Bagaimana Cara Menjadi Manajemen Contact Center yang Baik?

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 14 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Contact center. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Contact center. Shutterstock.

"Contact center dapat membantu perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara efektif dan menangani pertanyaan, keluhan/permintaan dengan cepat & tepat"

Dari sudut pandang pelanggan maupun perusahaan, tentunya contact center sudah menjadi hal lumrah yang dianggap penting. Bagi suatu perusahaan, contact center dapat membantu perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara efektif dan menangani pertanyaan, keluhan, atau permintaan pelanggan dengan cepat dan tepat. Dengan demikian, contact center dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan.

Selain itu, contact center juga dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dalam menangani pesan masuk dari pelanggan dan meningkatkan produktivitas staf contact center. Dengan semua manfaat tersebut, contact center dapat menjadi bagian penting dari strategi bisnis perusahaan dan membantu perusahaan untuk tumbuh dan berkembang.

Tentunya jika contact center bisa membantu perusahaan bertumbuh dengan baik, maka sudah sewajarnya contact center membutuhkan manajemen yang baik. Setiap perusahaan pastinya menginginkan progress yang signifikan. Nah, manajemen adalah bagian penting yang dapat meningkatkan kinerja dan performa perusahaan.

Khusus pada artikel ini kamu akan mempelajari manajemen dari suatu perusahaan yang menguntungkan. Segala aspek di perusahaan memang membutuhkan manajemen, akan tetapi kali ini kita akan mengetahui manajemen yang baik dan menguntungkan dari sisi contact center.

Mengapa Manajemen Contact Center Diperlukan?

Manajemen contact center diperlukan karena komunikasi dengan pelanggan merupakan bagian penting dari suatu bisnis. Melalui contact center, perusahaan dapat berkomunikasi dengan pelanggan secara efektif. Tidak hanya itu, manajemen yang buruk biasanya akan menimbulkan berbagai masalah baru ke depannya. Seperti misalnya kesalahan teknis karena ketidaktahuan agen tergadap fasilitasnya, kesalahan informasi karena ketidakpahaman agen terhadap produk dan layanan dari perusahaan, atau bahkan yang lebih fatal adalah nilai jelek dari pelanggan yang mencap perusahaan buruk dari reputasi yang dipancarkan seorang agen contact center tak berpengalaman.

Nah, dengan demikian kita bisa mengerti bahwa contact center memiliki bagian-bagian penting yang saling bersinergi satu sama lain. Hal ini tidak bisa dijalankan tanpa manajemen yang baik. Oleh karenanya kita bisa menyimpulkan bahwa manajemen pada contact center memang memiliki urgensi yang berat untuk memajukan perusahaan.

Manajemen Contact Center yang Baik

Setelah memahami pentingnya manajemen contact center untuk perusahaan, kini saatnya kamu mempelajari manajemen contact center yang baik. Selain untuk menjadi bahan pertimbangan perusahaan untuk meningkatkan manajemen contact center-nya, hal ini juga bisa diperhatikan pelanggan sebagai rambu-rambu yang dapat kamu persiapkan sebelum mengevaluasi perusahaan tertentu.

Nah, betikut ini adalah cara manajemen contact center yang baik dan perlu diperhatikan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Strategi

Contact center yang baik seharusnya memiliki memasukkan strategi dan tujuan ke dalam urutan manajemennya. Contact center yang baik harus menentukan tujuan dan strategi untuk contact center agar proses dan sumber daya manusianya bisa bekerja sesuai dengan rencana perusahaan. Hal ini akan membantu kamu untuk menentukan arah dan target yang ingin dicapai oleh contact center perusahaan kamu. Selain itu, strategi adalah cara terbaik untuk memotivasi perusahaan untuk mencapainya.

  • Sumber Daya Manusia

Selain mempersiapkan strategi, salah satu urutan manajemen lain yang harus diperhatikan adalah sumber daya manusianya atau agen telesales. Tentunya contact center tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya sumber daya yang cukup dan berkompetensi untuk menangani jumlah volume dan kompleksitas pertanyaan yang diajukan pelanggan. Oleh karena itu, pastikan untuk memiliki contact center terbaik kamu harus mempersiapkan sumber daya manusia yang terbaik untuk membantu pelanggan secara efektif dan efisien.

  • Sistem

Contact center tidak akan dilirik pelanggan jika sistemnya tidak mudah. Agen telesales juga tidak akan bekerja maksimal jika tidak ada inbound call. Oleh karena itu penting untuk menyediakan sistem yang memudahkan pelanggan untuk menghubungi contact center perusahaan. Ini dapat berupa nomor telepon, email, atau aplikasi seperti WhatsApp yang dapat diakses oleh pelanggan dengan mudah.

  • Proses

Selain sistem yang baik, kamu juga perlu memastikan adanya proses yang jelas untuk menanggapi keluhan pelanggan. Dengan proses yang jelas, selain pelanggan bisa puas karena mendapatkan layanan yang jelas, hal ini juga dapat menentukan bagaimana keluhan pelanggan akan diterima, ditangani, dan diselesaikan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Proses yang jelas adalah pertanda berhasilnya suatu manajemen yang baik.

  • Evaluasi

Nah, tentunya semua itu tidak akan berjalan sempurna jika tidaka da evaluasi dan perbaikan dari proses manajemen contact center. Oleh karena itu, pastikan kamu juga mengevaluasi manajemen contact center secara berkala. Ini termasuk mengukur kinerja contact center dan mengambil tindakan perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan kepuasan pelanggan.

Ivosights Tawarkan Solusi Manajamen Contact Center Terbaik

Itu dia beberapa hal tentang manajemen contact center yang perlu kamu ketahui. Jadi, selain bisa meningkatkan efektivitas komunikasi dengan pelanggan, contact center juga bisa menjadi tombak besar untuk pemasaran. Nah, kini adalah saatnya kamu mencari contact center dengan manajemen terbaik untuk perusahaanmu.

Ivosights menyediakan solusi untuk permasalahan manajemen contact center yang kini kerap terjadi. Dengan solusi end to end contact center, kamu akan mendapatkan manajemen contact center terdepan dimulai dari lokasi yang strategis, proses yang terkontrol, sumber daya manusia yang berkompetensi, hingga teknologi-teknologinya yang terdepan. Melalui Ivosights, kamu bisa mendapatkan semua kelebihan ini! Hubungi Ivosights segera!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami