantu perusahaan BPO Contact Center untuk mengikuti perkembangan teknologi dan peraturan yang ada.
  6. Membantu perusahaan BPO Contact Center untuk memperkuat reputasi dan memperoleh kepercayaan dari pelanggan dan pihak lain.

Dapatkan Layanan BPO Contact Center dengan Lisensi Terpercaya di Ivosights

Itu dia hal-hal yang bisa kamu ketahui dari layanan BPO Contact Center dan juga pentingnya ISO untuk layanan. Untuk mendapatkan BPO Contact Center terbaik yang sudah berlisensi lengkap, kamu bisa mengandalkan Ivosights!

Ivosights memiliki BPO Contact Center terhubung langsung dengan platform customer relationship management Sociomile yang dilengkapi 12 kanal lebih dalam satu dasbor. Sociomile juga menawarkan staf berkompetensi yang dilatih dengan appraisal motivation yang tentunya penting dimiliki oleh seorang agen telesales.

Dengan dibantu berbagai fitur yang berguna, kamu akan mendapatkan layanan contact center paling efektif! Hubungi Ivosights sekarang juga dan rasakan perubahan pada perusahaanmu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami