Annual Report dan Comprehensive Analytics Serupa Tapi Tak Sama

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Kamis, 08 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.

"Laporan tahunan dibuat bukan hanya mengumpulkan data-data tahunan saja namun juga mempersiapkan perusahaan agar tahun berikutnya menjadi lebih baik"

Setiap perusahaan perlu mengerluarkan laporan tahunan. Dibuatnya laporan ini tidak hanya akan membantu pelanggan datang tetapi juga membantu mengembangkan perusahaan. Selain itu, laporan ini bukan sembarang dibuat untuk mengumpulkan data-data tahunan saja, tetapi juga bisa menjadi salah satu laporan yang mempersiapkan perusahaan agar tahun berikutnya menjadi lebih baik termasuk untuk pelanggan agar mereka bisa menilai perusahaan tersebut melalui observasi laporan yang lebih mudah.

Pada umumnya, laporan untuk perusahaan publik dibagi menjadi beberapa bagian, ada annual report, sustainability report, dan financial report. Proses pembuatannya yang membutuhkan banyak waktu untuk mengumpulkan data membuat orang berpikir kalau annual report itu sama dengan comprehensive analytics. Padahal, meski serupa tetapi dua hal ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan dan perlu dipertegas perbedaannya. Pada artikel ini, kamu akan mempelajari perbedaan paling mencolok di antara annual report dengan comprehensive analytics, mulai dari pengertian, fungsi, hingga cara kerjanya! Simak terus artikelnya sampai selesai, ya!

Pengertian Annual Report dan Comprehensive Analytics

Berdasarkan pengertian, annual report dan laporan keuangan memiliki perbedaan. Secara definisi, annual report merupakan sebuah laporan yang dibuat secara komprehensif untuk melaporkan seluruh hambatan dan pencapaian sebuah perusahaan dalam kurun satu tahun. Karena bersifat komprehensif, maka laporan ini dibuat dengan dasar data yang akurat.

Sedangkan, comprehensive analytics memiliki definisi yang berbeda. Comprehensive analytics atau yang biasa disebut juga dengan analisis komprehensif merupakan komponen penting yang dapat membantu perkembangan bisnis. Comprehensive analytics dalam dunia keuangan sendiri mengacu pada analisis lengkap dari aspek-aspek yang relevan dari operasi keuangan perusahaan. Comprehensive analytics baisanya juga menganalisis data-data penting yang bisa menghasilkan gambaran jelas masa depan bisnis termasuk keberhasilan ataupun kegagalan suatu bisnis.

Fungsi Annual Report dan Comprehensive Analytics

Annual report sendiri memang berfungsi hampir sama dengan comprehensive analytics, yakni menyajikan informasi keuangan dan pencapaian perusahaan dalam satu tahun melalui kumpulan data, akan tetapi annual report juga memiliki fungsi lain seperti memberikan informasi lengkap neraca dan laporan laba rugi dalam satu tahun, sebagai alat pemasaran untuk menunjukan perusahaan memiliki citra yang baik, menarik minat konsumen, investor, dan calon investor untuk berinvestasi di perusahaan, memamerkan produk dan inovasi perusahaan atau proyek di masa depan dan sebagai bahan evaluasi oleh investor untuk menilai efektivitas investasi pada perusahaan.

Sedangkan comprehensive analytics lebih seperti metode yang digunakan untuk pembuatan annual report. Comprehensive analytics sendiri memiliki fungsi untuk memberikan gambaran lengkap mengenai status keuangan dan informasi lain mengenai perusahaan baik pada saat ini maupun proyeksi ke masa depan. Meski hampir sama, tetapi comprehensive analytics adalah suatu metode dan tidak selengkap annual report.

Cara Kerja Annual Report dan Comprehensive Analytics

Selain pengertian dan fungsi tentunya kedua hal ini memiliki cara kerja yang juga berbeda. Untuk membedakannya, berikut ini adalah penjelasan mengenai cara kerja annual report. Untuk pengguna eksternal yang ingin melihat isi dari kondisi keuangan dari perusahaan secara rinci. Instansi pada umumnya mengemas annual report secara lebih menarik dan komunikatif daripada sebuah comprehensive analytics.

Annual report memiliki cara kerja mengumpulkan data-data dari suatu perusahaan yang nantinya akan dibentuk sebagai rangkuman lengkap dari segala aktivitas operasional agar pihak eksternal dapat lebih mempertimbangkan nilai efektivitas investasi terhadap perusahaan yang ingin mereka investasikan. Annual report juga bekerja dengan cara memberitahukan inovasi dan rencana-rencana yang ingin perusahaan capai di masa depan kepada khalayak umum. Selain itu, annual report juga dibuat dengan tujuan agar laporan ini bisa bekerja sebagai alat publikasi kepada para para pihak eksternal terkait informasi rinci yang ada dalam suatu perusahaan.

Sementara itu comprehensive analytics memiliki cara kerja yang cukup mirip, membutuhkan pengumpulan semua informasi dari laporan data data perusahaan, termasuk laporan terbaru maupun laporan dari masa lalu. Informasi ini digunakan untuk menghitung rasio keuangan, yaitu metrik yang digunakan untuk mengukur berbagai aspek operasi perusahaan dan membandingkannya dengan perusahaan sejenis dalam industri yang sama.

Ketika investor memutuskan untuk memutuskan perusahaan mana yang pantas mendapatkan modal mereka, mereka sering melakukan pemeriksaan yang ketat terhadap informasi keuangan perusahaan. Dengan cara ini, mereka dapat memutuskan dengan baik apakah perusahaan tersebut merupakan investasi yang layak atau tidak. Dengan cara yang sama, perusahaan itu sendiri mungkin ingin mengetahui seberapa baik jumlah mereka dibandingkan dengan pesaing lain di industri yang sama. Intinya, comprehensive analytics bekerja untuk mencapai tujuan tersebut dengan cara membedah setiap aspek data keuangan perusahaan.

Salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat melakukan comprehensive analytics pada sebuah perusahaan adalah bahwa hasilnya hanya akan seakurat data yang masuk ke dalamnya. Ini terutama benar ketika mencoba memproyeksikan status keuangan perusahaan ke masa depan. Karena prediksi apa pun di masa depan hanya dapat berupa perkiraan, data di balik perkiraan tersebut harus sangat tepat untuk mencegah asumsi yang salah.

Setelah semua data terkumpul, langkah selanjutnya dalam comprehensive analytics adalah menghasilkan rasio keuangan. Rasio ini umumnya mengambil satu informasi keuangan dan membaginya menjadi bagian lain untuk menghasilkan rasio. Rasio dapat digunakan untuk menginterpretasikan kekuatan hampir setiap aspek penting dari operasi keuangan perusahaan, termasuk profitabilitas, likuiditas, tingkat utang, arus kas, dan sebagainya.

Nah, itu dia perbedaan mencolok yang ada pada annual report dan juga comprehensive analytics yang bisa kamu ketahui. Saat ini kamu bisa mendapatkan jasa dan layanan data analisis yang komprehensif untuk bisnis dan sosial mediamu. Seperti halnya di Ivosights, kami menyajikan jasa comprehensive analytics untuk data yang mudah dipahami, serta rekomendasi strategi yang tepat demi bisnismu.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami