Apa Itu Multiple Touchpoint? Penting untuk Contact center!

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 21 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Interaksi pelanggan. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Interaksi pelanggan. Shutterstock.

"Multiple touchpoint, serangkaian interaksi yang terjadi antara pelanggan dengan perusahaan saat pelanggan menggunakan produk/layanan yang ditawarkan"

Memiliki suatu perusahaan apalagi jika masih berkembang pastinya perlu dibangun dari hal-hal kecil. Satu hal kecil yang tidak boleh dilupakan adalah jasa contact center yang mumpuni untuk menjadi ujung tombak jitu perusahaan dalam menyasar target pasar. Meski pada umumnya perusahaan memang membutuhkan jasa contact center. Akan tetapi, saat ini sudah sangat banyak pilihan BPO Contact Center yang menyediakan teknologi dan jasa agen yang bermacam-macam. Barangkali perusahaan-perusahaan ini jadi kebingungan memilih jasa BPO Contact Center terbaik?

Nah, jika kamu adalah salah seorang pebisnis yang sedang mengembangkan perusahaan lewat jasa contact center, artikel ini akan membantu mencerahkan segala kebingungan yang ada.

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan pada layanan contact center adalah fitur-fiturnya yang harus bermanfaat dan memudahkan pekerja maupun pelanggannya. Pada artikel ini kamu akan mempelajari suatu sistem penolong contact center yang memberikan banyak kemudahan untuk agen atau operator dan juga pelanggan, yakni Multiple Touchpoint. Hal ini adalah salah satu komponen penting yang akan sangat membantu kamu menggunakan contact center dengan lebih efektif lagi! Untuk kamu yang penasaran, jangan lewatkan artikelnya dan simak terus sampai selesai, ya!

Pengertian Multiple Touchpoint

Multiple touchpoint adalah serangkaian titik kontak atau interaksi yang terjadi antara pelanggan dengan perusahaan atau organisasi saat pelanggan menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan. Multiple touchpoint dapat terjadi melalui berbagai kanal, seperti telepon, email, website, aplikasi mobile, atau layanan pelanggan langsung.

Tujuan dari multiple touchpoint adalah untuk memastikan bahwa pelanggan mendapatkan pengalaman yang terintegrasi dan konsisten melalui seluruh interaksi dengan perusahaan atau organisasi. Dengan demikian, multiple touchpoint dapat membantu perusahaan atau organisasi meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas terhadap mereka.

Untuk mengelola multiple touchpoint dengan baik, perusahaan atau organisasi harus memastikan bahwa semua interaksi dengan pelanggan dilakukan dengan cepat, efisien, dan berkualitas. Ini bisa dilakukan dengan menyediakan layanan pelanggan yang terlatih dan terkoneksi dengan sistem informasi perusahaan atau organisasi, serta dengan memastikan bahwa semua kanal komunikasi terintegrasi dan konsisten.

Cara Kerja Multiple Touchpoint

Setelah mengenal pengertian dari multiple touchpoint, kini saatnya kamu memahami cara kerja dari fitur yang satu ini. Berikut ini adalah beberapa cara kerja multiple touchpoint pada contact center:

  • Menyediakan banyak kanal komunikasi: Multiple touchpoint pada contact center dapat dilakukan melalui berbagai kanal, seperti telepon, email, website, aplikasi mobile, atau layanan pelanggan langsung. Dengan menyediakan banyak kanal komunikasi, pelanggan dapat memilih cara yang paling sesuai bagi mereka untuk berkomunikasi dengan contact center.
  • Menyediakan layanan pelanggan yang terlatih: Layanan pelanggan yang terlatih dapat membantu menjawab pertanyaan atau menyelesaikan masalah pelanggan dengan cepat dan efisien. Ini akan membantu meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas terhadap perusahaan atau organisasi.
  • Menyediakan sistem informasi yang terintegrasi: Dengan menyediakan sistem informasi yang terintegrasi, contact center dapat mengelola pertanyaan atau keluhan pelanggan dengan lebih efektif dan memberikan jawaban yang tepat. Ini juga dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan.
  • Menyediakan konten yang berguna dan menarik: Multiple touchpoint pada contact center juga dapat menyediakan konten yang berguna dan menarik bagi pelanggan, seperti infografik atau video yang memperkenalkan produk atau layanan perusahaan atau organisasi. Dengan demikian, pelanggan dapat memahami lebih baik tentang apa yang ditawarkan oleh perusahaan atau organisasi.
  • Melacak interaksi pelanggan: Contact center juga dapat melacak interaksi pelanggan melalui multiple touchpoint untuk mengidentifikasi pola dan meningkatkan layanan di masa depan. Ini dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas terhadap perusahaan atau organisasi.

Manfaat Multiple Touchpoint

Dengan cara kerjanya yang seperti itu, multiple touchpoint menawarkan berbagai manfaat dan keunggulan, lho! Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari adanya multiple touchpoint pada contact center, di antaranya:

  • Memberikan pilihan kepada pelanggan: Multiple touchpoint memberikan pilihan kepada pelanggan untuk berkomunikasi dengan contact center melalui kanal yang paling sesuai bagi mereka, seperti telepon, email, website, atau aplikasi mobile. Ini membantu meningkatkan kepuasan pelanggan karena mereka dapat memilih cara yang paling nyaman bagi mereka untuk berkomunikasi.
  • Menyediakan layanan yang cepat dan efisien: Multiple touchpoint membantu menyediakan layanan yang cepat dan efisien kepada pelanggan, karena contact center dapat mengelola pertanyaan atau keluhan pelanggan melalui berbagai kanal yang terintegrasi. Ini akan membantu meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas terhadap perusahaan atau organisasi.
  • Menyediakan konten yang berguna: Multiple touchpoint juga dapat menyediakan konten yang berguna bagi pelanggan, seperti infografik atau video yang memperkenalkan produk atau layanan perusahaan atau organisasi. Dengan demikian, pelanggan dapat memahami lebih baik tentang apa yang ditawarkan oleh perusahaan atau organisasi.
  • Menyediakan data yang bermanfaat: Multiple touchpoint juga dapat menyediakan data yang bermanfaat bagi perusahaan atau organisasi, seperti pola interaksi pelanggan atau tingkat kepuasan pelanggan. Ini dapat membantu perusahaan atau organisasi meningkatkan layanan di masa depan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
  • Menjadi lebih terintegrasi: Multiple touchpoint membantu contact center menjadi lebih terintegrasi, karena semua interaksi dengan pelanggan dilakukan melalui kanal yang terintegrasi. Ini akan membantu meningkatkan kepuasan pelanggan karena interaksi dengan perusahaan atau organisasi terasa lebih konsisten.

Dapatkan Fitur Multiple Touchpoint di Contact center Sociomile

Itu dia hal-hal yang bisa kamu ketahui dari suatu fitur multiple touchpoint pada contact center. Untuk mendapatkan BPO contact center terbaik yang mengedepankan fitur-fitur bermanfaat, kamu bisa mengandalkan Ivosights!

Ivosights BPO contact center terhubung langsung dengan platform customer relationship management Sociomile yang dilengkapi 13 kanal lebih dalam satu dasbor. Sociomile juga menawarkan staf berkompetensi yang dilatih dengan appraisal motivation yang tentunya penting dimiliki oleh seorang agen telesales. Dapatkan pula report lengkap dengan berbagai format jika kamu menggunakan Sociomile! Hubungi Ivosights sekarang juga dan rasakan perubahan pada perusahaanmu!

 

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami