Apa Itu PABX? Peran dan Fungsinya

BPO Contact Center | Rabu, 21 September 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Private automatic branch exchange. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Private automatic branch exchange. Shutterstock.

PABX merupakan central station yang berperan dalam mengatur panggilan telepon dalam satu lingkungan kecil tanpa menggunakan operator. Metode ini banyak dipilih oleh bisnis karena komunikasi dan biaya yang lebih rendah.

Namun bagi sebagian orang istilah PABX terdengar asing. Banyak yang mempertanyakan fungsi dan cara kerjanya. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas secara detail tentang PABX dan jenis-jenisnya. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu PABX?

PABX (Private Automatic Branch eXchange) adalah seperangkat teknologi yang memungkinkan pelanggan untuk berkomunikasi secara langsung tanpa melalui operator. Artinya penelepon dapat langsung melakukan panggilan ke nomor yang dituju dengan menekan nomor khusus.

PABX yang juga dikenal sebagai pusat kecil perangkat perangkat komunikasi jaringan bertindak sebagai perangkat penghubung (Switch) untuk mengatur komunikasi telepon masuk dan keluar. Oleh karena itu, PABX mudah ditemukan di perkantoran, rumah sakit, hotel atau pabrik yang menggunakan telepon sebagai sarana komunikasi antar ruangan.

Peran dan Fungsi PABX

PABX memiliki fungsi utama sebagai alat atau media telekomunikasi. Selain itu, alat ini juga berfungsi sebagai sistem panggilan telepon untuk mengatur panggilan masuk dan keluar tanpa melalui operator.

Fungsi lain dari PABX adalah:

  • Menghemat biaya telepon antar cabang bisnis (VPN)
  • Mempercepat proses pemanggilan antar staff (intercom)
  • Fitur yang dapat digunakan sesuai kebutuhan, seperti VOIP, ACD dan lain-lain
  • Kelola tujuan target panggilan antar bagian secara otomatis (DISA)

Bagaimana Cara Kerja PABX

Cara kerja PABX mirip dengan modem yang bertindak sebagai kontrol di stasiun pusat. Misalnya, ketika ada telepon masuk, panggilan akan diarahkan melalui stasiun pusat.

Sistem PABX biasanya memiliki kode tertentu yang dimasukkan untuk setiap nomor di kantor. Kode tersebut kemudian akan secara otomatis mengarahkan panggilan ke kontak yang dituju.

Ada 2 level di PABX, yaitu Trunk dan level pelanggan. Perbedaan keduanya terletak pada kawat yang digunakan. Pada level PABX, pelanggan telepon di kantor pusat menggunakan 2 kabel analog seperti pesawat telepon biasa. Semua area level Trunk menggunakan 4 kabel tinggi untuk melewatkan sinyal digital.

Kesimpulan

Nah itulah PABX secara pengertian dan fungsi yang harus kamu ketahui. Pastinya dengan hal tersebut bisa membantu perusahaan kamu agar lebih efisien dalam melakukan panggilan kepada pelanggan. BPO Command Center dari Ivosights adalah salah satu PABX yang dapat kamu implementasikan dengan baik. Ini bisa menjadi salah satu tools untuk menunjang komunikasi perusahaan kepada pelanggan agar lebih mutakhir.

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.