Apa Itu Cloud Service?

Ripple10,Command Center Provider | Senin, 15 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Command center. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Command center. Shutterstock.

Cloud service adalah? Sebagian orang mungkin akan langsung mengetikkan kalimat tersebut di mesin pencarian ketika mendengar frasa cloud service. Padahal, tanpa disadari sebagian besar aktivitas kita di bidang teknologi sering menggunakan layanan tersebut. Agar lebih paham mengenai apa itu layanan cloud service? dan apa keuntungan memakai layanan cloud service?

Apa itu Cloud Service?

Cloud. Sebagian dari kita mungkin sangat sering mendengar kata tersebut terutama jika bersinggungan dengan perangkat teknologi terutama di bidang penyimpanan data. Kurangnya memori penyimpanan merupakan salah satu permasalahan yang sering ditemukan dalam dunia teknologi informasi.

Pada umunya, kebanyakan orang masih melakukan aktivitas penyimpanan data pada hardware atau perangkat keras masing-masing. Tentu saja lambat laun media penyimpnan di perangkat keras akan penuh. Apalagi jika pengguna memiliki banyak aktivitas yang berkaitan dengan penyimpanan data, maka pengguna tersebut harus menyediakan tempat penyimpanan yang lebih besar. Untuk menanggulangi masalah penyimpanan tersebut, penggunaan cloud service adalah salah satu solusi yang sangat disarankan.

Melansir dari azure.microsoft.com, cloud service adalah penyampaian layanan komputasi termasuk server penyimpanan, database, jaringan, perangkat lunak, dan analitik melalui internet, yang tidak menggunakan infrastruktur seperti hardware untuk mengakses. Sederhananya, cloud service adalah berbagai layanan penyimpanan yang dihubungkan melalui internet yang tidak memerlukan penggunaan hardware atau perangkat keras untuk aksesnya.

Layanan penyimpanan dari cloud service sendiri pun tidak terbatas pada data-data yang berbentuk dokumen saja. Cloud service juga dapat menjadi tempat penyimpanan server, database, perangkat lunak, dan jaringan.

Jenis-Jenis Cloud Service

#1 Software as a Service (SaaS)

Software as a Service atau layanan perangkat lunak adalah cloud service yang menawarkan software atau perangkat lunak sebagai layanan. Layanan dalam SaaS ini cukup luas seperti penyimpanan data atau file, membagikan data, pencadangan data, dan email yang berbasis web.

Jenis layanan SaaS ini termasuk jenis cloud service yang paling mudah digunakan karena pengguna tidak perlu memikirkan cara mengelola dan memelihara infrastruktur yang dipakai. Pengguna hanya perlu mengetahui bagaimana cara menggunakan perangkat lunak tersebut. Jenis cloud service ini sering dipakai dalam dunia kerja. Contohnya seperti Slack, Teams, Dropbox, Microsoft Office 365, Google Mail, Facebook, dan masih banyak lainnya.

#2 Platform as a Service (PaaS)

Jenis layanan dari Platform as a Service atau layanan yang berbasis platform salah satunya adalah dapat mengontrol penuh pengoperasian perangkat lunak atau aplikasi. Mungkin terdengar mirip dengan IaaS. Namun, di PaaS pengguna tidak perlu memikirkan bagaimana cara mengelola infrastruktur dari awal. Pengguna hanya perlu berfokus pada penerapan dan pengembangan dari platform atau aplikasi yang dipakai. Sehingga tidak perlu khawatir dengan persiapan kapasitas, persediaan sumber daya, dan pemeliharaan software saat menggunakan platform as a Service sebagai layanan. Contoh dari Platform as a Service adalah Amazon Web Services (AWS), Google Compute Engine, Microsoft Azure, dan masih banyak lainnya.

#3 Infrastructure as a Service (IaaS)

Seperti namanya Infrastructure as a Service atau layanan infrastruktur, merupakan jenis cloud service yang menawarkan infrastruktur sebagai layanannya. IaaS merupakan jenis cloud service yang paling fleksibel karena memberikan kendali penuh terhadap infrastruktur yang dipakai mulai dari server, penyimpanan database, sistem operasi dan sebagainya. Contoh layanan IaaS yang sering digunakan adalah Microsoft Azure, Telkom Cloud, Google Cloud, dan DigitalOcean.

Keuntungan Memakai Cloud Service untuk Perusahaan

#1 Keamanan Data Terjamin

Cloud service adalah salah satu layanan sistem pengolahan data dengan keamanan yang baik. Sehingga, pengguna tidak perlu takut dengan peretasan data. Pasalnya, layanan cloud service memiliki fitur keamanan dan sistem keamanan cloud khusus yang sudah disediakan oleh penyedia layanan cloud service. Sehingga, perusahaan tidak perlu repot-repot lagi memasang sistem keamanan tambahan untuk melindungi data perusahaan.

#2 Memangkas Biaya

Ingin mendapatkan ruang penyimpanan tidak terbatas namun budget terbatas? layanan cloud service adalah solusi yang tepat untuk permasalahan di atas. Dengan menggunakan cloud service sebagai media penyimpanan, pihak perusahaan tidak perlu lagi membeli dan membuat pusat penyimpanan manajemen informasi berbentuk hardware. Hanya membutuhkan server dan internet yang cepat dan stabil, perusahaan sudah mendapatkan media penyimpanan yang tidak terbatas.

#3 Meningkatkan Produktivitas Kerja

Cloud service adalah  sistem penyimpanan yang pengoperasiannya sangat fleksibel. Pasalnya, karyawan-karyawan di perusahaan hanya perlu akses internet yang stabil untuk mengolah data perusahaan. Mulai dari menyimpan, mencadangkan, hingga membagikan data. Semuanya dapat dilakukan secara online dan dapat diakses di mana saja asalkan karyawan tersebut mempunyai akses internet yang cepat dan stabil. Tentu saja, hal ini dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan di suatu perusahaan karena tidak perlu pusing lagi mengolah data menggunakan cara-cara manual seperti kabel data dan flashdisk.

Kesimpulan

Cloud Service adalah salah satu strategi yang mempuni untuk menumbuhkan beberapa konsep yang tentunya dapat terintegrasi antara satu dengan yang lainnya. Hal ini pastinya dapat mengembangkan dan memajukan perusahaan lebih baik lagi. Terlebih lagi Anda dapat mengintegrasikan cloud services ini di perusahaan Anda dengan menggunakan dengan command center dari Ivosights. Hal tersebut bisa kamu manfaatkan dengan baik untuk mendapatkan solusi customer engagement untuk perusahaan Anda. Untuk info lebih lanjut bisa klik link disini!

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.