Apa Itu WhatsApp Bot? Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya!

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Selasa, 02 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Bot. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Bot. Shutterstock.

"WhatsApp Bot merupakan salah satu aplikasi yang dapat membantu Anda berkomunikasi dengan Pelanggan."

WhatsApp, salah satu platform perpesanan paling populer telah meluncurkan aplikasi WhatsApp for Business. Aplikasi ini memungkinkan bisnis untuk memiliki kehadiran bisnis online di WhatsApp, berkomunikasi tanpa hambatan dengan pelanggan, dan membantu bisnis berkembang.

WhatsApp for Business adalah platform yang dapat membantu perusahaan dalam membuat Whatsapp Bot untuk meningkatkan aksesibilitas bisnis mereka, terhubung dengan mudah dengan pelanggan mereka, dan berkomunikasi secara real-time dengan mereka. Dengan mengintegrasikan Whatsapp Botp ke dalam aplikasi CRM dan ERP, bisnis dapat mengelola operasi hubungan pelanggan dengan lebih baik.

Apa Itu Whatsapp Bot?

WhatsApp Bot adalah program komputer yang dirancang untuk secara otomatis menjawab pertanyaan pelanggan tentang produk dan layanan Anda, berbagi konten, dan mengirim pemberitahuan mengenai pesanan, pembayaran, pengiriman di WhatsApp. Respon tersebut dapat berupa pesan, gambar, tombol, atau video untuk membantu pelanggan Anda secara real-time. Whatsapp Bot tersedia dengan API WhatsApp Business dan dimulai saat pengguna mengirim pesan ke bisnis Anda.

Dalam kebanyakan kasus, perusahaan membutuhkan chatbot messenger sederhana. Whatsapp Bot Anda harus bisa menjawab pertanyaan yang sering diajukan. Namun, sama pentingnya untuk memastikan bahwa bot dapat meneruskan pelanggan ke perwakilan manusia pada waktu yang tepat, terutama untuk pertanyaan yang lebih kompleks atau individual.

Manfaat Whatsapp Bot Untuk Brand atau Perusahaan

Sebenarnya ada beberapa cara di mana WhatsApp Bot dapat membantu bisnis Anda. Chatbots adalah bantuan yang sangat besar dalam customer services. Keuntungan yang paling jelas adalah: Anda dapat mengotomatiskan customer services Anda. Pikirkan tentang semua pertanyaan yang sering ditanyakan oleh tim customer services Anda setiap hari. Seperti:

  • Kapan paket saya akan tiba?
  • Bagaimana cara memeriksa status pengiriman saya?
  • Apa bentuk pembayaran yang Anda tawarkan?

Pertanyaan-pertanyaan ini membuat agen Anda sibuk, tetapi pada akhirnya, mereka terus menjawab pertanyaan yang sama berulang kali. Ini kurang efisien dan melibatkan waktu tunggu yang lama bagi pelanggan, dan butuh waktu dari agen Anda untuk menangani masalah pelanggan yang lebih kompleks. Ini adalah kebalikan dari efisien. Dengan WhatsApp bot, banyak dari pertanyaan umum ini dapat dijawab lebih cepat—oleh bot. Di satu sisi, mereka bisa menjadi  sarana, menjaga permintaan pelanggan yang masuk.

Ini mengurangi beban kerja untuk tim customer services Anda, membantu pelanggan Anda lebih cepat, dan menyisakan lebih banyak waktu untuk menangani masalah pelanggan yang lebih rumit. Dengan bantuan WhatsApp, Bot perusahaan Anda sebenarnya bisa lebih efisien hingga 80%. Pada akhirnya, Anda menghemat waktu, uang, dan pelanggan serta karyawan Anda lebih bahagia. Tetapi mereka dapat melakukan lebih banyak lagi! Namun, ada lebih banyak hal yang dapat dilakukan bot WhatsApp untuk Anda:

  • Tawarkan layanan pelanggan 24/7 (bot tidak tidur, dan mereka tidak sakit).
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan (mereka mendapatkan bantuan lebih cepat).
  • Pandu klien dengan lebih efisien melalui saluran penjualan.
  • Bot dapat dirancang untuk melakukan percakapan yang dipersonalisasi dengan pelanggan Anda, yang meningkatkan keterlibatan pelanggan.
  • Komunikasi yang aman dengan pelanggan Anda (enkripsi yang end-to-end, dan sesuai dengan GDPR!)
  • Pengalaman pengguna yang lebih baik: Ada kritik bahwa bot WhatsApp tidak memiliki tombol seperti chatbot di Messenger dari Meta. Sekarang, API WhatsApp Business juga menyertakan tombol interaktif untuk pengalaman yang lebih baik.

WhatsApp Bot dapat menawarkan banyak manfaat bagi bisnis Anda, karyawan Anda, dan pelanggan Anda. Namun, sebelum Anda meluncurkan chatbot Anda, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu.

Kesimpulan

Setelah mengenal lebih jauh mengenai Whatsapp Bot, Pastinya dengan kehadiran platform tersebut dapat meningkatkan kinerja perusahaan maupun Brand Anda. Anda juga lebih efisien dan menuntaskan kinerja dengan cepat dan dapat menaikan kepuasana untuk pelanggan Anda. WABA by Ivosights ini menjadi solusi Anda untuk menggunakan Whatsapp Bot. Dengan Whatsapp Bot dari WABA ini Anda dapat memaksimalkan perusahaan maupun bisnis Anda dengan lebih baik lagi. Untuk info lebih lanjutnya yuk klik link disini!.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami