BPO Call Center: Definisi, Manfaat, dan Cara Memilih

BPO Contact Center


Penulis : Administrator - Senin, 29 April 2024
Ket. Foto: Ilustrasi - BPO Call Center. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - BPO Call Center. Shutterstock.

"Telusuri manfaat dan cara memilih BPO call center yang sesuai dengan bisnis Anda melalui artikel berikut ini."

Perkembangan teknologi dan situasi ekonomi yang fluktuatif menuntut perusahaan untuk menjaga stabilitas operasional di tengah persaingan yang semakin ketat. Kunci untuk menjaga konsistensi dalam bisnis adalah dengan memelihara hubungan yang positif dengan pelanggan dan memastikan standar kualitas produk dan layanan tetap baik. Salah satu cara efektif untuk mencapai ini adalah dengan meningkatkan kinerja call center melalui bantuan yang diberikan BPO call center.

Apa itu BPO Call Center?

Bagian penting dalam pengelolaan bisnis adalah call center. Aspek tersebut bertanggung jawab atas komunikasi melalui panggilan telepon, baik kepada pelanggan maupun pihak eksternal lainnya. Dengan keberadaan call center, pelanggan dapat menikmati layanan yang responsif, memperoleh informasi produk yang dibutuhkan, mendapatkan bantuan dalam menyelesaikan masalah, melakukan transaksi dengan lancar, memberikan feedback melalui survei, dan memanfaatkan berbagai penawaran promosi atau diskon.

Sejumlah perusahaan memilih untuk menggunakan jasa Business Process Outsourcing (BPO) untuk mengelola operasi call center mereka. BPO call center merupakan pilihan bagi perusahaan yang ingin mengalihkan sebagian operasi bisnis mereka kepada pihak ketiga. Salah satu fokus utama dari layanan BPO call center adalah mengelola fungsi call center. BPO call center biasanya dilengkapi dengan berbagai teknologi yang relevan untuk mendukung operasi call center, memastikan layanan yang efisien dan responsif kepada pelanggan.

Manfaat Menggunakan Bantuan BPO Call Center

BPO call center dapat menuai berbagai macam manfaat dan keuntungan bagi pelaku bisnis. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan adalah sebagai berikut:

  • Mendapatkan Agen Terlatih

Ketika Anda menggunakan bantuan BPO call center, Anda akan mendapatkan fasilitas berupa agen call center berkualitas dan sangat terampil  profesional. Agen ini nantinya akan mengambil alih tugas sebagai customer service perusahaan.

  • Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Fasilitas penunjang yang komprehensif, team support, dan infrastruktur yang baik akan membuahkan hasil positif. Sistem call center serta agen yang responsif membuat pelanggan bisa mendapatkan asistensi, bantuan, dan informasi yang mereka harapkan. Sehingga, pelanggan tidak akan mudah untuk berpaling kepada brand lainnya.

  • Mendapatkan Fasilitas Team Support 24 Jam

BPO call center tidak hanya menyediakan fasilitas dan infrastruktur yang komprehensif. Akan tetapi juga layanan team support yang aktif selama 24 jam. Team support yang disediakan BPO call center juga terbilang responsif dan profesional. Sehingga, dapat membantu perusahaan yang mengalami kendala.

  • Mengurangi Biaya Operasional

Menggunakan bantuan BPO call center membuat pebisnis dapat menyesuaikan operasional contact center dengan kebutuhan dan anggaran masing-masing. Selain itu, dengan teknologi SIP Trunk Solutions memungkinkan perusahaan untuk melakukan inbound dan outbound call dengan menggunakan internet. Sehingga, perusahaan dapat menghemat biaya operasional.

  • Mendapatkan Teknologi dan Infrastruktur yang Komprehensif

Selain menyediakan fitur teknologi penunjang sistem call center, beberapa BPO call center juga dapat menyediakan infrastruktur yang lebih baik. Contohnya seperti penyediaan lokasi call center yang strategis di kota-kota besar.

Baca Juga: Pengertian dan Manfaat Virtual Call Center Bagi Bisnis Anda

Cara Memilih BPO Call Center yang Tepat untuk Bisnis Anda

Terdapat berbagai macam BPO call center dengan fasilitas, fitur, dan infrastruktur yang berbeda. Pelaku bisnis perlu memilih BPO call center yang paling sesuai dan sesuai kebutuhan. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk dapat memilih BPO yang tepat:

  • Sesuaikan BPO Call Center dengan Kebutuhan Bisnis

Fitur, fasilitas, serta infrastruktur call center yang disediakan BPO perlu disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Anda dapat menyusun kebutuhan apa saja yang diperlukan bisnis, seperti inbound dan outbound calls, dukungan teknis, atau fasilitas lain yang darurat digunakan.

  • Mengevaluasi Teknologi, Fitur, dan Infrastruktur yang Disediakan

Selanjutnya, pelaku bisnis dapat mengevaluasi teknologi, fitur, dan infrastruktur apa saja yang disediakan oleh BPO call center. Anda dapat melihat rekam jejak keberhasilan BPO, manajemen data, protokol keamanan, sertifikasi, hingga akreditasi BPO.

  • Mencari Referensi dan Review Pelanggan

Setelah mengetahui teknologi, fitur, dan infrastuktur yang ditawarkan BPO call center, Anda dapat memastikan fasilitas tersebut berjalan dengan baik dengan memantau referensi dan review dari pelanggan. Beberapa BPO pada umumnya menyediakan bagian yang berisi review pelanggan pada situs web resmi perusahaan.

  • Evaluasi Skalabilitas dan Fleksibilitas

BPO call center yang baik adalah yang dapat mendukung skalabilitas perusahaan. Oleh karena itu, Anda dapat mengevaluasi apakah kinerja BPO call center sudah dapat memenuhi skala bisnis, terutama bagi Anda yang memiliki bisnis dengan skala menengah dan besar. Selain itu, penting bagi pelaku bisnis untuk memastikan apakah BPO call center mendukung fleksibilitas alur kerja perusahaan. Terutama bagi perusahaan yang juga beroperasi secara Work From Home (WFH).

  • Mempertimbangkan Harga

Tahap penting berikutnya adalah memastikan harga layanan BPO call center sudah sesuai dengan anggaran yang dimiliki perusahaan. Tak hanya itu, penting juga bagi pengguna untuk memantau apakah anggaran yang dikeluarkan sepadan dengan fasilitas yang didapatkan dengan membandingkan harga dengan BPO call center lainnya.

  • Lakukan Negosiasi Lanjutan

Setelah merasa cocok dengan harga dan fasilitas yang didapatkan, Anda dapat melakukan negosiasi lanjutan dengan BPO call center untuk memastikan protokol komunikasi dan asistensi BPO.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Outbound dan Inbound Campaign pada Call Center 

Berminat Optimalkan Komunikasi dengan Pelanggan menggunakan Bantuan BPO Call Center? Segera Hubungi Ivosights!

Ivosights merupakan BPO call center yang menyediakan teknologi dan fitur terpadu, infrastruktur, serta agen berkualitas dan profesional. Didapuk sebagai penyedia teknologi contact center terlengkap, Ivosights dapat membantu Anda untuk menjaga bisnis tetap terhubung dengan pelanggan. Sehingga, kelancaran operasional inbound atau outbound dapat terjaga. Tertarik? Segera bergabung sebagai mitra Ivosights untuk mendapatkan dukungan layanan!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami